Sunday Morning Ride (SunMoRi), Be Safety!

Sunday Morning Ride

Sunday morning ride atau lebih dikenal SunMoRi dikalangan para biker, pasti kalian pernah dengar dengan sebutan itu dong? Gue sih yakin, hampir dari kalian yang punya teman atau bahkan masuk kedalam sebuah komunitas motor atau hanya sebatas melihat di youtube pernah tahu dan dengar istilah sunmori ini.

Belakangan ini kegiatan berkendara dihari Minggu atau Sabtu pagi bagi kalangan pengendara roda dua sedang naik daun, bahkan banyak yang membicarakannya baik didalam komunitas, klub motor atau bahkan diantara teman kalian itu sendiri.

Pernah ingat dengan kejadian lakalantas tahun lalu yang melibatkan pengendara motor dan mobil didaerah Lembang? Pasti pernah tahu lah, orang beritanya cukup ramai di media sosial. Bahkan, kalau ga salah sampai masuk siaran berita televisi kok.

Sebenarnya Apa Sunday Morning Ride Itu?

Kalau kita lihat dari kepanjangannya, sunday morning ride artinya sebagai hari di mana para riders bisa keluar membawa motor kesayangannya untuk jalan-jalan di hari Minggu. Sedangkan satmori adalah menikmati udara pagi atau jalan-jalan di hari Sabtu.

Lalu kenapa sunmori atau sunday morning ride harus di hari akhir pekan dan bukan setiap hari? Hal ini dikarenakan kondisi jalanan pada umumnya di Indonesia (terutama kota-kota besar seperti Jakarta) lebih sepi dari kumpulan mobil dan motor yang berlalu lalang. Riding pun pasti lebih nyaman dan seru jika tidak terjebak di kemacetan bukan?

Namun, saat ini (menurut gue pribadi) banyak yang salah mengartikan dari kegiatan ini. Padahal seharusnya, kegiatan ini bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan penat setelah 5 hari bekerja dan menikmati udara pagi hari diatas motor kesayangannya.

Saat berkendara dihari Sabtu (Satmori) atau Minggu (Sunmori) inilah biasanya para pengendara menikmati hari bersama teman dengan berkendara bersama teman atau kerabat lainnya yang memang memiliki kesamaan hobi, yaitu otomotif.

Sebagai pengendara motor, guepun pernah kok bikin konten video youtube seperti para motovlogger itu. Tapi, ya yang gue bahas masalah sulap, bukan masalah otomotif seperti biasanya. Ga percaya? Mending lihat video gue ini deh.

Udah, ga usah ketipu sama intro (bumper) yang gue buat. Orang motor gue cuma Honda Revo kok, ga mungkin suaranya bisa begitu tanpa gue edit dulu videonya. Lantas, itu kapan gue buat? Hari Sabtu? Minggu? Haha.. Gue lupa kapan, yang pasti gue tiap hari juga melakukan morning ride kok (baca: berangkat kantor).

Tapi, seperti akhir-akhir ini seiring perkembangan para pembuat konten bertema motovlog kegiatan ini sepertinya menjadi salah kaprah. Cukup banyak para “pembuat konten motovlog” baru ini menggunakan kegiatan ini untuk speeding, cornering, atau lain sejenisnya. Bahkan, ga sedikit juga lho yang mengalami kecelakaan karena hal tersebut.

Kalau kita lihat dari sisi berlalu lintas, jalan umum itu meskipun terlihat sepi tapi sebenarnya tidak sepi lho. Maksud gue, emang sih jalanan itu kosong dan tidak banyak pengendara lain yang keluar rumah dipagi hari. Tetapi, cukup banyak juga yang berolahraga di hari itu dan mungkin bisa saja para pejalan kaki menyebrang tidak pada tempatnya.

Lalu, bayangkan ketika kalian sedang melakukan speeding atau cornering lantas ada orang yang menyebrang? Jawabannya, panic breaking! Apa yang terjadi kemudian? Kecelakaan, iya kalau tidak melibatkan orang lain., kalau sampai melukai dan merugikan yang lain? Siapa yang mau bertanggung jawab? Pasti kalian, jangan menyalahkan orang lain.

Bolehkah Melakukan Sunmori atau Satmori?

Ya tetep boleh, bro. Alangkah baiknya menggunakan perlengkapan sesuai dengan standar keamanan berkendara. Kalaupun kalian ingin membuat konten motovlog ya ada baiknya menunjukan sisi positif saat kalian berkendara, memberikan contoh yang baik untuk yang melihat video yang kalian buat nantinya.

Ingat, jangan sampai hanya karena rasa egois kalian bisa merusak kesenangan orang lain pada hari itu. Jalan umum, bukanlah jalan yang hanya diperuntukan untuk orang-orang yang ingin melakukan kegiatan ini. Hargai para pengendara lain, pejalan kaki dan semua yang ada disekitar kalian.

Pesan gue untuk kalian yang ingin melakukan Satmori atau Sunmori (sunday morning ride) adalah tetap memberikan efek positif bagi sekitar kalian, harga hak orang lain dan jangan lupa Be Safety Riders, guys!