Google Cardboard, 3D Virtual Reality Canggih dengan Harga Ekonomis


ZA Campaign

Di tengah maraknya vendor teknologi yang memproduksi perangkat virtual reality, Google telah terlebih dahulu memperkenalkan Google Cardboard pada tahun 2014 lalu. Bisa dibilang perangkat yang satu ini merupakan virtual reality edisi ekonomis. Pasalnya jika dibandingkan dengan perangkat serupa lainnya, virtual reality besutan Google ini harganya lebih terjangkau karena terbuat dari bahan cardboard atau kardus.

merupakan perangkat virtual reality DIY (do it yourself), alias Anda harus merakitnya sendiri. Jadi saat Anda membeli, Anda akan mendapatkan satu set cardboard atau kardus yang harus dirakit beserta beberapa aksesoris lainnya seperti 2 pasang biconvex optical lens, ceramic disc magnet dan neodymium magnet, velcro, serta rubber band.

Lalu apa fungsi dari ? Mungkin masih banyak yang belum paham sepenuhnya mengenai apa fungsi ‘kacamata 3D’ Google yang satu ini. Secara umum perangkat ini digunakan untuk menonton video secara 3D, layaknya di bioskop. Bahkan Anda juga bisa menonton video dengan sudut pandang 360 derajat. Luar biasa, bukan?

Para gamer juga bisa bermain game dan seolah-olah bisa berada di dalam game tersebut. Satu hal lain yang sangat unik adalah, pengguna bisa melihat tempat-tempat di seluruh dunia dengan aplikasi Google Street View. Bisa dibilang cara kerja perangkat yang satu ini sangat sederhana. Namun syarat mutlaknya adalah, Anda harus memiliki smartphone.

Setelah Google Cardboard dirakit sesuai petunjuk, maka Anda bisa meletakkan smartphone di dalam perangkat tersebut. Pastikan Anda menaruh ponsel pintar di jarak yang tepat supaya virtual reality bisa bekerja dengan baik. Anda harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi yang kompatibel dengan ponsel Anda serta perangkat virtual reality tersebut.

Ini akan menjadi pengalaman yang luar biasa. Perangkat ini seolah-olah akan membawa Anda ke sisi dunia yang lain. Dengan fitur Gyroscopic sensor pada smartphone, maka Anda bisa melihat sisi lain dari video atau game hanya dengan memutar kepala Anda. Misalnya saat melihat foto suatu lokasi menggunakan aplikasi Google Street View, maka Anda akan seperti benar-benar berada di lokasi tersebut.

Di bagian samping Google Cardboard juga ada magnet kecil yang bisa digunakan sebagai trigger tombol. Selain menjadi penahan smartphone, magnet tersebut bisa digunakan untuk menekan layar tanpa perlu menyentuh layar ponsel Anda.

Sekarang ini Anda bisa mendapatkan Google Cardboard dengan harga yang sangat terjangkau. Di Tokopedia Anda bisa membeli perangkat virtual reality tersebut dengan harga mulai Rp 30 ribuan s.d. Rp 200 ribuan. Selamat mencoba.

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *