Perlu Ga Sih Punya Banyak Akun Media Sosial?


ZA Campaign

Perlu Ga Sih Punya Banyak Akun Media Sosial

Source: ruangfreelance

Media sosial atau sosial media sepertinya sudah tidak asing lagi untuk kalian semuanya. Saya yakin, kalian punya beberapa akun media sosial seperti gambar diatas. Namun, pertanyaannya adalah perlukah kalian memiliki semuanya? Jawabannya ada pada diri kalian dan tergantung akan penggunaan akun tersebut.

Sebenarnya, media sosial saat ini sedang berkembang pesat mulai dari facebook, instagram, youtube, vine dll. Tetapi, banyak yang salah dalam hal penggunaannya. Sebagai contoh, menggunakan aplikasi path yang kemudian dihubungkan dengan beberapa akun lainnya (cross posting) kemudian melakukan posting ulang di media sosial yang sudah terhubung.

Ada beberapa alasan bagi para pengguna media sosial untuk memiliki banyak akun, diantaranya:

Banyak Informasi Penting.

Ini adalah salah satu alasan utama kalian memiliki media sosial. Walaupun kalian bisa mendapatkan informasi dari media lain, tapi media sosial adalah salah satu cara untuk mendapatkan informasi teraktual. Lewat media sosial kalian seperti sedang diberikan kemudahan untuk mengakses berita-berita termasuk berita yang baru saja terjadi.

Bukan itu saja, informasi umum lainnya juga bisa kalian dapatkan lewat media sosial. Seperti informasi tentang artikel di blog sederhana ini. Nah! Dengan mempunyai media sosial kalian tidak perlu khawatir menjadi orang yang ketinggalan zaman, karena kalian bisa up to date dan mengetahui perkembangan dunia.

Bergaul

Sesuai dengan namanya, media sosial memang merupakan salah satu sarana untuk bersosial atau bergaul, kalian bisa ngobrol, maupun sharing sesuatu dengan teman kalian, dan kalian juga bisa menjadi tau lebih banyak mengenai teman kamu itu.

Komunikasi 

Komunikasi memang salah satu bagian dari bergaul sih, tapi lebih spesifik lagi, media sosial itu menghadirkan fitur untuk berkomunikasi, seperti messaging, chatting maupun  video call secara personal maupun dalam bentuk group. Belum lagi emoticon atau stiker yang dihadirkan, bisa menggambarkan ekspresi yang ingin kalian utarakan saat sedang berkomunikasi.

Biar Eksis

Ya, paling tidak kalau kalian googling nama kalian sendiri, muncul lah siapa kita.

Pertanyaannya adalah perlu ga sih punya banyak akun media sosial dengan username kita sendiri? Seperti saya pribadi yang biasanya menggunakan username aLdyputRa, TeRRenJr, JacketCyber dan putRaaLdy. Menurut saya pribadi, sepertinya kita kurang begitu perlu memiliki terlalu banyak akun media sosial. Mengapa?

Sejujurnya, semakin banyak akun media sosial tentu akan membuat kapasitas memori smartphone kalian terkuras. Selain itu, untuk apa kalian memiliki banyak akun media sosial tetapi pertemanan kalian hanya itu-itu saja. Misalkan kalian berteman dengan si A melalui akun facebook, tentu kalian juga sepertinya akan berteman dengan si A di beberapa akun media sosial. So, untuk apa?

Tetapi, ada juga beberapa orang yang memang ingin memiliki banyak akun media sosial dikarenakan beberapa hal. Mungkin biar tidak dibilang ketinggalan zaman, atau istilahnya “biar kekinian” dengan ikut-ikutan memiliki akun media sosial yang sedang booming atau banyak digunakan.

Well, saya pribadi hanya menggunakan beberapa akun media sosial saja seperti facebook, twitter, path, instagramyoutube dan Google+. Padahal, masih banyak akun media sosial lainnya yang sedang terkenal seperti snapchat, smule dan lainnya.

Selain akun media sosial diatas yang saya miliki, ada juga beberapa akun social chat yang beberapa saya gunakan yaitu BBM dan Whatsapp. Mengapa hanya 2 aplikasi itu saja, padahal ada beberapa yang sedang hits seperti Line, Telegram dll?

Jawabannya sederhana, BBM digunakan untuk berteman dengan teman-teman yang tidak memiliki whatsapp dan whatsapp memang digunakan agar saya punya nomor telepone teman saya tersebut. Dan sepertinya kedua aplikasi tersebut lah yang paling banyak digunakan dibandingkan dengan yang lain, dan tidak terlalu banyak teman saya yang menggunakan aplikasi lainnya.

Jadi, masih perlu ga sih punya banyak akun media sosial? Balik lagi, apa kegunaan dari banyak akun media sosial jikalau kita berteman dengan orang yang sama? Semua tergantung dengan kebutuhan kalian masing-masing, jikalau memang kalian membutuhkan aplikasi tersebut tidak ada salahnya kalian menggunakannya. Namun, bagi saya pribadi hanya media sosial yang banyak digunakan saja yang saya gunakan dalam aplikasi smartphone saya.

Bagaimana menurut kalian? Apakah ada pendapat lain mengenai hal ini? Silahkan langsung saja tambahkan dikolom komentar ya, siapa tahu ada yang salah dalam artikel ini. Selamat berkomunikasi dengan saya melalui akun media sosial saya, ya! Cheers.

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *