Social Media Monitoring Tools

Social Media Monitoring? Ini dia Beberapa Tools Pendukungnya

Social Media Monitoring Tools

“Social media monitoring? Apalagi itu? Sepertinya semakin banyak yang harus dipelajari nih!” ya, sebenarnya ini termasuk kedalam media monitoring, seiring berkembangnya zaman saat ini maka hadirlah yang namanya social media monitoring ini. Sebenarnya, apa sih media monitoring itu sendiri?

Secara sederhana media monitoring adalah pengawasan atau pemantauan media. Istilah ini, sekalipun istilah asing, sudah sering terdengar dalam percakapan publik. Berbagai pihak menggunakannya untuk berbagai peruntukan yang diingkan, termasuk didalamnya adalah media sosial.

Nah, apa saja perangkat / tools yang biasa digunakan dalam memantau aktifitas di media sosial? Berikut ini beberapa list yang biasa digunakan.

Hootsuite adalah tool management sosial media yang sangat powerful dan termasuk salah satu yang terbaik. Hootsuite bisa digunakan untuk management facebook, twitter, wordpress, Linkedln, dan google+. Hootsuite juga bisa digunakan oleh beberapa orang admin sekaligus tergantung dari feature yang diambil. Sangat mudah penggunaannya dan praktis sekali. Hootsuite juga bisa digunakan untuk schedule posting.

Jika anda ingin mengukur sejauh mana tweet anda bergerak, dan berinteraksi , TweetReachadalah tool yang paling tepat. tweetreach bisa mengukur aktifitas tweet yang anda postingkan, termasuk berapa banyak yang retweet dan berapa banyak impact yang dihasilkannya.

Keunggulan lainnya, TweetReach juga bisa melihat siapa follower yang mempunyai pengaruh yang paling besar dan bisa menjadi buzzer bagi konten anda. Dengan demikian anda bisa memilih siapa yang paling potensial untuk “membantu” tweet anda menjadi popular.

Tool gratis lain untuk memonitor dan untuk memanagement aktifitas sosial media adalah Klout. Mereka hanya mengijinkan kita untuk sign up lewat facebook atau twitter saja. Sama seperti yang lain, Klout juga digunakan untuk memonitor aktifitas brand sosial media kita, engagementnya dan juga viralnya. Banyak orang yang bilang bahwa klout sangat akurat namun tidak sedikit juga yang meragukannya.

Tool lain yang tak kalah canggihnya adalah social mention. Social mention bisa digunakan untuk memonitor brand lain sampai 100 buah dan level analisisnya mencapai 4 kategori, yaitu Strenght, Sentimen, Passion dan Reach. Disebut juga sebagai tool gratis terbaik untuk analisa pasar sosial media.

Untuk level beginner twazzup juga free tool yang cukup membantu untuk analisis brand di sosial media. Anda hanya cukup mengetik nama atau brand yang dicari dan selanjutnya akan tersedia real time update, top influencers, Top RT Photos dan link dan juga yang tidak kalah penting adalah 10 keyword lain yang berkaitan dengan kata tersebut. Namun ingat, tool ini hanya untuk twitter.

Tool gratis ini selangkah lebih maju dari twazzup. Jika twazzup hanya mampu menganalisis twitter, maka addictomatic ini mampu menganalisis beberapa platform sekaligus diantaranya flickr, youtube, wordpress, Delicious, Bing News, Google, Ask.com dan lain sebagainya. Tool gratis ini sangat berguna jika anda ingin mengetahui potensi dan aktifitas brand disemua platform online

Jika anda ingin mengukur dan menganalisa brand anda maupun brand pesaing, maka Howsociable adalah pilihan yang tepat. howsociable sanggup menganalisa 12 top brand gratis tapi untuk platform lain seperti facebook, twitter dan lainnya anda harus upgrade ke PRO.

Tool gratis terakhir yang saya yakin akan membantu anda untuk monitoring aktifitas media sosial anda adalah tweetdeck. Tweetdeck adalah tool yang secara spesialis digunakan untuk management twitter. Tool ini sangat cocok untuk beginner dan ingin mengatur postingan di twitter dengan lebih mudah.

SproutSocial adalah management tools yang kuat dan cocok digunakan untuk bisnis Anda. SproutSocial menawarkan fitur single stream inbox, yaitu fitur yang akan memastikan kamu tidak akan ketinggalan pesan di sosial media Anda. SproutSocial juga menawarkan fitur untuk penjadwalan postingan di Facebook, Twitter dan LinkedIn. Platform ini juga memiliki alat monitoring dan analisa yang dapat membantu kamu memvisualisasikan metriks yang penting.

Nah, gimana? Sekarang sudah tahukan apa yang kalian perlukan untuk melakukan monitoring data di media sosial? Data diatas adalah beberapa yang saya tahu, jika ada yang terlewat silahkan tambahkan di kolom komentar, ya. Selamat membaca.

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *