Komitmen, Konsisten dan Konsekuen

Komitmen, Konsisten, dan Konsekuen!

Komitmen, Konsisten dan Konsekuen

Source: ini-ghozi.com

Iya, gambar diatas gue ambil dari salah satu blog yang gue temukan di google kok tuh udah ada referensi gambarnya dari mana. Karena gambar diatas nulis tentang komitmen dan konsisten, ya udahlah gue mau bahas itu dulu dan gue tambah 1 lagi deh tentang konsekuen biar lengkap jadinnya, 3K.

Komitmen, Konsisten, dan Konsekuen, rangkaian kata yang sering kita dengar atau jangan-jangan mungkin sering banget kita bicarakan. Setuju? Nah, udah tahu bedanya dari ketiga kata diatas? Sebenarnya, perbedaan dari kata yang ada diatas itu ga beda jauh sih, cuma kadang ada aja yang bingung ngebedain satu sama lain.

Well, mari kita bahas dulu semua makna dari ketika kata diatas ya dan tentunya gue ambil dari kamus besar bahasa Indonesia.

Komitmen

Nah, kalau menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) ini berarti sebuah perjanjian atau keterikatan untuk melakukan sesuatu. Jadi, ketika kalian punya sebuah perjanjian atau apapun itu namanya berarti kalian sudah memiliki sebuah komitmen dan ini sepertinya mau tidak mau harus kalian jalankan. Iya, kan?

Contohnya gini, misalnya gue mau ngelanjutin kuliah S2 gue di universitas luar negeri. Terus, mau ga mau ya gue harus punya tindakan untuk mencapai itu. Misalnya, cari informasi tentang universitas tersebut. Selain itu, pasti gue nyiapin keperluan apa aja yang mau gue bawa, iya dong! Nah, kedua langkah diatas itu pasti gue ambil karena mau gue pake buat menopang pilihan tindakan gue, yaitu Melanjutkan uliah. Tindakan itu adalah sebuah KOMITMEN.

Konsisten

Yarp, menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) ini berarti tetap (tidak berubah-ubah). Jadi kalau gue jabarin lagi nih, konsisten itu berarti sifat yang selalu memegang teguh pada prinsip yang telah di canangkan dalam diri seseorang.

Konsekuen

Kalau arti yang ini menurut KBBI, sesuai dengan apa yg telah dikatakan atau diperbuat. Jadi, kalau gitu konsekuen merupkan tindakan atau ucapan yang dilakukan sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

Udah paham kan ya? Kalau belum paham, kebangetan sih karena udah gue jelasin juga itu semuanya secara detail. Ya emang, terkadang ketiga kata diatas (konsisten, komitmen dan konsekuen) gampang banget buat kita ucap, dan ketiga perbuatan diatas sangat sulit untuk dipahami dan dilaksanakan. Karena sikap/perbuatan itu menyangkut prinsip hidup seseorang.

Oia, ada yang setuju sama pengertian diatas? Kalau ga setuju, boleh komentar dibawah ya. Siapa tahu kalian punya contoh atau ada yang mau ditanyain, silahkan. Tapi, jangan tanya gampang atau ga ya untuk ngelakuin 3 kata diatas. Jawabannya, tergantung dari diri kita sendiri. Selamat berbahagia kawan :)

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *