Cara Berbagi Akun Google Analytics

Buat Kamu, Begini Lho Cara Berbagi Akun Google Analytics

Cara Berbagi Akun Google Analytics

Siapa sih diantara kalian yang belum kenal dengan google analytics? Sepertinya hampir semua dari kalian yang membaca atau memiliki blog, pasti sudah tahu apa itu google analytics. Lantas, sudah paham bagaimana cara membacanya? Sepertinya, untuk hal dasar gue yakin kalian semua sudah bisa kok. Bisa kan?

Selain google analytics, gue juga kayanya pernah menulis tentang pemasangan kode UTM google analytics untuk kebutuhan berbagi didunia maya atau media sosial. Terus, apa sih gunanya? Ya untuk melihat seberapa banyak pengunjung yang datang ke blog kita, darimana asalnya, mana artikel yang paling banyak dibaca dll.

Lantas, pernahkan kalian diminta untuk memberikan screenshot google analytics ketika menjalankan sebuah kampanye iklan? Pasti pernah dan cukup sering dari orang yang sama alias itu-itu saja bukan? Bagaimana caranya agar tidak selalu dimintakan? Caranya dengan berbagi akun dengan orang tersebut.

Sebenarnya ketika kalian membuat akun google analytics kalian bisa melakukan sharing atau berbagi dengan pengguna lainnya agar kalian tidak terlalu direpotkan dengan hal yang gue sebutkan. Bagaimana caranya?

Cara

  • Masuk kedalam akun google analytics, kemudian pada halaman Home kalian akan melihat beberapa pilihan seperti home, reporting, costumization, admin.
  • Klik pada bagian admin, akan muncul halaman seperti dibawah ini.

Sharing google analytics

  • Lantas, pada bagian property kalian pilih akun mana yang akan kalian bagikan kepada orang lain,
  • Pilih bagian user mangement untuk berbagi kepada orang lain, dan akan terlihat seperti gambar berikut ini.

Berbagi akun analytics

  • Masukan alamat email orang yang akan kita bagi akun google analytics kita,
  • Pilih pengaturan seperti apa yang akan kita berikan kepada orang tersebut pada bagian sebelah kanannya. Ada 4 pilihan (kalau di akun gue), diantaranya manage users, edit, collaboration dan read & analyze. Keempat pengaturan tersebut berbeda kegunaan, biasanya saya hanya memberikan izin read & analyze untuk orang lain.
  • Klik pada bagian add, dan
  • Selesai.

Mudahkan? Jadi, ketika kalian mendapatkan kampanye iklan dalam bentuk job review atau apapaun itu namanya yang pasti dibayar, kalian tidak disibukan dengan harus memberikan screenshot analytics dari tulisan yang sudah kalian buatkan. Gimana? Ada yang baru tahu? Belum pernah dengar gimana cara berbagi akun google analytics seperti ini?

Semoga kalian bisa mengikutinya dan ada manfaat untuk kalian semua yang membacanya, ya. Jangan lupa kalau ada yang mau tanya masalah google analytics, silahkan taruh dikolom komentar saja. Kalau emang menurut kalian bermanfaat, ya silahkan dibagikan ke teman-teman kalian minimal di facebook lah gitu. Oke? 

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


12 comments on “Buat Kamu, Begini Lho Cara Berbagi Akun Google Analytics

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *