Gejala Awal Darah Tinggi

Ini Lho Gejala Awal Darah Tinggi dan Sedikit Tips Mengatasinya!

Gejala Awal Darah Tinggi

Source: youtube

“Wah tekanan darahnya agak sedikit tinggi ya, mas. Punya riwayat darah tinggi?” Hmm.. Pertanyaan yang sering dilontarkan oleh dokter, suster atau perawat yang ngerawat gue dan melakukan tensi darah. Gimana ga ditanyain begitu, orang setiap tensi tekanan darah gue ada di angka 160/120 atau 150/110 melulu. Padahal, gue ga ngerasain apa-apa kok.

Tekanan darah tinggi atau yang lebih dikenal dengan istilah hipertensi adalah penyakit yang umumnya dialami oleh kebanyakan orang. Penyakit hipertensi merupakan salah satu penyakit yang serius karena berdampak pada kesehatan tubuh, bahkan hipertensi dapat menjadi penyebab munculnya beberapa penyakit serius lainnya, seperti penyakit gagal jantung, serangan jantung, gagal ginjal, dan stroke.

Cukup wajar ketika seseorang yang melakukan pengecekan tensi darah langsung mendadak kaget dan shock ketika tahu berapa tekanan darah yang dimilikinya. Namun, sebenarnya ada beberapa penyebab lho kenapa tensi darah kita bisa menjadi sangat tinggi, diantaranya:

  • Kurang tidur,
  • Terlalu banyak minum kopi dan merokok, atau
  • Sedang banyak pikiran terhadap apapun.

Nah, karena memang gue tahu kondisi badan gue sendiri kenapa tensi darah bisa sampai setinggi itu jadi ya wajar kalau saya bilang “itu biasa, dok/mas/sus. Saya abis begadang, terus minum kopinya kebanyakan!” dan tidak jarang orang yang diberikan penurun tekanan darah. Apa yang saya lakukan? Ga pernah mau minum itu obat, takut ketergantungan :)

Terkadang kebanyakan orang kurang menyadari jika tekan darah mereka tinggi meskipun hal ini dapat membahayakan kesehatan mereka. Akan tetapi secara kasat mata gejala yang ditimbulkan karena penyakit hipertensi kurang begitu terlihat. Selain itu gejala yang muncul pun berbeda-beda dari setiap individu. Akan tetapi perlu waspada jika kalian mengalaminya.

Gejala Awal Darah Tinggi

  1. Salah satu ialah sering merasa pusing, apabila intensitas pusing sangat sering sebaiknya segera cek tekanan darah kalian.
  2. Mengalami mimisan dan menjadi cukup sulit untuk dihentikan, maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan ahlinya.
  3. Merasakan kesemutan, yang merupakan tahap awal gangguan tekanan darah tinggi dan besar kemungkinan terserang stroke.
  4. Mengalami vertigo yang cukup sering.

Itu beberapa yang cukup sering dialami oleh orang yang memiliki riwayat hipertensi. Selain itu, ada beberapa lagi gejala awalnya. Menurut situs Boldsky ada beberapa  yang timbul, sehingga seseorang bisa mengenali penyakit hipertensi sebelum penyakit ini menjadi lebih parah. Beberapa diantaranya sebagai berikut :

Kepala Terasa Sakit.

Gejala yang lebih serius dari penyakit hipertensi yang ringan adalah sakit kepala dengan tempo yang sering dan terus-menerus, bisa saja ini meruoakan gejala dari tekanan darah yang melonjal naik. Karena sakit kepala ini biasanya tidak dirasakan pada hipertensi yang ringan. Kalian dapat terserang sakit kepala jika tekanan darah berada diatas 180/110 mmHg.

Mimisan.

Pada tahap awal penyakit hipertensi mimisan juga menjadi salah satu tanda yang muncul. Jika ternyata kalian memang memiliki riwayat tekanan darah tinggi kemudian muncul mimisan yang sulit dihentikan segera periksakan diri ke dokter dan melakukan konsultasi.

Mual dan Muntah.

Meskipun gejala mual dan muntah merupakan gejala umum yang terjadi pada kebanyakan penyakit namun pada penyakit hipertensi gejala mual dan muntah ini agak sedikit berbeda karena pada hipertensi atau tekanan darah tinggi mual dan muntah ini disertai dengan pandangan menjadi kabur dan juga napas dengan tempo yang pendek-pendek.

Mati Rasa.

Meningkatnya tekanan darah akbiat hipertensi menyebabkan mati rasa atau rasa kesemutan yang bisa saja menjadi tanda awal penyakit stroke. Jika hipertensi tak bisa terkontrol maka akan berakibat pada rusaknya saraf sehingga gejala seperti ini muncul.

Titik darah pada bagian mata.

Ketika kalian mulai melihat terdapat titik darah pada bagian bola mata, perlu diwaspadai karena bisa saja titik darah tersebut merupkaan pembekuan darah yang terjadi dikarenakan hipertensi. Sebelum menghilangkan titik darah tersebut cobalah minta kepada dokter untuk diperiksa tekanan darah kalian.

Merasa Pusing.

Vertigo dan perasaan ringan pada kepala yang disertai perasaan pusing juga kemungkinan merupakan gejala hipertensi. Jika muncul secara tiba-tiba tanda-tanda seperti ini jangan pernah diabaikan karena jika perasaan pusing dan juga vertigi ditambah lagi dengan sulitnya berjalan dan pingsan bisa merupakan tahap awal gejala stroke.

Namun, setiap orang harus lebih waspada dan jangan menunggu adanya gejala-gejala yang muncul, karena hipertensi merupakan penyakit yang berbahaya sehingga perlu diwaspadai lebih dini. Selain itu perlu diketahui juga bahwa orang yang terkena hipertensi di Indonesia mencapai 31,7% yang artinya dari 3 orang biasa, 1 orang mengalami hipertensi, dan 76,1% dari penderita hipertensi tidak mengetahui bahwa dirinya mengalami sakit hipertensi sehingga pengobatan agak terlambat dilakukan.

Hmm.. Cukup mengerikan memang ketika mengetahui kita mengetahui gejala awal darah tinggi ini. Namun, tenang saja ada beberapa ini dan cukup mudah untuk dilakukan. Cara paling mudah dan sederhana untuk meminimalisir gangguan kesehatan yang lebih parah akibat hipertensi ialah dengan menjaga pola makan.

Selain menjaga makanan dan pola makan yang teratur, ada baiknya mengonsumsi mentimun. Karena, ada banyak manfaat mentimun bagi kesehatan kita selain untuk menurunkan tekanan darah yang cukup tinggi. Makanan yang sehat dan kaya nutrisi akan membuat tubuh semakin sehat sekaligus kebal.

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


8 comments on “Ini Lho Gejala Awal Darah Tinggi dan Sedikit Tips Mengatasinya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *