Fakta Unik Manchester United

Bagi yang Belum Tahu, Ini Fakta Unik Manchester United!

Fakta Unik Manchester United

Coba ngaku, siapa sih diantara pembaca blog sederhana ini yang menjadi salah penggemar tim Manchester United? Saya salah satunya! Sejak tahun 90-an sampai saat ini, saya selalu mengidolakan tim sepak bola yang satu ini. Bukan karena bertabur bintang, tetapi karena permainan mereka yang cukup apik saat dipegang oleh Alex Ferguson.

Bukan bermaksud saat dipegan oleh Van Gaal itu buruk, tetapi permainan asli dan ruh tim ini ada pada pelatih sebelumnya yaitu Alex Ferguson. Mungkin, bagi sebagian penggemar tim Manchester United kecewa dengan cara melatih dari Van Gaal, namun perlu diingat bahwa gaya melatih sebuah tim dari seseorang itu pasti berbeda-beda.

Mungkin, saat ini gaya pelatihannya belum cocok dengan anak asuhnya sendiri dan masih membutuhkan sedikit penyesuaian dengan gaya tersebut, tetapi percayalah suatu saat tim ini akan bangkit lagi seperti dimana bangku pelatih saat dipegang oleh Alex Ferguson.

Well, diluar hal tersebut ternyata ada beberapa fakta unik Manchester United yang mungkin kalian belum mengetahuinya. Kalau sudah, mohon koreksinya apabila saya ada kesalahan dalam penulisan fakta ini ya, teman!

Fakta Unik Manchester United

Sejarah Nama Manchester United.

Nama Manchester United sendiri secara resmi digunakan sejak 26 April 1902, dimana nama tersebut merupakan hasil dari pertemuan antar dewan direktur baru yang diketuai oleh John Henry Davies. Sebelumnya nama yang diusulkan adalah Manchester Central, dan juga Manchester Celtic. Sampai akhirnya,  Louis Rocca mengusulkan nama Manchester United yang kemudian diterima oleh mereka semua yang hadir pada saat ini.

Markas Manchester United.

Coba, ada yang tahu sejarah dari markas tim yang punya julukan “Setan Merah” ini? Yups! Old Trafford resmi menjadi markas Manchester United pada musim 1909-10 yang berawal saat ketua United saat itu John Henry Davies membeli tanah senilai £60 ribu.

Kemudian, ia meminta Archibald Leitch sebagai salah seorang arsiteknya untuk merancang stadion itu dengan anggaran sebesar £30 ribu untuk pembangunannya. Rencana awalnya adalah menunjukkan jika stadion tersebut dapat menampung lebih dari 100 ribu penonton, namun pada akhirnya saat ini kapasitas resminya tercatat bagi 76.212 penonton.

Pertandingan pertama di Old Trafford digelar pada tanggal 19 Februari 1910 saat melawan Liverpool yang dimenangkan The Reds dengan skor 3-4. Akhirnya, Sir Bobby Charlton memberi stadion tersebut julukan Theatre of Dreams (Teater Impian).

Pemain Terbanyak Menggunakan Seragam Manchester United.

Sebagai penggemar tim “Setan Merah” ini, harusnya kamu sudah tahu kalau Ryan Giggs adalah Pemain yang paling banyak bermain mengenakan seragam merah United. Ryan Giggs telah tampil sebanyak 781 kali dan sudah melewati rekor yang dipegang oleh Sir Bobby Charlton sebelumnya dengan bermain di final Liga Champions 2008 yang berlangsung di Luzhniki Stadium, Moskwa.

Sejarah terpenting Manchester United.

Sejarah United terjadi pada 6 Februari 1958 saat terjadinya kecelakaan pesawat di Munich. Pada saat itu,, tim ini baru saja selesai bertanding melawan klub Yugoslavia Red Star Belgrade. Dalam perjalanan pulang ke Manchester, pesawat yang disewa berhenti di Munich untuk mengisi bahan bakar.

Setelah selesai, pesawat sempat batal terbang selama dua kali di tengah cuaca yang turun salju dengan lebat. Akhirnya pada percobaan terbang yang ketiga, pesawat kembali gagal untuk terbang, tergelincir keluar dari landasan dan menabrak sebuah rumah yang membuat pesawat meledak.

Secara total ada 23 korban meninggal dari kecelakaan tersebut, dan delapan diantaranya adalah para pemain yang tergabung dalam The Busby Babes. Manajer saat itu Matt Busby akhirnya keluar dari rumah sakit 11 hari kemudian dan membangun kembali tim yang hancur itu dan mencapai puncaknya dengan memenangkan Piala Eropa untuk pertama kalinya di tahun 1968.

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *