Pertama Ngeblog

Pertama Ngeblog? Ini Ilmu yang Gue pelajarin. Kalian?

Pertama Ngeblog

Source: www.theodysseyonline.com

Hayo, siapa yang tapi udah baca tulisan ini? Gue rasa sih udah ga ada lagi yang baru belajar ngeblog. Ada, mungkin ga sebanyak zaman dimana gue dulu. Oke, oke daripada kalian kepo karena judul tulisan yang gue kasih di artikel ini mending gue ceritain aja dulu apa yang gue alamin zaman dulu.Sekarang ini, gue sih ngerasa kalau dunia blog atau teman-teman blogger makin sering dan makin asyik buat nulis. Apapun yang kalian alami, jika menurut kalian itu seru untuk dibagikan pasti kalian tuliskan bukan? Iya, gue juga dulu kaya gitu kok tapi ga selalu sih.

Awalnya, kalau boleh jujur nih gue ngeblog pakai cara yang tidak halal. Kenapa? Ya karena gue beli domain, hosting dll menggunakan uang lain yang tidak diketahui oleh si pemiliknya alias gue colong. Hihi.. Mohon jangan ditiru, bahaya! :)

Sampai pada akhirnya, gue mendapatkan hidayah dari sang khalik (Aish ini apaan sih) untuk berbuat lebih baik dengan dunia ini. Mulailah gue membayar domain dan hosting sendiri untuk keperluan blog ini sampai sekarang. Asalkan kalian tahu, ini dulunya bukan aldyputra.net lho. Tapi namanya adalah jacketcyber.com hihih :)

Apa aja yang gue pelajar ketika memulai dengan hasil membelinya domain dan hosting tersebut? Well, ini dia!

Berceritalah, bukan menjabarkan!

Iya, hal yang pertama kali gue pelajari itu adalah bagaimana gue menulis artikel dengan gaya bahasa gue sendiri tetapi alurnya seperti orang yang sedang bercerita. Iya, susah karena gue ga biasa banget. Maklumlah, gue dulu mainan SEO (meskipun aliran gelap) jadi ya semua yang gue tulis adalah untuk dibaca mesin pencari bukan manusia.

Tapi, lambat laun ya gue mencoba untuk menggabungkannya kedalam 1 artikel. Dibaca robot mesin pencari iya, dibaca manusia juga iya. Jadi, intinnya ya bercerita aja apa yang mau gue ceritain dan itu berlaku sampai gue sekarang. Kalau kata anak sekarang mah, namanya curhat di blog :)

Jangan serakah, pegang etikamu!

Nah, ini nih yang dulu gue diajarin sama salah seorang teman yang sudah lebih dahulu didunia ini. Jangan serakah disini maksudnya adalah ketika kalian merasa sudah cukup dengan apa yang kalian dapatkan, misalnya paid post, google adsense, dan pemasukan lainnya ya sudah jangan dipaksakan dan harus tetap memiliki etika.

Lho, etika disini gimana? Zaman dulu gue sering banget dapat tawaran untuk mengerjakan paid post. Mulai dari brand biasa, sampai yang cukup “luar biasa” pernah gue dapat kok. Tapi, kembali ke pesan sang senior dulu yaitu jangan serakah. Kalau sudah dapat Brand A ketika ada Brand B (kompetitor si A), sebisa mungkin tidak diterima. Jikapun ingin diterima, ada baiknya diberi jeda selama 3 bulan atau lebih.

Sampai sekarang, pedoman ini masih gue pegang. Hasilnya apa? Ya biarin aja sepi paid post, setidaknya ya gue ada etika tersendiri lah. *Idealisme gue mulai keluar disini* :))

Tidak membandingkan, tetapi beri masukan!

Kalau ini, gue pernah diomelin karena membandingkan produk A dengan produk B. Alhasil, gue diocehin dah tuh. Ini balik lagi ke etika sih, dan peran kalian membatasi diri kalian aja ketika menulis (baik dibayar atau tidak). 

Sampai sekarang, ini masuk susah sih. Kadang gue masih suka keceplosan aja kalau mau nulis sesuatu, jadi ya maaf ya kalau ada beberapa yang keceplosan nulisnya. Semoga kalian yang sudah belajar dari sekarang, ga keceplosan kaya gue.

Berteman, bukan rekan kerja!

Kalau sudah masuk bagian ini, kayanya kalian udah paham sih harusnya bagaimana memperlakukan pembaca blog kalian. Dulu, gue diajarin kalau setiap ada komentar yang masuk atau apapun yang terjadi sama blog dan media sosial kalian, anggaplah mereka semua teman kalian dan perlakukan selayaknya teman kalian sendiri.

Lantas, bagimana dengan beberapap client yang memberikan pekerjaan paid post kepada kita? Iya, jadikanlah mereka temanmu bukan rekan kerjamu. Kenapa? Ya, mereka juga manusia kok bukan robot atau apapun. Cuma, bedanya mereka memberikan pekerjaan untuk kalian. Emang salah ya kalau mereka dijadikan teman? Menurut gue sih ga salah sama sekali, justru bahagia sih kalau gue. Entah kalau kalian, udah beda kali :)

Ah, sudahlah kalau bahas masalah ini gue rasa cukup untuk gue bagikan. Kenapa? Karena cuma itu yang penting menurut gue, kalau yang lain ya sudahlah gue anggap kalian lebih paham dan kompleks dapat ilmunya. Itu sih gue ketika pertama ngeblog, kalau kalian gimana? Tulis dikolom komentar, ya!

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


One comment on “Pertama Ngeblog? Ini Ilmu yang Gue pelajarin. Kalian?

  1. Pingback: Baru Install Wordpress? Ini Plugin yang Langsung gue Install. Kalian? - aLdy PutRa - Official Sites

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *