Mau Buat VLOG, Ini Dia Beberapa Persiapan Sebelum Membuatnya


ZA Campaign

Mau Buat VLOG, Ini Dia Beberapa Persiapan Sebelum Membuatnya

Source: presse-citron

Siapa sih diantara pembaca blog sederhana ini yang tidak kenal Radityadika? Bayu SKAK? Atau yang baru-baru ini sedang hangat diperbincangkan karena kasus #SalahBeli yaitu Laurentius Rando? Pasti kalian pernah melihat vlog yang mereka unggah kedalam youtube channel mereka.

Tapi, sebelum lebih jauh mengenai dunia vlog ini kalian sudah pada taukan ? Buat kalian yang belum tahu, berikut ini saya kutipkan dari wikipedia mengenai / vlogging itu sendiri.

Video-Blogging, atau bisa disingkat vlogging (diucapkan Vlogging, bukan V-logging), atau vidblogging, merupakan suatu bentuk kegiatan blogging dengan menggunakan medium video di atas penggunaan teks atau audio sebagai sumber media utama.”

Sekarang, sudah tahu dong apa sebenarnya vlog itu? Terus, apa gunanya kita membuat vlog seperti mereka. Banyak! Selain mencoba mendapatkan pundi-pundi rupiah dalam saku kita, tentu kalian akan berpikir akan terkenal atau dikenal oleh banyak orang seperti mereka.

Tapi, apakah dengan sekejap kalian bisa langsung terkenal hanya karena vlog yang kalian buat? Belum tentu. Banyak yang harus dipikirkan dan tentu memakan waktu yang tidak sebentar. Ambil contoh, Bayu SKAK. Dia sudah memulai membuat vlog di youtube channelnya semenjak tahun 2010 dan akhir-akhir ini tahun 2015/2016 barulah mulai kepermukaan.

Bayangkan, dengan membuat video selama +/- 5 tahun mereka barulah muncul kepermukaan namanya. Apakah kalian yang baru membuat vlog seperti saya berharap langsung terkenal atau dikenal oleh banyak orang? Jangan terlalu banyak berharap, karena ada banyak persiapan yang harus kalian lakukan.

Apa saja sih persiapan yang harus kalian lakukan? Silahkan disimak, dan ini adalah pandangan saya sebagai seorang pembuat yang baru menjelajah dunia vlog ini.

Konsep.

Hal paling awal yang harus kalian lakukan dan pikirkan adalah menentukan konsep dari vlog yang akan kalian buat. Tentukan topik apa yang ingin kalian bahas di dalam vlog tersebut. Tidak usah membahas topik yang terlalu muluk-muluk, cukup topik yang kalian suka dan paham akan hal tersebut. Bisa berupa komedi, review, tutorial, atau random tips.

Masalah Teknis.

Lanjut. Setelah kalian tahu konsep apa yang akan kalian bahas di dalamnya, sekarang waktunya menyiapkan alat-alat untuk merekam video. Banyak cara yang bisa kalian lakukan, bisa menggunakan kamera DSLR, handycam, ataupun menggunakan kamera smartphone yang kalian miliki.

Jangan terlalu mengikuti mereka yang sudah menghasilkan pundi-pundi rupiah dari video yang dibuatnya, karena banyak para vlogger yang menggunakan kamera saku Canon G7x lantas kamu ingin menggunakannya. Tetapi, manfaatkan terlebih dahulu apa yang kalian miliki sebagai permulaan.

Saatnya merekam.

Ini dia nti dari kegiatan vlogging, merekam video. Ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan saat merekam video. Yang pertama adalah kuasai topik yang telah kalian buat. Kemudian yang kedua, berlatihlah untuk berbicara yang jelas dan ekspresif, lalu perhatikan bahasa tubuh kalian juga tentunya.

Editing.

Saat proses merekam sudah selesai, langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah editing. Edit tentukan durasi video yang ingin kalian tayangkan dan susun scene agar enak dilihat. Kalian bisa menggunakan aplikasi edit video yang ada di laptopmu seperti Windows Movie Maker atau aplikasi edit video gratis lainnya seperti Videopad Video Editor.

Upload dan sebarkan.

Setelah video yang kalian buat sudah selesai di-edit, sekarang waktunya kalian upload dan menyebarkan videonya. Saat mengupload video, sertai juga dengan sedikit deskripsi dari videonya. Bikin calon penonton penasaran oleh videomu. Jangan pernah bilang kalo itu adalah video pertama kalian ya. Berusahalah untuk mengupload video secara rutin agar orang-orang selalu menemukan video baru saat balik ke channel-mu.

Gimana? Mudah bukan persiapan yang harus kalian lakukan? Kalau kalian sudah punya vlog, tulis di komentar URL Vlog kamu. Semua yang saya tulis diatas tidak semata-mata 100% benar, ini hanya berdasarkan opini saya pribadi. Selebihnya bisa disesuai dengan situasi dan kondisi kalian semua ya, sahabat. 

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


2 comments on “Mau Buat VLOG, Ini Dia Beberapa Persiapan Sebelum Membuatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *