Plugin Wordpress

Baru Install WordPress? Ini Plugin yang Langsung gue Install. Kalian?

Plugin WordPress

Setelah kemarin gue tulis artikel mengenai pengalaman pertama membuat blog, sekarang gue mau berbagi untuk kalian apa aja sih plugin yang gue install saat pertama kali memasang wordpress sebagai CMS blog gue! Mau tahu? Silahkan dibaca sampai selesai artikel sederhana ini, ya!

Dari beberapa kali percobaan membuat blog baru, sepertinya gue lebih nyaman menggunakan CMS wordpress sebagai pilihan pertama. Oia, sebelum bahas plugin yang gue install di beberapa blog yang gue kelola yuk kenalan dulu apa itu CMS?

CMS (Content Management System) adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengelola dan memfasilitasi proses pembuatan, pembaharuan, dan publikasi content secara bersama (collaborative content management).

Jadi, udah tahukan apa itu CMS? Semoga ga ada yang bingung lagi ketika artikel ini banyak memberikan tulisan mengenai CMS itu sendiri.

Installasi Plugin WordPress

Yoast SEO

Plugin ini mengandung banyak fitur yang umumnya hadir dalam satu plugin untuk setiap fiturnya. Karena banyak fitur yang bisa kita gunakan dengannya, maka kalian sepertinya harus menggunakan plugin yang satu ini. Lantas, bagaimana cara setting plugin yoast SEO ini? Kalian bisa mencarinya lebih lengkap di mesin pencari kesayangan kalian.

Untuk dasarnya,

Pertama, kalian tentukan tujuan tulisan. Sebuah artikel yang baik itu selalu punya tujuan yang jelas, kamu harus tahu sebenarnya apa yang ingin kamu sampaikan kepada pembaca blog kamu. Sehingga nulis tidak alakadarnya dan hanya menambah banyak saja tulisan tak berguna di internet yang sudah begitu banyaknya.

Kedua, Mulai menulis artikel yang SEO friendly. Sesungguhnya, setelah menentukan kata kunci itu tadi, kalian sudah setengah jalan untuk menulis artikel yang SEO friendly. Karena setelah sebuah kata kunci kita tetapkan, WordPress SEO by Yoast ini akan selalu memantau perkembangan kita saat menyimpan artikel.

Ketiga, menulis SEO title dan meta description. Kita bisa membuat judul posting (Page Title) dan judul tulisan berbeda, mungkin ada yang belum tahu tentang hal ini. Judul posting adalah judul yang ada di atas jendela browser kita, kalau dilihat dalam source code halaman bisanya ada di tang <title>.

Jetpack

Jetpack adalah plugins wordpress yang di develop oleh tim Automattic, yang notabene juga merupakan pembesut WordPress itu sendiri. Jetpack sendiri berisi berbagai applikasi-applikasi yang sangat berguna bagi kita yang menggunakan wordpress.

Bagaimana pengaturannya? Kalian tinggal mengikuti saja instruksi yang ada dari dashboard plugin ini sesaat setelah kalian install kedalam blog yang kalian kelola. Jangan lupa, buat dahulu akun wordpress agar blog kalian bisa terintegrasi.

Akismet

Akismet adalah layanan blocking spam komentar yang dapat digunakan untuk WordPress serta Drupal dan Joomla. Akismet adalah layanan penyaringan spam komentar. Nama Akismet berasal dari Automattic dan Kismet. Auttomatic adalah perusahaan di balik Akismet, dan didirikan oleh Pendiri WordPress Matt Mullenweg. Akismet menangkap komentar blog dan pingback spam menggunakan algoritma mereka.

Algoritma ini belajar dari kesalahan dan dari tindakan yang diambil oleh situs web yang berpartisipasi. Sebagai contoh, ketika sejumlah situs mulai melaporkan berupa konten melihat sebagai spam, maka Akismet akan belajar untuk mengidentifikasi jenis konten sebagai SPAM di masa depan. Pada 2014 Akismet telah menangkap lebih dari 110 Miliar komentar spam.

Ketiga plugin tersebut adalah plugin dasar yang biasanya gue gunakan ketika pertama kali blog berdiri. Ada banyak manfaat dari plugin wordpress tersebut ketika pertama kali membangun sebuah blog atau website. Nah, apa plugin wordpress pertama yang kalian gunakan? Tulis dikolom komentar, ya!

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *