Cara Mengatur Gaji Bulanan

Ini Cara Mengatur Gaji Bulanan Gue, Kalian Gimana?

Cara Mengatur Gaji Bulanan

Hayo, siapa yang masih suka bingung gimana cara mengatur gaji bulanan yang berasa banget kalau salah ngatur, bisa-bisa teriak dalam hati “wah, akhir bulan. Gajian masih lama lagi!” ?? Banyak kok diantara teman-teman atau siapapun yang ada dilingkungan gue, selalu berkata demikian. Dulu kalapun gue juga begitu, sampai akhirnya gue menemukan cara sendiri untuk mengatur gaji bulanan gue, tanpa harus menyiksa diri gue sendiri.

Dulu, gue pernah bahas di twitter dan akhirnya gue coba bagikan menjadi tulisan di blog sederhana ini gimana caranya mengatur keuangan sendiri. Tapi, belakangan ini gue kok malah melihat banyak yang mengeluhkan bahwa gaji bulanan kok terasa ga cukup, ya? Mau tahu, gimana cara gue mengatur semuanya sehingga “tanggal tua” tetap menjadi “tanggal muda”?

Setiap orang pasti punya permasalahan mengenai hal ini, solusi yang pertama dari gue adalah coba banyak buka rekening tabungan“Kok gitu, bukannya malah bakalan lebih boros ya?” atau “buat apaan sih rekening banyak-banyak, yang kepake juga cuma 1 kok!”

Mengatur Keuangan Bulanan

Source: personalfinance.kontan.co.id

Nah, dari pertanyaan diatas sebenarnya sudah terjawab sendiri. Rekening yang paling sering kita gunakan hanya 1, kalau kita buka banyak rekening sekaligus tentu kalian punya teman untuk menabung tanpa harus takut uang tersebut terpakai. Nah, selain itu kalian bisa memanfaatkan promo yang diberikan dari bank penerbit. Biasanya, promo bunga bank deposito atau apapun itu untuk tabungan kalian.

Memisahkan Gaji Bulanan

Source: arrahman.Id

Solusi kedua dari gue adalah pisahkan terlebih dahulu sebagian gaji kalian untuk pengeluaran rutin setiap bulan. Misalnya, pembayaran kartu kredit, cicilan rumah / barang lain, bahkan sisihkan juga pengeluaran untuk pembelian pulsa isi ulang provide kalian (jika menggunakan pulsa isi ulang).

Setelah semua terisihkan, barulah terlihat berapa banyak biaya yang akan kalian gunakan selama 1 bulan penuh dan darisana kalian bisa berhemat agar “tanggal tua” tetap terasa “tanggal muda”. Setuju? Kalau kurang setuju atau ga setuju, mending tulis dikomentar alasannya apa, okee? 

Mengatur Keuangan Kartu Kredit

Source: mykartukredit.com

Selanjutnya, ini yang paling penting buat gue sendiri dan mungkin buat kalian yang memiliki kartu kredit. Bijaklah kalian ketika menggunakan kartu kredi. Kenapa? Sebenarnya, kartu kredit juga bisa ngebantu kalian buat ngelola keuangan kalian.

Lantas, bijak itu seperti apa sih? Nih contohnya coba pakai kartu kredit kalian untuk menggunakan promo yang diberikan untuk membeli barang-barang yang memang kalian butuhkan, ingat BUTUHKAN ya bukan INGINKAN karena itu berbeda.

Investasi Keuangan

Source: bisnis.liputan6.com

Yang terakhir, serius ini terkahir banget gue kasih tau buat kalian yaitu coba sisihkan gaji bulanan kalian untuk sedikit berinvestasi. Misalnya nih, asuransi, reksa dana, atau syukur-syukur cukup untuk membeli emas ataupun perhiasan dengan nilai jual tinggi.

Kenapa gue bilang gitu? Ingat, harga emas atau barang yang memiliki nilai jual tinggi itu bisa sangat berharga untuk kalian dikemudian hari. Memang, bukan sekarang tapi kita ga tahu loh takdir kita kedepannya seperti apa. Ada yang bisa nebak? Haha..

Kalau kalian masih bilang “wah, Terren mah ga ada istilah tanggal tua nih!” itu berarti gue sudah melakukan hal diatas dari mulai beberapa tahun lalu sebelum menjadi sekarang. Jadi, apa yang gue tulis disini ya semuanya berdasarkan pengalaman gue. Ingat, pengalaman atau cara orang itu berbeda. Kalau kalian, gimana cara mengatur gaji bulanan kalian? Tulis dikolom komentar, ya!

KASIH RATE YUK!

About aLdyputRa

Aldy Terren Putra, seorang pria yang dilahirkan dengan selamat di Jakarta beberapa tahun silam. Kadang nulis blog ini, kadang juga upload video di aldyputra.net/youtube

4 5
Oleh


4 comments on “Ini Cara Mengatur Gaji Bulanan Gue, Kalian Gimana?

  1. Aku biasanya langsung masukin gaji ke pos-pos yg sudah kusiapkan, termasuk untuk investasi, tabungan dan pengeluaran gak terduga. Lumayan Kak, cita-cita ke depan mau beli planet sih soalnya *kibas poni

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *