Android TV Box, Mengenal Fungsi Utama dan Kelebihannya

Mengenal Fungsi Utama dan Kelebihan Android TV Box

Mengenal Fungsi Utama dan Kelebihan Android TV Box

Android TV Box, beberapa tahun belakangan Smart TV menjadi semakin populer di masyarakat, terutama bagi kalangan menengah ke atas. Akan tetapi rasanya harga Android TV itu masih terlampau mahal dan kurang terjangkau. Tapi tenang saja, kini sudah tersedia perangkat lain yang serupa tapi tak sama. Ditambah lagi harganya lebih terjangkau, yakni Android TV Box. Ya, dengan perangkat yang satu ini, Anda bisa mengubah LED/LCD TV Anda menjadi Smart TV.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang fungsi utama dan apa saja kelebihan yang bisa didapat oleh para pengguna Android TV Box. Sesuai dengan namanya, Android TV Box merupakan hardware atau perangkat keras yang fungsinya sebagai set top box. Perbedaannya dengan perangkat serupa lainnya adalah, pada produk yang satu ini sudah tertanam OS Android. Akan tetapi tidak dilengkapi dengan layar.

Oleh karena itu dibutuhkan perangkat tambahan, yakni LED/LCD TV sebagai pengganti layar. Untuk menghubungkan TV Box dan TV, dibutuhkan kabel HDMI. Setelah terhubung maka Anda akan mempunyai sebuah perangkat Android dengan layar yang besar, yakni Android TV atau juga disebut dengan Google TV. Hal apa saja yang bisa dilakukan dengan Android TV?

Tentu saja sama dengan hal-hal yang bisa Anda lakukan menggunakan smartphone atau tablet berbasis Android. Misalnya streaming video, bermain game, mendengarkan musik, dan sebagainya. Bahkan jika Anda tidak bisa menyaksikan channel luar negeri, Anda tidak perlu berlangganan TV berbayar. Cukup lakukan streaming di situs tertentu. Asyik sekali, bukan?

Secara umum Android TV Box dibagi menjadi dua jenis, yakni  tipe Stick dan Box. Untuk perangkat yang berbentuk stick, biasanya berukuran lebih kecil menyerupai flashdrive atau modem. Sedangkan untuk yang berbentuk box tentu berukuran lebih besar seperti top box TV kabel pada umumnya.

Mungkin Anda bertanya-tanya apakah TV tabung bisa disambungkan dengan produk ini atau tidak. Sebenarnya bisa saja, tapi Anda membutuhkan converter kabel HDMI ke RCA. Fungsinya adalah mengubah output digital menjadi analog.

Satu hal lagi yang perlu Anda pahami adalah, cara kerja Android atau Google TV sama halnya dengan smartphone. Untuk bisa melakukan streaming video atau channel TV Anda membutuhkan koneksi internet. Kecuali kalau Anda hanya ingin sekadar melihat foto atau video yang ada di memori atau flashdrive.

Harga perangkat ini berkisar antara Rp 600 ribuan sampai Rp 2 jutaan dan bisa dengan mudah didapat di toko-toko online seluruh Indonesia. Selamat mencoba android TV box!