Pindah Rumah (Hosting) ke Indonesia, Yeay!


ZA Campaign

Hosting Indonesia

Kalian udah ngerasa lebih cepat belum sih ketika buka blog sederhana ini? Kalau sudah, akhirnya gue bisa sedikit memberikan kemudahan untuk kalian dengan memindahkan hosting blog ini ke hosting Indonesia. Ya, memang sih sempat ragu untuk pindahan karena beberapa hal.. Apalagi ketika melihat bagian harga untuk hosting Indonesia itu sendiri.

Yarp, awalya blog sederhana ini rumahnya ada di Amerika sana karena memang beberapa tahun terakhir gabung dengan hosting yang dikelola oleh teman sendiri. Terus, kenapa akhirnya gue memilih untuk pindah rumah ke hosting Indonesia? Oke, gue bakalan jelasin kenapa gue pindahan.

Semua karena google page speed, gtmetrix & pingdom.

Iya, bener. Semua yang terjadi di blog gue ini karena gue lagi iseng aja buat ngurusin page speed. Jadi, isenglah gue buka halaman google page speed insight dan coba buat melakukan tes disana. Hasilnya? Berantakan, buruk, hancur lebur. Mobile & desktop score berantakan, ga ada yang beres. 

Perlahan tapi pasti, gue coba benerin mulai dari pemasangan gzip compressions, image optimize, dll sesuai dengan anjuran alat tersebut. Tapi, kenaikan angkanya tidak begitu signifikan. Paling hanya bertambha 3 sampai 4 poin saja untuk masing-masing.

Tetapi, kenapa bagian yang berwarna merah adalah server response time ya? Isenglah gue cek, dan bener aja dong dengan rumahan diluar sana hasil ping-nya cukup besar dan terasa lambat. Darisanalah gue memutuskan untuk oke gue pindah rumah ke hosting Indonesia.

Lantas, masalah selesai sampai sana? Belum, gue masih harus berpikir dimana tempat yang cocok untuk gue singgahi sebagai rumah gue di Indonesia? Banyak pilihan penyedia jasa, dan beberapa saya kenal pemiliknya. Mencoba untuk PDKT, dari 1 ke yang lain dan hasilnya gue memutuskan untuk pindahan ke teman yang berada di Yogya sajalah, mas Dion.

Ya, mas Dion itu pemilik dari Joglo IT Center. Tapi, ga secepat itu gue langsung memutuskan sih ada banyak hal yang gue coba utak-atik dulu. Bahkan, sang pimilik juga sempet gue utak-atik sih (maaf ya mas Dion). Kesan yang gue dapat adalah beliau ini emang mau bantuin gue buat pindahan dengan respon yang cukup, sangat cukup malah untuk menanggapi semua pertanyaan gue. Selain itu, asli ini kang mas satu ini tiap di chat nyaut mulu bingung saya 🙂

Dari beberapa penilaian saya, yasudahlah gue pindahan kesana. Tapi, masalah baru muncul ketika gue mulai lihat beberapa paket harganya. Astaga, ini mah mengerikan buat spek yang gue butuh. Harga pertahunnya itu, lho. Hmm.. Yasudahlah, karena memang butuh mau ga mau nanya paketnya via chat karena paketnya masih kurang sreg dengan kapasitas yang diberikan.

Udah selesai, udah order, dan tau-tau ada kabar bahagia dikasih sama beliau. Apa itu? Adalah ga usah tahu, pokoknya gue bahagia aja. Udah, ga pake mikir langsung bayar, serahin akses, dan maaf ya mas sekali lagi merepotkan harus lembur sampai malam, maaf ya 🙁 (aku melihat status pusingmu lho mas:)

Sampai sekarang, semua lancar jaya aman terkendali. Ga rugi sih, bahkan gue yang ga ngerti cloudflare langsung disaranin dan mau bantuin gue buat pasangin di blog sederhana ini. So, ada perubahan yang kalian rasain ga sama blog gue? Beberapa sih bilang aman jaya dan lebih cepat, menurut kamu gimana performanya?

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


4 comments on “Pindah Rumah (Hosting) ke Indonesia, Yeay!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *