Karakter Warna Velg

Karakter Motormu Terlihat dari Warna Velg Pilihanmu!

Karakter Warna Velg

“Mau tahu bagaimana karakter seseorang ketika mengendari motor? Coba lirik kebawah, apa yang digunakan!” Kira-kira, kalau gue bilang seperti itu setuju ga kalian? Atau ada yang ga setuju? Sejujurnya, gue juga ga yakin sih kalau karakter berkendara itu bisa terlihat dari yang digunakannya.

Artikel ini sama sekali tidak ada maksud untuk melihat bagaimana karakter seseorang hanya dari sebuah barang yang digunakan, ya. Tetapi, hanya sebatas iseng-iseng semata berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya ketika berkendara di jalan raya.

Sebelum lebih jauh, saya mau cerita dulu sesuai sama gambar yang ada diatas. Selama hampir 4 tahun berkendara, akhirnya saya mulai memberanikan diri untuk melakukan perubahan sedikit demi sedikit pada kendaraan yang saya gunakan saat ini.

Mulai dari menggunakan footstep underbone dan merasakan suka duka saat menggunakannya, pasang cakram lebar, ganti ban FDR Sport MP76 sampai belajar cornering di sirkui Sentul. Nah, setelah melakukan itu semuanya sepertinya ada yang kurang ketika saya sudah mengganti ban ukuran standar ke ban yang sedikit lebar 90/80.

Velg! Iya, bener yang kurang itu velgnya. Ban ukuran 90/80 serasa terlalu besar untuk digunakan di velg berukuran 1.40 bawaan pabrik. Bahkan, saya beberapa kali mendapatkan pertanyaan “velg udah ganti, belum?” dan akhirnya, setelah menabung sekian lama akhirnya saya berhasil menghubungi penjual langganan sekaligus teman yaitu kakang prabu Tyo.

Sebelum menggantinya dengan yang sekarang, ada beberapa jenis velg yang ditawarkan. Tetapi, balik lagi saya harus menyesuaikan apa yang saya perlukan dengan dana yang memang cukup terbatas. Akhirnya, terbeli sudah velg v-rossi XD ukuran 1.60 (depan) dan ukuran 1.85 (belakang).

Karakter Warna Velg

Ketika ditanyakan oleh beliau ingin menggunakan warna apa, spontan saya berucap warna hitam dan niatan awal ingin menggunakan jari-jari warna merah. Tetapi, setelah dipikir-pikir terbeli juga velg warna hitam dengan jari-jari chrome.

Kenapa akhirnya saya menggunakan warna hitam? Bukan tanpa alasan, karena menurut pengalaman pribadi warna hitam itu ada beberapa faktor yang dapat terpengaruhi ketika seseorang menggunakannya.

Berkesan mahal.

Seperti pakaian, warna hitam sebenarnya bisa membantu menutup kekurangan velg dan membantu mempertegas karakter motor itu sendiri. Coba, kira-kira motor apa saja yang menggunakan velg warna hitam dan apa yang kalian rasakan ketika melihatnya? Pasti, kalian akan menyangka motor tersebut adalah motor yang mahal dan berkelas bukan?

Tampil garang dan sporty.

Velg ywarna hitam selain membuat sebuah motor yang biasa saja bisa menjadi terkesan mahal, warna hitam juga menegaskan karakter motor dan karakter si pengendara. Biasanya, pengguna velg warna hitam ini mempunyai typical seorang pengendara yang garang di jalan, dan ingin menonjolkan dirinya sporty.

Ada beberapa jenis velg hitam, yaitu doff, semi doff dan glossy atau mengkilap. Velg doff, warnanya tidak mencolok dan permukaannya berpori. Velg semi doff adalah velg doff yang diberi lapisan vernis dan lebih mengkilap dari pelek doff, permukaannya halus tetapi tidak sekinclong velg glossy.

Lantas, bagaimana typical seseorang atau karakter seseorang yang ingin terlihat elegan dan minimalis? Kebanyakan mereka menggunakan velg berwarna silver. Untuk warna ini akan membuat kesan motor yang kita gunakan terlihat lebih elegan & minimalsi. 

Warna silver bisa cocok dipadukan dengan motor berwarna yang gelap. Hal ini akan membuat kendaraan kita dan penggunanya untuk menonjolkan originalitas dan genuine. Tergantung dari pemilihan paduan warnanya juga sih, bisa saya menjadi elegan atau bisa menjadi minimalis.

Bagaimana jika ingin terlihat lebih tenang dan berwibawa? Tenang, orang yang ingin menonjolkan karakter seperti ini biasanya akan cenderung menggunakan warna jenis mengkilap (krom). Lain dengan warna velg hitam, coklat gelap, yang berkesan cepat, misterius, tegas, ego karena karakternya beda dari yang lain.

Review Velg V-Rossi XD

Well, semua sih tergantung kepada penggunanya. Banyak juga yang menggunakan velg berwarna terang agar terlihat lebih ceria dan santai. Tetapi, saya ingin menunjukan bahwa motor sederhana itu bisa terlihat garang & sporty dengan mengganti menggunakan warna gelap dan saya memilih hitam untuk digunakan.

Lantas, bagaimana pengalaman saya ketika menggunakan velg v-rossi XD ini? Kesan pertama adalah jujur saya lebih PD untuk memiringkan motor dibanding menggunakan velg sebelumnya. Entah ini hanya perasaan saja atau apa, tetapi yang pasti saya tidak ragu untuk memiringkannya ketika berada ditikungan.

Untuk penggunaan velg ukuran 1.85 bagian belakang dengan keadaan mesin standar, masih mumpuni untuk menempuh top speed dan akselerasi maksimal motornya. Saya sendiri menggunakan gear set 14-38 yang masih terbilang nyaman jika melihat ukuran ban dan velg yang saya gunakana.

Dari sisi kualitas, untuk velg alumunium itu sendiri cukup ringan tetapi tetap nyaman dan aman untuk digunakan sampai saat ini. Banyak yang bilang, velg alumunium itu bla bla bla.. Tapi, tidak sedikit juga yang berkata kalau velg ini cukup kuat. Ya, kita lihat saja bagaimana kedepannya ketika jalanan mulai berlubang dan saya tidak sengaja terkena jebakan jalan raya itu. Kalau menurut teman-teman yang baca, kira-kira gimana? Sharing pengalaman kalian di kolom komentar, ya!

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *