Mengubah Foto Profil Menggunakan Gravatar

Mengubah Foto Profil Avatar Situs Menggunakan Gravatar

Mengubah Foto Profil Menggunakan Gravatar

Siapa diantara kalian yang sering melalukan blog walking dan berkomentar tetapi tidak ada foto atau gambar yang muncul setelah kalian berkomentar? Nah, mungkin pemilik blog tersebut mengatur blognya agar pada tampilan kolom komentar harus menggunakan yang namanya Gravatar.

Apa Itu Gravatar?

Gravatar adalah singkatan dari Globally Recognized Avatars website resminya adalah Gravatar – Globally Recognized Avatars. Di website tersebut cukup mudah kok karena mereka juga sudah mengadaptasi bahasa Indonesia.

Caranya adalah kalian hanya tinggal mendaftar pada website tersebut, kemudian upload avatar yang kalian inginkan. Maka setiap kali kamu melakukan komentar diwebsite-website wordpress atau website lainnya yang menggunakan gravatar, maka avatar kamu otomatis akan tampil.

Cara setting Avatar!

WordPress menyediakan form komentar pada setiap posting yang dibuat, dan ini memang ditujukan untuk mengembangkan topik yang sedang dibahas dan berdiskusi. Untuk membedakan setiap pengunjung atau komentator selain nama juga gambar profil (avatar) bisa digunakan.

Ada beberapa jenis avatar yang bisa kita pakai di WordPress, mulai dari yang sederhana, artistik, abstrak, lucu sampai polosan bisa dipakai. Tapi ini hanya bisa aktif kalau orang yang komentar tidak mendaftarkan alamat emailnya menggunakan Gravatar. Tentu saja anda bisa mematikan Gravatar kalau mau.

Bagaimana cara mengaktifkan avatar yang kamu mau? Silahkan akses Settings (Pengaturan) dan pilih Discussion (Diskusi).

Kalau anda ingin memasang atau mengganti avatar penulis di WordPress maka bisa mengakses Gravatar dan mengaturnya. WordPress sendiri tidak menyediakan fasilitas pengaturan avatar secara internal.

Bagaimana Mengubah ?

Sebenarnya, cara mengubah foto profil menggunakan gravatar ini sudah pernah saya bahas di blog sederhana ini, namun cukup sulit mencarinya jika kalian tidak mengetahui dan apa fungsinya? Berikut ini langkah-langkah mengubha foto profil menggunakan gravatar itu sendiri.

  • Pertama kunjungi situs resminya gravatar disini http://en.gravatar.com/
  • Dipojok kiri atas ada tulisan Login / Sign Up,kalian tinggal klik dan pilih Sign Up
  • Masukan E-Mail kalian yang menjadi Primary disetiap kalian memberikan Komentar di Blog teman kalian
  • Buka E-mail kalian dan Lakukan Konfirmasi dari Link yang kalian buka dari E-Mail kalian tersebut
  • Lakukan Pengisian Form yang telah diberikan oleh pihak Gravatar
  • Upload Gambar sebagai gambar gravatar kalian
  • Selesai

Gambar avatar atau foto profil Anda akan ditampilkan di beberapa website ataupun blog ketika kalian memberikan komentar. Gravatar  sendiri memiliki ukuran 80×80 pixel, gravatar yang ditampilkan bisa berupa foto untuk mewakili profil kamu atau juga bisa logo atau apapun yang ingin kalian tampilkan bahwa pemilik gambar tersebut adalah kamu.

Setelah itu, kalian juga bisa menghubungkan seluruh link social network yang terkait dengan akun media sosial yang kalian miliki. Triknya sederhana kok. Misalnya, kalian mau menghubungkan akun twitter, kalian tinggal membuka dan login di twitter, setelah itu baru hubungkan dengan gravatar.

Begitu pula untuk menghubungkan facebook. Buka dan login ke facebook, baru hubungkan dengan gravatar. Ini diperlukan untuk meng-confirm API antar-aplikasi. Seluruh proses di atas hanya perlu dikerjakan sekali, dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Gimana, kalian sudah pakai gravatar belum?

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *