Mau Jualan Online Tapi Belum Punya Produk Ini Solusinya!

Mau Jualan Online Tapi Belum Punya Produk? Ini Solusinya!

Mau Jualan Online Tapi Belum Punya Produk Ini Solusinya!

Untuk seseorang yang ingin mencari penghasilan tambahan, tentu kamu akan berpikir untuk melakukan jualan online. Selain tidak membutuhkan modal yang cukup besar, keuntungan yang dapat diraihpun bisa diluar dugaan kita. Nah, artikel kali ini akan memberikan sedikit informasi seputar tips dan trik berjualan online.

Bagi kita yang masih baru memulai, sebelum kita membahas lebih lanjut, ada baiknya kita coba definiskan dulu apa itu bisnis online. Menurut saya, bisnis apapun yang dijalankan menggunakan media internet bisa dikatakan bisnis online.

Jika kita sudah punya bisnis yang dijalankan secara offline, seperti buka toko baju, toko makanan, toko mainan, atau apapun, kemudian kita buka juga di internet, itu bisa menjadi bisnis online. Nah, apa saja langkah yang harus kita ambil untuk berbisnis online? Ini dia langkah sederhananya.

Putuskan apa yang mau Anda jual.

Sebelum benar-benar menjalani suatu siklus bisnis, kamu harus berlatih menjual lewat internet terlebih dahulu. Kira-kira apa yang mau kalian tawarkan ke orang lain lewat media online. Carilah apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Carilah apa yang dibutuhkan oleh orang-orang di sekitar kamu. Mengenai jenis produknya, bisa berbentuk produk fisik, jasa, ataupun digital.

  • Contoh barang fisik, sabun herbal, obat herbal, jam tangan, smartphone, motor, mobil, makanan, pernak-pernik aksesoris, rumah dan bangunan, dan apa saja yang bisa Anda tangkap.
  • Contoh barang digital, bisa berupa ebook, produk-produk informasi, kursus online, software.
  • Contoh jasa, bisa dengan menyediakan jasa pembuatan website, jasa online marketing, rental mobil, agen tour & travel, agen umroh & haji, dan jasa-jasa yang lain.

Membuat lapak online.

Untuk tahapan ini kita bisa memulai dari situs social media, aplikasi social chat, dan situs marketplace. Contohnya bisa lewat Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, BBM, LINE, Bukalapak, Tokopedia, dan OLX. Ketika kamu ingin lebih serius, kamu bisa mulai membuat website sendiri.

Nantinya, website ini akan kita jadikan sebagai lapak online atau workshop RESMI kita di dunia maya. Dan enaknya lagi, kalau kita sudah memiliki website, ini bisa kita jadikan sebagai pusat tempat rujukan ketika kita hendak menyebar promosi online lewat social media, forum, marketplace, ataupun situs jualan lainnya.

Mengisi informasi produk.

Setelah website yang kamu buat jadi, kamu bisa mengisinya dengan informasi produk / jasa yang dimiliki. Isi konten website secara meyakinkan. Jangan asal copy paste, namun usahakan gunakan kata-kata yang memang pantas untuk dipasang di website. Karena ini akan menjadi sarana promosi dan kantor online kamu.

Untuk materi konten web-nya, bisa diisi dengan hal yang bersifat sederhana terlebih dahulu, antara lain memuat informasi:

  • Profil usaha.
  • Galeri gambar produk / jasa beserta keterangannya.
  • Alamat usaha lengkap dengan cara menghubungi Anda.
  • Cara pemesanan dan form order nya.

Diantara ke-tiga langkah diatas, saya yakin kalian tentu akan sangat kebingungan menentukan barang apa yang ingin dijual kepada masyarakat secara luas. Setelah mendapatkan barang/jasa apa yang ingin dijual, kalian akan dipusingkan dengan “Bagaimana saya mendapatkan produknya?” 

Dulu memang kalian harus pintar-pintar mencari rekanan untuk menjual barang yang bisa diajak bekerjasama dalam hal pengadaan barang, namu kali ini kamu bisa dengan mudah untuk mendapatkan barang untuk kamu jual kembali. Bagaimana caranya? Mudah! Kamu cukup mendaftar disini SUPPLIER.ID dan kamu bisa mendapatkan barang apa yang ingin kamu jual. Belum mendaftar? Buruan, DAFTAR SEKARANG DI SUPPLIER.ID!

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


6 comments on “Mau Jualan Online Tapi Belum Punya Produk? Ini Solusinya!

  1. udah pernah jaualan online. laku memang, cuma barang ga ada aja. kalau ada wah, bisa sukses nih. Pasalanya udah ada dikit ilmu online marketingnya. 2 hari pertama ngonline, langsung dapat konsumen

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *