Mitos Orang Tua Zaman Dulu

Ini Dia Beberapa Mitos Orang Tua Zaman Dulu yang Pernah Kalian Dengar!

Mitos Orang Tua Zaman Dulu

Hayo, siapa langsung kepikiran sama orang tuanya setelah baca judul artikel tentang mitos orang tua zaman dulu kali ini? Hehe.. Pasti kalian pernah dengar dong, kalau ada sebuah perkataan seperti “jangan nyapu malam-malam, nanti rezekinya cepet habis, lho!” pasti pernah kan? Nah, sekarang gue mau sedikit share masalah ini, ah.

Istilah mitos sudah lama dikenal, bisa dikatakan mitos ialah sesuatu berupa wacana (bisa berupa cerita, asal-usul, atau keyakinan) yang keberadaannya satu paket dengan pantangan yang tidak boleh dilanggar. Mitos dengan aturan yang telah lampau tidak bisa begitu saja disisihkan, akan banyak hal yang harus dilalui untuk menciptakan perubahan itu. Tetunya tidak semudah menutup buku.

Berikut ini adalah contoh mitos –mitos yang sering kita dengar dari orang tua kita dulu :

  • Berselimut dengan tikar: Janganlah anda berselimut dengan tikar karena kelak anda akan digulung oleh ombak jika mandi di laut.
  • Berteriak-teriak mengucapkan kata-kata kotor dalam hutan. Janganlah anda berteriak-teriak berkata-kata kotor pada saat berada di dalam hutan, karena anda tak lama lagi akan dimasuki roh halus jahat yang menguasai diri anda (kesurupan).
  • Berfoto bersama dalam jumlah ganjil. Janganlah berfoto dalam jumlah ganjil karena salah satu dari yang difoto akan cepat meninggal. Biasanya yang ditengah.
  • Bangun Tidur terlalu siang. Jika anda bangun tidur terlalu siang hingga matahari hampir berdiri, akan berakibat segala bentuk rezeki yang akan datang akan selalu menjauh.
  • Bersin sewaktu akan bepergian. Anda tidak dapat langsung berpergian baik menggunakan kendaraan atau tidak setelah bersin.Paling tidak anda menunggu beberapa menit setelah bersin lalu boleh pergi, karena kalau anda bersin langsung pergi anda akan celaka diperjalanan.
  • Berlama-lama dikamar mandi. Janganlah anda berlama-lama dikamar mandi karena akan terlihat lebih tua dari usia anda sebenarnya.
  • Duduk dipintu. Anda dilarang duduk tepat didepan pintu, karena dikhawatirkan ada makhluk lewat yang melewati pintu tersebut dan anda akan jatuh sakit (kesambet).
  • Gadis keramas dihari Sabtu. Jika anda seorang gadis, janganlah anda keramas pada hari Sabtu, karena berakibat anda akan mempunyai suami penyiksa
  • Kebiasaan bersedih pada waktu hamil. Janganlah selalu bersedih pada waktu hamil, karena kelak akan mendapatkan anak yang cengeng.
  • Kebiasaan duduk di tengah pintu waktu turun hujan lebat. Janganlah anda duduk ditengah pintu waktu turun hujan lebat karena suatu ketika anda dapat tersambar petir (yang sebenarnya petir tersebut, konon, mengincar setan).
  • Kebiasaan mengetuk ujung rokok yang akan disulut kebenda keras. Janganlah melakukan Kebiasaan mengetuk ujung rokok yang akan disulut kebenda keras, karena kelak akan selalu mengalami kekecewaan karena gagal dalam karir dan rumah tangga.
  • Kebiasaan menggigit bibir bagian bawah. Janganlah anda selalu menggigit bibir bagian bawah, karena kelak anda akan bernasib buruk dan rezeki seret.
  • Kebiasaan menggigit bibir bagian atas. Janganlah menggigit bibir bagian atas karena akan selalu banyak hutang dalam hidup
  • Kebiasaan menggigit kuku. Janganlah sering menggigit kuku, karena akan mengundang nasib buruk dan pembawaan sering gugup juga akan menderita batin.
  • Kebiasaan memutir rambut. Janganlah anda memutir-mutir rambut karena kelak anda akan menjadi bahan gunjingan orang dan menjadi korban fitnah.
  • Kebiasaan pura-pura menangis. Janganlah berpura-pura menangis karena akan berakibat orang tua akan menerima musibah.
  • Kebiasaan bersiul diwaktu malam. Janganlah anda selalu bersiul diwaktu karena disaat anda tidur dimalam itu dan akan mendengar siulan yang berasal dari luar kamar anda itu adalah ulah dari makhluk halus yang merasa terganggu dengan siulan anda dan membalasnya.
  • Kebiasaan bersiul di dalam rumah. Janganlah anda selalu bersiul di dalam rumah, karena akan mengundang makhluk halus yang akan berbuat jahat.
  • Kebiasaan memberi saputangan kepada kekasih. Janganlah mempunyai kebiasaan memberi saputangan kepada kekasih karena kan berakibat perpisahan tiada sebab.
  • Kebiasaan membuang nasi sisa makan, karena kenyang. Janganlah selalu membuang nasi sisa makan, karena kenyang bermakna kelak selama satu tahun akan mengalami bentrokan keluarga yang beruntun.
  • Kebiasaan makan pakai mangkuk. Janganlah anda selalu suka makan pakai mangkuk, karena akan sering ditinggal pergi saudara.
  • Kebiasaan mengusap muka/wajah dengan baju. Janganlah selalu mengusap muka/wajah dengan baju karena akan selalu dibenci orang dan susah rezeki.
  • Kebiasaan memakai baju sambil berjalan. Janganlah suka, sering memakai baju sambil berjalan, karena akan berakibat cita-cita tidak akan terlaksana.
  • Kebiasaan bernyanyi atau besiul pada waktu sedang makan. Janganlah anda selalu bersiul bila sendang makan karena anda akan mengalami kegagalan dalam usaha.
  • Kebiasaan memukul anak wanita pada pantat (bokong). Janganlah anda selalu memukul anak wanita pada pantat (bokong), karena kelak anak tersebut akan menjadi hyper sex, dan bila sudah berumah tangga akan selalu ribut dengan suaminya.
  • Kebiasaan mencabuti bulu alis mata. Janganlah suka mecabuti alis mata (khususnya wanita) karena akan menyebabkan ketidak nyamanan pada saat berhubungan intim.
  • Kebiasaan memeluk kepala dengan kedua tangan. Janganlah anda melakukan kebiasaan memeluk kepala dengan kedua tangan karena akan menjadikan diri anda kehilangan akal dan pikiran menjadi buntu, meneketehe dan dungu.
  • Kebiasaan memeluk lutut sambil berjongkok. Janganlah terbiasa memeluk lutut sambil berjongkok, karena akan berakibat selalu meneketehe pada saat menghadapi masalah dan putus asa.
  • Memotong Kuku menurut hari. Janganlah memotong kuku pada hari Minggu, karena akan mendapat bencana, demikian juga pada hari Senin, karena akan ada orang yang dengki atau irihati, selain itu hari Sabtu juga termasuk hari yang kurang baik untuk memotong kuku karena akan mendatangkan halangan atau rintangan bagi anda. Disarankan untuk memotong kuku pada hari Selasa karena akan disukai orang banyak. Hari Rabu juga termasuk hari baik karena akan membawa keselamatan dan perlindungan dari Tuhan. Hari baik yang disarankan adalah hari Kamis anda akan mendapat rezeki. Terakhir hari yang disarankan membawa kebaikan adalah hari Jum’at karena akan membuat anda disukai dan dicintai orang.
  • Mengangkat kaki. saat bertiduran (tengkurap)/mengangkat kaki keatas keduanya atau satu saja, bertanda bahwa anda menginginkan menginginkan sesuatu yang buruk terjadi pada ibu anda.
  • Membuka payung. Anda dilarang membuka payung di dalam rumah, karena akan terjadi sesuatu yang buruk dikeluarga anda.
  • Menggunting kuku malam hari. Janganlah anda menggunting kuku pada mari, karena akan membuat usia anda lebih singkat.
  • Menyapu di malam hari. Janganlah anda menyapu dimalam hari karena akan sulit untuk mencari rezeki.
  • Menjahit kancing baju ketika baju masih dipakai. Janganlah menjahit kancing baju ketika ketika baju masih dipakai karena akan menderita penyakit yang parah dan selalu gagal dalam usaha selama 1 bulan.
  • Menyisir rambut sambil berjalan. Janganlah adan menyisir rambut sambil berjalan, karena anda akan mendapat malu di depan umum.
  • Mandi disiang hari bolong. Janganlah mandi disiang hari bolong, karena berakibat anda akan cepat tua.
  • Makan nasi menggunakan piring kecil. Janganlah anda Makan nasi menggunakan piring kecil, karena akan berakibat selama hidup akan tersisih dari keluarga.
  • Makan disudut meja. Janganlah anda makan disudut meja, karena akan berakibat kelak anda akan dimusuhi mertua dan malam pertamanya akan hancur.
  • Makan otak binatang. Janganlah anda memakan otak binatang khususnya untuk anak kecil, karena akan menimbulkan uban sebelum waktunya.
  • Makan didepan pintu. Janganlah anda makan didepan pintu, kelak akan berakibat sulit mendapat jodoh.
  • Makan telur ikan terlalu banyak. Janganlah makan terlalu banyak telur ikan khususnya untuk anak kecil, karena kelak akan berakibat terjangkit penyakit cacar yang membuat muka bopeng.
  • Mengeluarkan suara ketika makan. Janganlah anda mengeluarkan suara ketika sedang makan, karena akan berakibat menjadi bahan gunjingan orang lain.
  • Anjing peliharaan melong-long (berteriak panjang bukan menggong-gong) tengah malam. Bertanda bahwa ada keluarga anda yang telah meninggal dunia sedang mengunjungi anda.
  • Anjing peliharaan melong-long lewat tengah malam. Bertanda bahwa ada setan gentayangan yang sedang berkeliaran disekitar rumah anda.
  • Anjing peliharaan bersuara perlahan sambil kepala menunduk dan bulu-bulunya berdiri dimalam hari
    Bertanda bahwa di dalam rumah anda sedang berkeliaran arwah orang tua pemilik rumah atau arwah majikan anjing tersebut.
  • Bayi dihinggapi kupu-kupu pada malam Jumat Kliwon. Bertanda bahwa arwah kakek sang bayi sedang mengunjungi.

Entahlah, apakah hal tersebut masih berlaku sampai saat ini. Apakah kalian pernah mendengar salah satu mitor yang ada diatas? Kalau memang belum pernah, boleh ditambahkan di kolom komentar, ya. Siapa tahu ada yang masih menganut beberapa mitosnya!

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


10 comments on “Ini Dia Beberapa Mitos Orang Tua Zaman Dulu yang Pernah Kalian Dengar!

  1. Kalau saya yang rada was – was dari mitos orang tua dulu itu soal cicak jatuh berarti ada sodara yang mau meninggal itu . mau ga percaya tapi malah jadi pikiran wkwkwkwkw

     
  2. Wuiiiii kok banyak banget yaa.. Hahaha.. Beberapa mungkin ada yang bener kalau ditarik ke logisnya. Misal bersin itu.. Nunggu bentar, karna kalau bersin2 terus jangan2 sakit & butuh istirahat, jadi enggak konsen nyetir, trus kecelakaan.

    Kalo mitos yg pernah kudenger. Tiap lewat jembatan, jangan lupa klakson. Permisi sama “yang punya” jalan. Naa.. kalo yg ini aku belum tau logisnya dimana. :D

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *