Review PS Vita, Konsol Game Portabel Harga Rp 2 Jutaan

PS Vita

PS Vita mungkin bukan menjadi barang baru lagi. Pasalnya perangkat konsol game besutan Sony ini memang sudah dirilis beberapa tahun lalu. Saat ini keberadaan konsol tersebut pun sudah mulai tergeser dengan tablet ataupun smartphone.

PS Vita

Jika Anda cek di toko online seperti Tokopedia misalnya, dijual mulai harga Rp 1,5 jutaan s.d. Rp 2 jutaan. Cukup terjangkau, bukan? Selain itu PlayStation portabel ini akan memberikan pengalaman gaming yang lebih seru ketimbang hanya menggunakan tablet atau smartphone.

Bagi Anda yang yang suka bermain PlayStation, PS Vita sangat cocok menjadi partner PS4, karena memungkinkan Anda untuk bisa bermain game PS4 secara streaming. Jadi Anda tetap bisa memainkan game PS4 di mana saja. Ditambah lagi konsol game portabel ini punya baterai yang cukup tahan lama.

Saat pertama kali Anda menyalakan, maka akan muncul user interface yang menarik. Sony menggunakan UI LiveArea pada konsol portabel ini. Tampilan layarnya user-friendly dan tidak membingungkan.

PS Vita juga bisa melakukan lebih dari satu tugas alias multitasking. Anda bisa membuka beberapa aplikasi sekaligus dan bisa diakses secara bergantian. Selain itu meskipun di bagian layar sudah dilengkapi fitur touchscreen atau layar sentuh, handheld ini tetap memiliki d-pad yang akan lebih memudahkan Anda saat bermain game.

Bagaimana dengan koleksi game-nya? Tentunya tersedia ratusan judul game yang bisa Anda mainkan di perangkat satu ini. Kabar baiknya, Vita juga menawarkan fitur emulator PSP. Jadi Anda tetap bisa memainkan game PSP di PlayStation Vita. Anda bisa membeli game original di PS Store atau mengunduh beberapa game yang tersedia gratis.

Bukan hanya bisa digunakan untuk bermain game, tapi Sony juga menyediakan beberapa aplikasi lain. Salah satunya aplikasi PlayStation Network, yang memudahkan komunikasi antara pengguna PS Vita yang satu dengan yang lain. Sama halnya seperti aplikasi media sosial yang banyak ada di smartphone, pemain Vita bisa melakukan chat personal atau grup hingga 8 pemain. Bahkan di PS Store juga tersedia berbagai aplikasi media sosial yang bisa diunduh, mulai dari Facebook, Twitter dan sebagainya.

Sedangkan untuk segi spesifikasi hardware-nya, handheld besutan Sony cukup memuaskan. PS Vita dibekali dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A9 yang ditemani RAM 512MB serta VRAM 128MB. Sedangkan untuk GPU, PS Vita menggunakan GPU quad-core PowerVR SGX543MP4+. Demikian review singkat mengenai PS Vita. Semoga bermanfaat.