5 Permainan Ini Menjadi Favorit Saat Bulan Ramadhan

Permainan Favorit Bulan Ramadhan

Permainan favorit bulan ramadhan itu apa aja sih? Coba, ada yang kangen sama permainan bulan ramadhan kaya disini? Tenang, gue sebutin semua. Sepertinya semua setuju, kalau saat puasa ada banyak cara menghabiskan waktu dengan melakukan kegiatan yang tidak terlalu melelahkan tetapi bisa menghabiskan waktu sambil menunggu waktu berbuka puasa, salah satunya dengan bermain game.

Zaman saya kecil dulu, biasanya saya menghabiskan waktu dengan melakukan berbagai permainan yang tujuannya agar puasa kita tidak begitu terasa dan tetap tidak melelahkan. Salah satunya adalah bermain dengan permainan tradisional atau bermain dirumah saja. Sepertinya kalian juga pasti memiliki yang namanya permainan favorit bulan ramadhan yang tujuannya sebatas membunuh waktu sampai waktu berbuka puasa tiba, setuju?

5 Permainan Ini Menjadi Favorit Bulan Ramadhan

Sekarang, saya akan sedikit menghidupkan kembali ingatan kalian, apa aja sih permainan favorit bulan ramadhan yang biasanya kalian mainkan.

Monopoli

Monopoli

Monopoli adalah salah satu permainan papan yang paling terkenal di dunia. Tujuan permainan ini adalah untuk menguasai semua petak di atas papan melalui pembelian, penyewaan dan pertukaran properti dalam sistem ekonomi yang disederhanakan.

Setiap pemain melemparkan dadu secara bergiliran untuk memindahkan bidaknya, dan apabila ia mendarat di petak yang belum dimiliki oleh pemain lain, ia dapat membeli petak itu sesuai harga yang tertera. Bila petak itu sudah dibeli pemain lain, ia harus membayar pemain itu uang sewa yang jumlahnya juga sudah ditetapkan.

Tamiya

Permainan Bulan Puasa

Tamiya adalah sebuah merk perusahaan mainan asal Jepang yang didirikan oleh pria bernama Yoshio Tamiya. Karena terus berkembang, tamiya pun akhirnya dikenal sebagai “First in Quality Around the World”. Tamiya yang dikenal sebagai mainan orang dewasa ini sebenarnya merupakan mainan untuk anak-anak yang dimodifikasi sedemikian rupa hingga membuat lajunya lebih kencang (terutama seri Mini 4WD).

Kelereng

Kelereng Permainan Bulan Puasa

Kelereng dengan berbagai sinonim yang mungkin kalian kenal saat kecil yaitu gundu, keneker, kelici, dll adalah bola kecil dibuat dari tanah liat, marmer atau kaca untuk permainan anak-anak. Ukuran kelereng sangat bermacam-macam. Umumnya ½ inci (1.25 cm) dari ujung ke ujung. Kelereng kadang-kadang dikoleksi, untuk tujuan nostalgia dan warnanya yang estetik.

Petasan

Petasan Permainan Bulan Puasa

Petasan (juga dikenal sebagai mercon) adalah peledak berupa bubuk yang dikemas dalam beberapa lapis kertas, biasanya bersumbu, digunakan untuk memeriahkan berbagai peristiwa, seperti perayaan tahun baru, perkimpoian, dan sebagainya. Benda ini berdaya ledak rendah atau low explosive. Bubuk yang digunakan sebagai isi petasan merupakan bahan peledak kimia yang membuatnya dapat meledak pada kondisi tertentu.

Karambol

Karambol

Karambol adalah permainan meja yang dapat dianggap sebagai modifikasi dari keluarga permainan biliar. Di dunia, permainan ini dikenal dengan banyak nama, seperti carrum, couronne, carum, karam, karom, karum, dan finger billiards (“biliar jari”). Permainan ini berasal dari India dan menyebar luas ke berbagai negara lainnya pada tahun 1970-an.

Berbeda dari permainan meja lainnya, karambol tidak memakai stik untuk menggerakkan bola. Permainan ini menggunakan cakram kecil alih-alih bola. Penggeraknya adalah jari tangan yang disentilkan pada cakram sehingga mengenai cakram sasaran.

Karambol adalah permainan rakyat, baik di India maupun berbagai negara tetangganya (termasuk Indonesia) yang dapat dijumpai dimainkan orang di tepi jalan atau di tempat-tempat orang berkumpul. Kompetisi karambol biasa diadakan pada perayaan hari kemerdekaan Indonesia di kampung-kampung.

Haha.. Jujur deh, siapa yang sering main dengan mainan diatas? Pasti sekarang ada beberapa yang masih memainkannya, tapi tidak sedikit juga sih yang sudah memiliki anak dan justru anaknya yang ingin bermain dengan permainan diatas. Ada yang punya cerita menarik dari permainan favorit bulan ramadhan yang kalian sering mainkan? Share di kolom komentar, ya!

4 Replies to “5 Permainan Ini Menjadi Favorit Saat Bulan Ramadhan”

  1. Waduh kalo petasan ngeriii.
    Monopoli biasanya anak-anak yang main, aku nggak telaten kalo main ini, berjam-jam nggak selesai-selesai. Enak jadi bank nya aja hahaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *