Begini Lho Tips Memilih Hijab Sesuai Bentuk Wajah Kalian!


ZA Campaign

Tips Memilih Hijab Sesuai Bentuk Wajah

Mungkin kalian bertanya-tanya, kok blog sederhana ini membahas tips memilih hijab sesuai bentuk wajah? Tenang, gue masih menjadi seorang pria dan belum berkeinginan menggunakan hijab kok. Cuma, entah mengapa seorang wanita yang menggunakan hijab dimata saya itu terlihat anggun, ya? Entahlah, mungkin dari sana kecantikan seseorang terlihat. Tetapi, masalah menggunakan hijab itu pilihan pribadi ya bukan sebagai paksaan dari saya.

Well, kembali ke topik bahasan kali ini. Gimana sih tips memilih hijab yang mungkin sesuai dengan bentuk wajah kalian? Hehe.. Tenang, ini cuma pandangan saya semata ya bukan karena saya bagaimana tapi ini hasil pengamatan yang entah benar atau tidak. Mau diikuti? Silahkan, ga ya gpp kok 🙂

Sebenarnya, apa sih perbedaan anatara hijab dengan jilbab? Saya sudah pernah menuliskannya di artikel sebelum ini. Tetapi, mari kita lihat sekali lagi dalam artikel ini, ya!

Perbedaan Hijab Dan Jilbab

Apa itu hijab?

Hijab dalam bahasa Arab berarti penghalang. Pada beberapa negara berbahasa Arab serta negara-negara barat, kata “hijab” lebih sering merujuk kepada kerudung yang digunakan oleh wanita muslim. Namun dalam keilmuan Islam, hijab lebih tepat merujuk kepada tatacara berpakaian yang pantas sesuai dengan tuntunan agama.

Ada yang menyatakan juga bahwa setiap jilbab adalah hijab, tetapi tidak semua hijab itu jilbab, sebagaimana yang tampak. Seperti dijelaskan di atas, hijab berasal dari kata hajaban yang artinya menutupi, dengan kata lain al-Hijab adalah benda yang menutupi sesuatu.

Apa itu jilbab?

Jilbab adalah busana muslim terusan panjang menutupi seluruh badan kecuali tangan, kaki dan wajah yang biasa dikenakan oleh para wanita muslim. Penggunaan jenis pakaian ini terkait dengan tuntunan syariat Islam untuk menggunakan pakaian yang menutup aurat atau dikenal dengan istilah hijab (dalam arti seperti ditunjukkan dalam pengertian hijab di atas).

Jadi, jilbab ialah pakaian yang longgar dan dijulurkan ke seluruh tubuh hingga mendekati tanah sehingga tidak membentuk lekuk tubuh.

Dapat kita ambil kesimpulan bahwa jilbab pada umumnya adalah pakaian yang lebar, longgar dan menutupi seluruh bagian tubuh. Sedangkan hijab adalah sesuatu pembatas atau aling-aling yang menutupi aurat. Memang terkadang kata hijab dimaksudkan untuk makna jilbab.

Oke, sudah tahukan perbedaannya? Sekarang mari kita lihat bagaimana sih tips memilih hijab yang sesuai dengan bentuk wajah kalian semua.

Wajah bulat.

Buat yg memiliki wajah bulat, sebaiknya menggunakan jilbab dengan menutupi sebagian luar pipi. Apabila memakai jilbab model bergo atau pet topi, pilihlah yg menutup sampai pada sisi kanan kiri tulang pipi kalian, ini memberi kesan wajah kalian terlihat lebih panjang.

Wajah Panjang atau Lonjong.

Untuk kalian yang memiliki bentuk wajah panjang atau lonjong, akan terlihat lebih cantik jika menggunakan Turkish hijab style atau hijab Arab.  Karena biasanya jilbab model ini menggunakan undercaps (ciput didalaman) hingga dahi, sehingga mengurangi efek panjang wajah kamu. Sehingga akan memberikan kesan penuh & lebih padat bagi wajah yg panjang.

Wajah Kecil atau Oval.

Untuk bentuk wajah yg oval, semua bentuk & gaya hijab akan kelihatan serasi dikenakan. Jika kalian salah satu pemilik wajah berbentuk oval, maka tak perlu ragu lagi tampil berjilbab dengan style apapun.  Sesuaikan dengan busana, accesoris, & acara saat anda mengenakannya . Bagi pemilik wajah oval kecil, bisa menggunaka aksen turban & gunakan aksen loose dengan pilihan bahan yg jatuh.

Wajah Kotak Persegi.

Rahasia memakai jilbab untuk wanita dengan wajah persegi sebaiknya dagu, kedua sisi rahang & bagian dahi tertutup dengan jilbab agar menghasilkan penampilan lebih bulat atau oval. Jangan memakai gaya jilbab yg berbentuk segitiga menjorok ke didalam atas dahi apalagi memperlihatkan dagu bagian bawah karena akan memperlihatkan wajah kalian agak maskulin.

Untuk yg memiliki wajah persegi sebaiknya gunakan jilbab rounded shape atau bulat yg akan membingkai wajah & menyamarkan garis wajah kalian menjadi lebih lembut & menghilangkan garis-garis tajamnya. Hindari menggunakan warna keras dan menyolok.

Gimana? Kalian pemilik bentuk wajah seperti apa nih? Kalau mau share tentang tutorial hijab yang kalian miliki juga boleh lho. Langsung aja taruh saran kalian atau tutorial hijab yang kalian miliki di kolom komentar, ya. Atau jangan-jangan punya videonya? Share juga ya, sahabat!

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


4 comments on “Begini Lho Tips Memilih Hijab Sesuai Bentuk Wajah Kalian!

  1. Bentuk wajahku oval kaka, jadi pake gaya hijab apapun cucok yaa 😀
    ahh yang penting mah nyaman buat diri sendiri kalo eykeh mah 😀
    Model apapun bentuk hijab or jilbab , tetep nyamannya punya style sendiri sesuai dengan kepribadian masing2 *uhuk

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *