Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Wireless Charger

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Wireless Charger

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Wireless Charger

Wireless charger dalam waktu beberapa bulan belakangan ini menjadi wacana menarik yang membuat para pemilik smartphone ingin menjajal kecanggihan teknologi pengisian daya tersebut. Pasalnya jika dibandingkan dengan menggunakan charger konvensional, jelas akan ada lebih banyak kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan pada perangkat “charger induktif” tersebut.

Bagi Anda yang belum tahu apa itu wireless charger, perangkat ini merupakan perangkat pengisian daya yang memanfaatkan gelombang elektromagnetik untuk memindahkan atau mentransfer energi diantara dua benda. Dalam kasus ini dua benda tersebut adalah charger dan ponsel. Lalu apa saja kelebihan menggunakan charger nirkabel tersebut?

Kelebihan:

  • Menghindari risiko korsleting atau tersengat listrik saat akan mengisi daya. Hal ini dikarenakan tidak adanya konduktor yang digunakan pada perangkat charger nirkabel.
  • Tidak akan terjadi korosi karena charger dalam kondisi tertutup rapat.
  • Lebih nyaman karena tidak harus menghubungkan ke kabel listrik terlebih dahulu. Apalagi ponsel juga bisa diletakkan dekat dengan charger.
  • Bagi penyandang disabilitas, perangkat ini sangat berguna, terutama saat ingin melakukan pengisian daya pada ponsel atau perangkat lain.

Itulah tadi beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan wireless charger. Ditambah lagi saat ini harga charger canggih tersebut terbilang cukup murah. Jadi siapapun bisa memiliki charger nirkabel ini. Namun demikian diantara beberapa kelebihan tadi, ada juga kekurangan yang perlu menjadi perhatian Anda.

Kekurangan:

  • Kelemahan pertama perangkat ini adalah efisiensinya yang rendah. Perlu Anda ketahui bahwa mengisi daya dengan wireless charger ini akan menyebabkan ponsel atau perangkat lain menjadi lebih panas.
  • Meskipun harganya terbilang cukup terjangkau, namun charger yang satu ini memang relatif lebih mahal ketimbang charger konvensional.
  • Selain panas, ternyata pengisian menggunakan charger nirkabel juga lebih lambat. Jadi Anda perlu menunggu lebih lama sampai daya ponsel terisi penuh.
  • Siapa bilang kalau Anda menggunakan charger nirkabel Anda bisa menggerakkan ponsel secara bebas saat diisi daya? Justru Anda bisa lebih leluasa saat menggunakan charger kabel. Pasalnya saat pengisian daya dengan perangkat wireless ini, ponsel perlu selalu ada di dekat charger.
  • Kekurangan terakhir adalah, tidak adanya standarisasi perangkat charger wireless yang pasti akan membuat para pengguna kebingungan menentukan charger mana yang tepat untuk ponsel mereka.

Jika disimpulkan, ternyata kekurangan wireless charger ini cukup banyak, ya? Namun Anda tidak perlu khawatir karena perangkat ini masih terus dikembangkan. Ada juga banyak kelebihan yang pasti akan sangat membantu. Semoga bermanfaat.

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *