Belajar Mengenai Vlog

Bosan Dengan Dunia Blog? Yuk Belajar Mengenai Vlog!

Belajar Mengenai Vlog

Belajar Mengenai Vlog? Siapa sih diantara kalian yang mulai belajar mengenai vlog? Sudah tahu semuakan apa yang dimaksud vlog atau video blog itu sendiri? Seharusnya, kalian semua sih sudah tahu apa yang saya maksud ditulisan ini. Kalau memang belum tahu, saya kutip pengertian vlog dari wikipedia, ya.

A video blog or video log, usually shortened to vlog, is a form of blog for which the medium is video, and is a form of web television. Vlog entries often combine embedded video (or a video link) with supporting text, images, and other metadata. Entries can be recorded in one take or cut into multiple parts. The vlog category is popular on YouTube.

Gampanglah ya mencerna bahasa Inggris diatas. Secara, gue aja bisa kok mencernanya seharusnya kalian juga bisa. By the way, vlogging pertama kali diperkenalkan di dunia pada tahun 2005, dan sekarang sepertinya semakin menjamur baik di Indonesia atau di luar negeri.

Apa sih yang menyebabkan seseorang beralih atau mulai semangat menjadi seorang vlogger ini? Ada tiga keuntungan kalau kalian mau ber-vlogging ria.

Keuntungan Menjadi Seorang Vlogger.

Pertama, tentunya blog kamu akan tampil beda, karena selain ada konten artikel dan gambar, kamu juga bisa menyisipkan video bikinan kamu sendiri, tentunya ini mengasikkan bagi beberapa orang. Sebenarnya, video apa saja bisa kalian buat, tergantung topik bahasan di artikel.

Contoh yang cukup populer menurut gue yaitu Dian Pelangi, selain menjadi seorang blogger, ia juga dengan tutorial-tutorial hijabnya, sekaligus memperkenalkan produk-produknya. Apa yang bisa dihasilkan beliau? Sekarang, ia sudah punya beberapa gerai baju muslim di berbagai kota besar di Indonesia.

Kedua, kalau kalian mendaftarkan video kalian di youtube dan sudah diterima oleh pihak yang bersangkutan atau dengan kata lain, video kamu sudah di monetize (bisa diuangkan), yang setiap bulannya kalian akan mendapatkan penghasilan dari iklan yang ditayangkan di setiap video yang kalian unggah.

Ketiga, seperti yang saya singgung diatas kalian juga bisa menjual produk atau jasa yang kalian miliki. Selain mendapatkan penghasilan dari keuntungan kedua, kalian juga bisa mendapatkan penghasilan secara tidak langsung dari promosi produk yang ada di video yang kalian buat.

Sebelum kalian menikmati apa keuntungan yang kalian dapat ketika menjadi seorang vlogger, ada baiknya baca dulu artikel lama saya mengenai apa saja persiapan yang perlu dilakukan dalam membuat vlog. Setelah membaca, semangat ya untuk menjadi seorang vlogger dan tetap semangat untuk terus belajar mengenai vlog.

Pertanyaan yang muncul dari saya adalah sebenarnya, kalian lebih pilih melihat acara Televisi atau Youtube? Kalau jawabannya adalah youtube, berarti kalian harus memulai membuat konten yang menarik di youtube. Apa saja sih konten  yang menarik?

Beberapa Konten Channel Youtube.

Video Music

Untuk kalian yang bingung ingin membuat konten seperti apa, kalian bisa membuat sendiri konten bertemakan musik. Setiap saat pasti ada yang baru, dan kalian harus sedikit mengeluarkan tenaga dan pikiran membuatnya. Contohnya? Silahkan lihat channel dibawah ini, ya!

Video Movie/Film

Kenapa sekarang jarang sekali di jumpai gedung bioskop? Padahal di waktu kecil dulu banyak bertebaran gedung bioskop di kota kota besar, dan termasuk kota kecil. Jelas sekali bahwa peminat penonton sudah beralih ke youtube, sebelum ramainya era VCD yang sempat merajai beberapa tahun terakhir.

Benar, youtube telah menggiring para penonton untuk menikmati film cukup di rumah saja.

Video Komedi

Hiburan yang di sajikan terkadang sederhana, tetapi konsep untuk menghibur orang itulah yang paling penting. Orang bisa melepas kelelahan dengan melihat hal hal yang lucu, tak jarang juga bisa menyembuhkan stress walaupun hanya sesaat. Jenis video ini mempunyai jumlah rating penonton yang cukup tinggi, sebagai contoh youtuber indonesia yang cukup sukses dengan genre ini adalah Bayu SKAK, Edho Zell, dll.

Video olah raga atau sport

Untuk genre video ini sepertinya sangat banyak dijumpai seperti olahraga yang menantang. Tetapi, tidak sedikit juga motosport menjadi salah satu cara membuat konten ini. Genre yang satu ini lebih banyak yang mengambil jalur sebagai motovlogger. Untuk contohnya, ada banyak di youtube. Untuk contoh motovlogger sport seperti dibawah ini, ya!

Video Tentang Game

Bukan lagi menjadi pembicaran umum kalau game di sukai semua kalangan, baik yang muda maupun usia menengah. Game video tentang dan strategi banyak di upload para gamers. Video ini menjadi populer di kalangan gamers lainnya.

Video tutorial

Jenis video yang satu ini cukup banyak digemari oleh seseorang yang ingin belajar secara langsung, biasanya orang akan lebih jelas jika langsung melihat medianya dan langsung mempraktekan. Video jenis tutorial ini sangat banyak membantu bagi orang yang awam sekalipun. Contoh videonya, kaya dibawah ya!

 

Video tentang alam dan wisata.

Nah, untuk yang satu ini sebenarnya kesempatan kita untuk mengekspos betapa indahnya negeri kita tercinta, cukup banyak wisatawan asing mengenal indonesia hanya dari melihat video saja. Tak jarang sebelum merencanakan liburan, baik itu ke eropa, asia, atau ke mana saja, orang melihat reverensi melaui video di youtube. Tak heran kalau video jenis ini mempunyai penonton yang berasal dari penjuru dunia.

Sekarang muncul lagi pertanyaan berikutnya. Apakah vlog akan menggantikan blog? Menurut pandangan saya pribadi, mereka berdua adalah teman yang akur untuk bersama dan apakah vlog hanya sebagai tren sesaat? Tidak juga, karena untuk beberapa kalian yang sudah memulai terlebih dahulu di Indonesia berhasil menyebarkan tren yang satu ini.

Jadi, apakah kalian akan tetap menjadi seorang blogger atau ingin belajar mengenai vlog? Semuanya terserah kalian, apapun yang kalian lakukan haruslah tetap positif dan bermanfaat bagi orang yang mengunjung blog atau youtube channel kalian, ya. Happy vlogging!

 

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


14 comments on “Bosan Dengan Dunia Blog? Yuk Belajar Mengenai Vlog!

  1. semakin cepat koneksi internet dan harga layanan yang semakin murah memang memungkinkan nge-vlog dan dapet audience vlog tanpa khawatir kuota dan kayaknya bakalan semakin banyak yang nge vlog Mas :D

     
  2. Aku pernah niat bikin vlog. alasannya persis seperti poin pertama, ada konten video untuk di blog. Tapi setelah nonton dan ngikutin vlog youtuber, jadi berasa minder. Secara yang bikin vlog pada cantik-cantik, cakep dan memang sudah punya nama alias terkenal aslinya. :D

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *