cara mengamankan video youtube

Ini Lho Cara Mengamankan Anak Dari Video Dewasa Di Youtube

cara mengamankan video youtube

Bagi para orang tua, tentu akan berpikir bagaimana cara yang berisi konten dewasa untuk anak kalian, bukan? Seiring berkembangnya teknologi dan internet yang ada di Indonesia, pasti setiap orang akan sangat ketergantungan dengan yang namanya teknologi.

Di artikel saya sebelumnya, saya sempat membahas antara televisi dan youtube yang ternyata banyak yang lebih memilih tayangan youtube sebagai media hiburan sehari-harinya, ya meskipun tidak sedikit juga yang tetap pada acara televisi yang disiarkan.

Lantas, bagaimana kita bisa mengontrol penggunaan perangkat teknologi kita pada anak? Apalagi anak kita sudah mulai mengerti mengenai tayangan youtube dan beberapa konten yang ada didalamnya tentu ada sebagian yang sangat tidak dianjurkan untuk anak kita.

Sebenarnya google sendiri sudah memberikan langkah mudah mengenai cara yang memiliki konten dewasa agar para orang tua tidak perlu khawatir lagi, tetapi banyak orang tua yang belum mengetahui bagaimana cara menyarin konten dewasa yang ada di YouTube itu sendiri.

Cara Mengamankan Video Youtube – Desktop

  1. Ketika kalian berada didalam youtube, turunkan layar youtube kalian sampai kepada bagian paling bawah. Nantinya, kalian akan melihat “Restricted Mode” atau “mode terbatas” dalam keadaan aktif atau tidak.
  2. Tekan, dan kemudian pilih Aktif atau Nonaktif untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini.

Mengunci Mode Terbatas

Jika ingin agar mode terbatas ini ingin tetap diaktifkan untuk siapa saja yang menggunakan browser yang biasanya kalian gunakan, silahkan ikuti langkah berikut ini:

  1. Silahkan masuk kedalam akun YouTube yang kalian miliki,
  2. Pilih kebagian bawah dari halaman youtube tersebut, kemudian pilih bagian “Mode Terbatas”,
  3. Kemudian, klik pilihan “Kunci Mode Terbatas di browser ini.”, dan
  4. Silahkan masukkan kata sandi akun youtube kalian lagi untuk mengunci mode terbatas yang ada didalam browser yang kalian gunakan.

Menonaktifkan Mode Terbatas

Lantas, bagaimana jika kita ingin menonaktifkannya? Mudah saja, berikut caranya:

  1. Silahkan menuju halaman paling bawah dari youtube, kemudian klik “Mode Terbatas: Aktif”,
  2. Selanjutnya, pilih “Nonaktif”, dan
  3. Jika sudah mengunci mode terbatas, maka kalian akan diminta untuk masuk dan memasukkan nama pengguna serta kata yang digunakan untuk menonaktfikannya.

Cara Mengamankan Video Youtube – Android

Ketika kita sudah mengamankan youtube pada desktop yang sering kita gunakan, tentu kalian para orang tua akan berpikir “wah, smartphone android gue sering banget di pinjem sama anak gue nih, aman ga ya?”. Tenang, untuk yang menggunakan android, berikut ini untuk anak kalian nantinya.

  1. Setelah membuka aplikasi youtube, silahkan pilih bagian menu, kemudian settings (setelan) dan selanjutnya pilih general (umum),
  2. Setelah muncul, pada bagian restricted mode (mode terbatas) silahkan dicentang saja bagian itu, selesai sudah.

Ingat, anak yang kalian miliki saat ini memang harus sangat diperhatikan ketika menggunakan smartphone baik milik pribadi ataupun miliki kalian para orang tua. Namun terkadang, youtube sendiri masih salah melakukan filtering terhadap video yang ada didalamnya.

Tetapi, alangkah baiknya kita tetap melakukan pengamanan secara personal dengan menggunakan fitur yang sudah disediakan oleh youtube. Mungkin, cara ini tidak 100% bisa mengamankan tetapi mencegah lebih baik daripada tidak sama sekali. Ada yang punya pengalaman atau dari anak kalian? Silahkan tulis di kolom komentar, ya!

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


4 comments on “Ini Lho Cara Mengamankan Anak Dari Video Dewasa Di Youtube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *