Pikirkan 3 Hal Ini Sebelum Mengganti Smartphone Lama Kamu


ZA Campaign

Alasan Mengganti Smartphone

“Wah, smartphone merk itu udah ngeluarin produk baru tuh. Ga mau ganti?” Hayo, siapa yang sering punya alasan mengganti smartphone cuma karena ada produk baru yang keluar dan kamu mau punya itu? Kalau tanya saya, sudah barang pasti bukan itu alasan mengganti smartphone buat saya!

Mungkin diantara teman-teman semunya yang membaca artikel ini, pasti pernah punya alasan yang sama meskipun hanya sepintas saja. Tapi, ada juga lho yang memang alasan mengganti smartphone dikarenakan model yang sudah ketinggalan zaman atau hanya karena ada produk terbaru yang keluar dipasaran.

Selain alasan diatas, sepertinya masih ada beberapa alasa mengganti smartphone yang mungkin memang lebih masuk akal dibanding hal tersebut, diantaranya:

Alasan Mengganti Smartphone

  1. Baterai Mulai Ngedrop.
    • Ini permasalahan yang paling sering dialami dan membuat seseorang langsung ingin mengganti smartphone lamanya dengan yang baru. Memang sangat berpengaruh, baterai ngedrop mungkin semua urusan akan berantakan / bahkan tidak lancar.
  2. Model Sudah Kuno.
    • Banyak yang beranggapan bahwa, model terbaru adalah model yang harus dimiliki dan lebih baik. Tetapi, ada juga yang beranggapan model tidak begitu penting dibanding dengan daya tahan smartphone yang sekarang dimiliki. Semua tergantung dari pemiliki smartphone itu, sih.
  3. Mulai Sering Error.
    • Ini dia, pengguna smartphone mulai error pasti membuat pemiliknya kesal. Mau tidak mau, harus mengganti dengan produk terbaru. Ada yang mengalami permasalahan ini?
  4. Ganti Jaringan.
    • Seiring berkembangnya teknologi 4G dari masing-masing provider telekomunikasi, sepertinya hal ini mulai mempengaruhi untuk mengganti smartphone 3G dengan produk terbaru yang sudah mendukung jaringan 4G, setuju?
  5. Servis Berkali-kali.
    • Nah, ini dia. Kalau smartphone yang digunakan saat ini sudah mulai sering masuk service centre, pasti kalian akan langsung memiliki pikiran “yaudahlah, ya. Mending ganti baru aja!”

Alasan-alasan diatas sepertinya sangat mempengaruhi kalian untuk sesegera mungkin mengganti smartphone lama dengan yang lebih baru. Tetapi, apakah layak mengganti smartphone jika tidak mengalami hal diatas? Layak saja, tetapi ada baiknya memperhatikan beberapa hal yang menurut saya cukup penting dalam memilih smartphone baru, diantaranya:

Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Banyak yang memang ingin mengganti smartphone lamanya hanya karena gengsi yang berlebih tanpa memikirkan apakah hal tersebut dibutuhkan untuk rutinitas sehari-hari atau tidak. Ada baiknya, sebelum mengganti smartphone lama kamu harus disesuaikan apakah dibutuhkan untuk bermain game, berkerja, foto atau video atau yang lainnya?

Kalau memang kamu membutuhkan smartphone sekaligus kamera, kamu harus melihat kualitas kamera yang dihasilkan dari smartphone tersebut. Tapi, kalau kamu membutuhkan daya tahan untuk menggunakan akun media sosial ada baiknya mencari yang daya tahan baterai yang mumpuni untuk aktifitas kalian.

Pikirkan Masalah Harga

Biasanya, banyak produk baru yang keluar dipasaran tentu memiliki fitur yang menarik, desain lebih baru, fungsi bisa disesuaikan dll. Tetapi, jangan pernah sekali-kali memaksakan pendapatan kamu untuk membeli sebuah produk terbaru yang harganya luar biasa mahal.

Secara pribadi, saya lebih suka produk yang sesuai dengan kebutuhan dibandingkan dengan produk terbaru dari masing-masing pabrikan. Tetapi, lain hal kalau memang kalian memiliki dana lebih untuk memilikinya. Tetapi, harga adalah salah satu hal yang harus kalian pertimbangkan.

Ingin atau Butuh?

Nah, setelah ada beberapa hal tersebut yang saya jelaskan diatas yang paling penting adalah apakah kalian mengganti smartphone itu dikarenakan BUTUH atau hanya sekedar INGIN? Hal ini bisa sangat berpengaruh dengan apa yang sudah saya jelaskan diatas 🙂

Kalau memang butuh, silahkan disesuaikan dengan produk mana yang ingin kalian miliki. Tetapi, kalau hanya karena keinginan semata lebih baik pikir berkali-kali untuk memiliki produk terbaru yang beredar dipasaran. 

Lantas, bagaimana kalian menanggapi banyaknya produk terbaru yang keluar dipasaran akhir-akhir ini? Saya pribadi tetapi mengusung prinsip “kalau masih bisa dipakai, ya pakai aja yang ada. Buat apa sih ganti?” Pun kalau ingin mengganti dengan smartphone baru, saya lebih kearah mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan saya. Nah, kalau kalian typical yang kaya gimana sih? Tulis pengalaman kalian di kolom komentar yuk!

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


14 comments on “Pikirkan 3 Hal Ini Sebelum Mengganti Smartphone Lama Kamu

  1. kalau aku biasanya ganti smartphone kalau smartphone lama kayaknya udah mulai kurang bisa menunjang kebutuhan. atau karena mulai usang setelah dipakai lebih dari 3 tahun 😀

     
  2. Alasan untuk ganti HP yg paling besar adalah nomer 3. Hehe. Kalau HP dah sering eror itu selalu bikin stress. Smartphone ku sejauh ini bisa bertahan sampai 3-4 tahun. Sudah bisa dibilang tipe setia belum ya kalau kayak gini? #eh haha

     
  3. hiks.. hp ku dari tahun 2011.. :))
    Masih oke, layar 4 inch enak dipegang.. :))
    daaan, user friendly banget..
    tapiii, kalau ada sponsor mau beliin yang baru, kagak nolak >_< wkwkwk #kabooor

     
  4. Ganti HP karena udah rusak parah, sayang kalau beli karena pengen aja mah hahaha. Pas galau antara butuh dan mikirin budget eh ada yang ngasih dengan spesifikasi oke. Nah ini sih ga nolak. Alhamdulillah ada rejekinya ga harus keluar uang huehehe

     
  5. alasan saya terakhir ganti smartphone lebih karena HP yang sebelumnya itu lemot banget, adanya bikin emosi. hahaha… padahal pas beli spek-nya tergolong lumayan, tp kayanya dasar management resource-nya kurang OK kali ya. spek OK, minim aplikasi, tetep aja berasa lemot. (eh tp dulu beli hp itu jg pas awal2 baru sebulan uda masuk service center, udah ganti mainboard pula) 😆

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *