Jangan Lakukan 7 Hal Ini Saat Berkendara

Jangan Lakukan 7 Hal Ini Saat Berkendara, Bahaya!

Jangan Lakukan 7 Hal Ini Saat Berkendara

Siapa nih diantara pembaca blog sederhana ini yang belum pernah mengendarai sepeda motor ataupun mobil? Saya rasa, kalian semua pernah mengendarainya. Apalagi akhir-akhir ini, sepertinya keadaan jalan raya semakin penuh dengan keluarnya mobil ataupun motor baru dari pabrikan. Tapi, masih banyak yang melakukan beberapa hal berikut ini, padahal bisa membahayakan diri sendiri ataupun orang lain.

Jangan Lakukan 7 Hal Ini Saat Berkendara

Betul, ada 7 kebiasaan yang mungkin masih kalian lakukan saat berkendara baik mobil ataupun motor. Entah sebatas menghilangkan kejenuhan atau mengalihkan perhatian kalian dari kemacetan yang dialami pada saat kalian berkendara. Berikut ini 7 hal yang sebaiknya kalian hindari saat berkendara:

Memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi (ngebut).

Mengemudi melebihi batas kecepatan merupakan penyebab kecelakaan terbanyak kedua setelah mengemudi sambil mabuk. Apalagi saat hujan, ada baiknya tidak memacu kendaraan dengan kecepatan yang sangat tinggi. Hujan membuat jalanan menjadi licin dan pandangan ke jalan terhalang air hujan yang menutupi kaca mobil atau motor kalian. Pelan-pelan saja berkendaranya. Ingat, ada orang yang kalian sayangi menanti di rumah.

Tidak menggunakan sabuk pengaman atau helm.

Banyak pengemudi kendaraan roda empat yang masih enggan menggunakan seat belt saat berkendara, begitu juga dengan pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm. Padahal, sabuk pengaman dan helm itu dibuat agar penghuni sebuah kendaraan bisa selamat dari kecelakaan.

Menggunakan sabuk pengaman atau helm bukanlah sebuah tindakan yang sulit. Mungkin masih banyak yang berpikir bahwa mengendarai mobil atau motor dengan jarak dekat tak perlu menggunakan sabuk pengaman atau helm karena hany akan berjalan pelan.

Menyetir serobot kanan-kiri.

Cara menyetir yang main ambil jalan kanan-kiri-kanan-kiri itu bisa terbilang sangat berbahaya. Ini termasuk meliuk-liuk, bermanuver, berakselerasi dan mengerem secara mendadak. Mengemudi dengan cara seperti ini bisa bikin pengendara lainnya jadi kagok dan akhirnya menyebabkan kecelakaan.

Mengemudi sambil melakukan hal lain.

Saat berkendara harus fokus. Jangan sambil melakukan hal lain seperti makan, minum, telepon, balas pesan yang masuk ke ponsel dll. Banyak yang terjadi saat ini adalah masih menggunakan telepon genggam saat berkendara, meskipun ketika macet melanda perjalanan kalian.

Badan lelah tapi tetap mengemudi.

Jangan pernah memaksakan ketika kondisi badan kalian terasa sangat lelah, ada baiknya kalian beristirahat sejenak sekedar melepaskan rasa lelah tersebut. Jangan memaksakan, karena tingkat konsentrasi kalian akan sangat menurun

Berkendara dibawah pengaruh minuman keras.

Udahlah, kalau ini jelas sangat bahaya. Sudah banyak kejadian yang diberitakan, pengemudi yang mabuk tidak hanya merugikan diri sendiri, tapi juga merugikan nyawa orang lain. Semoga pembaca blog sederhana ini tidak ada yang seperti ini, ya!

Menggunakan earphone atau headphone.

Ini dia, masih sering saya temui beberapa pengendara khususnya roda dua yang melakukan hal ini. Padahal, indra pendengaran kita harus tetap bisa menerima tanda atau bunyi sinyal yang ada disekitar saat berkendara. Dengan menggunakan headphone atau earphone, tentu fokus kita akan terbagi antara kondisi jalan raya dan lagu yang terputar ditelinga kita.

Jujur, siapa yang sering melakukan hal diatas? Ada baiknya, mulai sekarang kalian hentikan kebiasaan tersebut untuk keamanan dan kenyamanan bersama, ya. Tetap beretika dan punya tenggang rasa dengan para pengemudi kendaraan lainnya. Ada yang ingin menambahkan? Silahkan berkomentar, ya!

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


4 comments on “Jangan Lakukan 7 Hal Ini Saat Berkendara, Bahaya!

  1. hehe aduh jadi kesentil, kemarin aku naik ojek online dan nyuruh abangnya cepetan aja, wih asyik, cepet sampe, pdhl aku juga bawa bayi, demi sebuah janji gak boleh telat, hihihi.. alhamdulillah selamat dan gak mau ngulangi lagi kecuali terpaksa :D

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *