Mempercepat Blog Terindex Google

Blog Lama Terindex Google, Begini Cara Mempercepat Prosesnya!

Mempercepat Blog Terindex Google

Source: matthewjamestaylor

Beberapa waktu lalu saya sempat bertanya bagaimana google di blog lama saya ini? Bukan tanpa alasan, karena memang blog sederhana ini mulai terasa cukup lama terindex oleh mesin pencari bukan hanya google.

Tidak banyak yang memberikan informasi terkait hal ini, mungkin karena mereka menganggap apa yang saya tanyakan terlalu dasar bagi mereka. Entahlah, tetapi yang pasti blog sederhana berumur 5 tahun ini memang sangat lama untuk terindex oleh mesin pencari. Bayangkan, bagaimana ingin banyak pengunjung jika 1 artikel terindex dalam waktu 1 hari setelah artikel tersebut tayang?

Namun, dari beberapa teman yang saya tanyakan ternyata beberapa jawaban mereka cukup membantu untuk saya. Bukan perkara harus submit url link ke google webmasters tools, tetapi ada hal lain yang ternyata memang mempengaruhi sebuah blog lama terindex. Saya akan beritahu, agar teman-teman tidak merasakan apa yang saya rasakan yaitu DICUEKIN sama orang yang saya tanyakan!

Mempercepat blog terindex google

Perbaiki robots.txt

Bagi sebagian orang, banyak yang sangat anti untuk mengubah file robots.txt yang ada didalam blognya. Mengapa? Karena akan membuat robot google mencerna ulang apa yang ada didalam blog tersebut. Pada kasus saya pribadi, ternyata file /sitempap.xml tidak terbaca.

Bukan karena saya menghapusnya, melainkan ada perubahan ketika saya memperbaharui beberapa plugin yang saya gunakan dalam blog sederhana ini. Alhasil, saya harus mengubah pada bagian sitemap agar blog kembali terindex oleh google.

Perbaharui konten setiap hari

Dari beberapa orang yang saya tanyakan, sangat banyak yang memberikan usul untuk selalu memperbaharui konten yang ada di blog sederhana ini secara berkala dan rutin yaitu melakukan pembaharuan konten setiap hari.

Mengapa demikian? Untuk domain yang berusia lama, biasanya pemilik blog akan terasa mulai sangat malas memperbaharui kontennya setiap hari. Setidaknya, blogger seperti saya ini yang mulai tidak teratur untuk update content blog ini.

Bagikan di media sosial

Membagikan hasil tulisan kita di blog ke media sosial, bukan hanya untuk mendatangkan pengunjung ke artikel tersebut. Tetapi, algoritma google memang memberikan penilaian seberapa banyak orang yang melakukan sharing artikel kamu ke media sosial.

Bukan hanya facebook dan twitter, ya. Alangkah baiknya, dibagikan juga ke akum google plus. Mengapa? Karena google plus dapat memperbaiki indexing blog kalian di mesin pencari. Apa indikasinya? Semakin banyak yang memberikan +1 akan semakin baik artikel kamu di posisi mesin pencari.

3 langkah diatas yang saya lakukan untuk oleh google sampai saat ini. Lantas, bagaimana saya mengetahui blog saya sudah terindex secara normal atau cepat? Mudah! Silahkan lihat gambar dibawah, ya.

Mempercepat index google

Semudah itu, kalian hanya tinggal masukan url link tulisan baru kalian kedalam mesin pencari google dan lihat apakah sudah terindex atau belum. Mudahkan? Lantas, apabila kalian bermain dengan SEO bagaimana melakukan pengecekan kata kunci di mesin pencari?

Mengetahui kata kunci di google

Banyak yang salah kaprah dalam melakukan pengecekan kata kunci sebuah artikel didalam mesin pencari. Biasanya, kalian langsung melakukan pengecekan dengan masuk ke halaman google dan langsung mengetik kata kunci yang kalian cari.

Sebenarnya, hal yang perlu kalian lakukan terlebih dahulu adalah keluar dari semua akun google yang kalian miliki kemudian bersihkan cookies & cache broweser kalian. Barulah buka google dan masukan kata kuncinya. Baru tahu? Semoga tidak!

Namun, ada juga cara yang gampang kalian lakukan tanpa melakukan hal tersebut yaitu menggunakan alat bantu. Free monitor for google, silahkan ketikan itu di mesin pencari dan akan tambil sebuah website bernama cleverstat. Unduh aplikasi tersebut, dan voila! Dengan mudah kalian akan bisa melakukan pengecekan dengan kata kunci yang kalian targetkan.

Mengetahui Posisi Kata Kunci di Google

Source: cleverstat

Jadi, gimana? Informasi diatas sudah kalian ketahui sejak lama? Bagus! Semoga kalian terus membagikan ilmu yang kalian miliki kepada orang lain, ya. Jangan beranggapan “mengapa saya menulis ini, toh banyak yang sudah tahu!” tetapi berpikirlah bahwa masih banyak orang diluar sana yang belum mengetahui cara sederhana ini. Ada yang punya pengalaman ingin dibagikan? Langsung tulis di kolom komentar, ya!

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


14 comments on “Blog Lama Terindex Google, Begini Cara Mempercepat Prosesnya!

  1. Saya baru td benenerin robot.txt. entah udh bener apa sayanya keburu puyeng, abis deletin broken link yg behibun… sila kakaaaaa cek dong blog asayaaaa

     
  2. Konten Berkualitas + Share Marketingnya. poinya disitu. mengedit robot.txt jga agak riskan bgi yg blum mnegerti, dsitu bnyak beberapa opsi untuk menampilkan apa yg ada pda website. Untuk Free Monitor for Googleny juga baru tau, haha soalnya belum pernah nyoba makenya

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *