merubah username wordpress

Ini Dia 3 Cara Mudah Merubah Username WordPress Kamu!

Siapa diantara kalian yang pernah terpikir untuk atau kalian? Sejujurnya, beberapa kali sempat terlintas didalam kepala gue untuk melakukan hal itu, sampai akhirnya sebuah malapetaka datang dan mau tidak mau gue harus melakukan sebuah perubahan untuk blog sederhana ini.

Sebenarnya, artikel ini hanya ingin berbagi untuk kalian yang mungkin belum tahu langkah demi langkah untuk yang sedang kalian kelola saat ini. Ada beberapa cara dan kali ini gue akan kasih tahu 3 cara mudah untuk melakukan itu semua.

Melalui Admin Dashboard

Ini merupakan cara yang biasa gue pakai karenakemudahan dan kepraktisannya karena tidak perlu menggunakan plugin maupun utak-atik database. Untuk mengganti username WordPress dengan cara ini yang perlu kalian lakukan adalah :

  • Buat user baru dengan role status “Admin”di menu Users Add New.
  • Kemudian login dengan menggunakan detail user yang baru kalian buat.
  • Sesudah login, masuk ke menu Users All Users kemudian hapus user admin milik kalian yang sebelumnya.
  • Jangan lupa tambahkan seluruh posting dan komentar dari user lama ke user baru yang sudah kalian buat.

Dengan cara ini maka detail login adminkalian yang lama akan digantikan dengan yang baru dan hanya tetap satu administrator.

Melalui PHPMyadmin di Cpanel

Untuk cara merubahusername WordPress menggunakan cara ini sebaiknya kalian sendiri sudah memahami apa itu PHPMyadmin dan strukturnya agar tidak ada kesalahan saat melakukan perubahan karena ini adalah pusat database blog WordPress yang kalian kelola, dimana jika ada kesalahan yang terjadi pada database saat melakukan perubahan maka blog kalian akan mengalami error.

Berikut langkah-langkah untuk merubah username WordPress melalui PHPMyadmin :

Promo Genflix 7 Hari
  • Cek nama database blog WordPress yang akan kalian ganti usernamenya melalui file wp-config.php dengan mengaksesnya via FTP tool seperti FileZilla.
  • Dimana wrdp11 adalah nama database pada PHPMyadmin untuk blog yang akan kalian ubah usernamenya.
  • Login ke Cpanel hosting blog WordPress kalian dan pilih icon PHPMyadmin pada menu databases
  • Kemudian pilih database blog sesuai dengan namanya dan klik “Browse”pada tabel “wp-users”.
  • Kemudian klik “Edit”dan ganti username serta password yang lama dengan yang baru pada field “user_login”dan “user_pass”.

Merubah Username WordPress dengan PluginUsername Changer

  • Silakan login ke dashboard admin WordPress kalian masing-masing, kemudian silakan pilih menu Plugins> Add New.
  • Instal plugin Username Changer. Ketikkan “username changer”tanpa tanda petik pada kolom pencarian dan klik tombol Install Now.Setelah proses instalasi selesai, aktifkan plugin dengan menekan tombol Activate.
  • Setelah plugin aktif, silakan pilih menu Users > All Users dan klik Edit pada username yang ingin Anda ubah.
  • Silakan pilih username yang ingin diganti, kemudian pada baris Username silakan klik Change Username, dan silakan ganti dengan username baru yang kalian inginkan, jangan lupa klik tombol Save Username.
  • Dengan cara ini kalian telah berhasil mengubah username melalui dashboard WordPress. Setelahnya Anda akan diminta untuk login kembali ke dashboard admin area. Pada tahap ini, silakan login kembali menggunakan username baru.

Gimana? Mudah bukan untuk merubah username wordpress atau kalian? Kalau memang kalian sedang mencari artikel terkait ini, dan merasa terbantu dengan artikel ini boleh lho di bagikan ke teman-teman yang lain, atau kasihrate untuk artikel ini ya :)

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *