Tips Praktis Menghindari Laptop Terlampau Panas

Tips Praktis Menghindari Laptop Terlampau Panas

Pada dasarnya baik, untuk menghindari laptop terlampau panas ada beberapa langkah mudah untuk menghindari laptop atau PC yang terlalu panas. Cara paling sederhana adalah dengan memasangkan kipas pada bagian bawah laptop yang kalian gunakan untuk menghindari terjadinya hal ini.

Pada PC biasanya kipas dipasang pada bagian dalam CPU. Sedangkan untuk laptop umumnya menggunakan kipas tambahan. Bahkan terkadang ada yang menggunakan kipas yang diletakkan di samping laptop supaya tidak cepat panas.

Namun demikian menurut pengalaman saya, terutama saat menggunakan laptop, ada kekurangan saat menggunakan kipas tambahan atau cooler. Pasalnya ukuran cooler yang sama seperti laptop terkadang cukup merepotkan untuk dibawa bepergian. Mengingat laptop juga sudah berukuran besar dan cukup berat saat dimasukkan ke dalam tas.

Tips Praktis Menghindari Laptop Terlampau Panas

Beberapa waktu yang lalu saya menyempatkan diri untuk membuka mesin pencari google dan mencari solusi mengatasi kepanasan yang terlalu berlebihan pada laptop tanpa menggunakan kipas pendingin laptop. Ada yang menyebutkan harus mengurangi penggunaan laptop, tapi sepertinya itu sama sekali tidak membantu masalah saya.

Akhirnya saya menemukan toko online yang menjual vacuum cooler laptop. Fungsinya sama dengan cooler laptop ataupun notebook pada umumnya, namun jauh lebih praktis. Bagi Anda yang belum tahu, vacuum cooler laptop ini berukuran lebih kecil, mungkin agak lebih besar dari modem, tapi lebih kecil dari ukuran hard disk eksternal. Dijamin bakal lebih praktis dan mudah dibawa saat bepergian ketimbang cooler biasa.

Fungsi vacuum cooler ini adalah sebagai ventilasi laptop yang bisa menghindarkan laptop terlalu panas. Pasalnya panas yang dikeluarkan dari dalam bisa diredam menggunakan vacuum cooler tersebut. Cukup hubungkan perangkat vacuum cooler laptop ke USB, lalu tempelkan alatnya ke bagian ventilasi laptop, yang biasanya ada di bagian samping belakang.

Indikatornya berupa lampu, jadi Anda bisa dengan mudah mengetahui apakah cooler sudah menyala atau belum. Bahkan selain berfungsi untuk menghisap hawa panas dari dalam laptop ataupun notebook, alat ini juga bisa menjaga mesin laptop dari debu. Sirkulasi udara pun menjadi lebih efektif dan tetap dingin meskipun perangkat digunakan dalam waktu yang lama.

Apakah produk ini bisa merusak harddisk atau perangkat di bagian dalam laptop? Tidak. Vacuum cooler laptop terbilang sangat aman dan tidak merusak hard disk atau perangkat dalam lainnya. Bagi Anda yang ingin mencoba kecanggihan vacuum cooler laptop, silahkan beli di toko-toko online dengan harga mulai dari Rp 60 ribuan saja. Sangat terjangkau, bukan?

Sekian dulu informasi sederhana mengenai bagaimana cara mengatasi laptop terlampau panas dikarenakan kinerja processor yang cukup kuat, kalau ada yang kurang silahkan berkomentar dibawah ya.