Saring Pengunjung Spam di Google Analytics

Saring Pengunjung Spam di Google Analytics Kamu Sekarang!

Pasti kalian sudah tahu tentanggoogle analytics untuk memantau aktifitas yang ada di website atau blog kalian bukan? Kalau memang kalian belum memasangnya, gue sih kasih saran nih buat kalian mending kalian pasang sekarang daripada telat. Apalagi telat 3 bulan, nanti ribet lho. *ini bahas apaan sih gue, lanjut deh*

Gimana caranya untuk melakukan instalasigoogle analytics kalian? Cukup mudah kok, kalianhanya perlu memasukkan kode dari tool tersebut ke website atau blog kalian. Pertanyaannya, apakah cuma sebata memasang saja sudah cukup? Tentu saja tidak. Karena setelahnya, kalian harus menerapkan pengukuran yang diperlukan agar bisa melacak dari mana saja pengunjung yang kalian dapatkan. Apakah dari pengguna sungguhan atau dari spam, bot dan sumber lain. So, artikel sekarang gue bakalan ngasih tahu kalian gimana caranya untuk Saring Pengunjung Spam di Google Analytics!

Saring Pengunjung Spam di Google Analytics

Ada banyak perayap mesin pencari, dimana mereka berfungsi untuk mengindeks situs sehingga para penggunanya bisa menemukannya. Walaupun pengunjung berasal dari perayap ini tidak akan merusak situs, tetapi akan merusak data Google Analitycs sewaktu mereka merayapi situs anda. Data seperti ini tidak ada gunanya karena itu perlu dikeluarkan dari laporan Google Analytics.

Google telah mempermudah anda untuk melakukannya, cukup ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Pada tab Admin pilih salah satu tampilan pada kolom ketiga.
  2. Klik Setelan Tampilan.
  3. Pada Pemfilteran Bot, beri ceklis Kecualikan semua klik dari bot dan spider yang dikenal
  4. Klik Simpan

Menyaring Data Pengunjung Internal

Selain spam, trafik internal merupakan salah satu penyebab utama dari kesalahan data. Trafik internal adalah trafik berasal dari kalian sendiri sewaktu mengakses situs. Untuk membuat filternya dari IP anda:

  1. Pilih Filter pada tab Admin
  2. Tambahkan Filter
  3. pada Jenis Filter klik Khusus
  4. Pastikan anda mengklik Kecualikan dan pilih Alamat IP
  5. Untuk mengetahui alamat IP komputer anda, silakan kunjungi situs Google dan dapatkan alamat IP anda.
  6. Setelah didapat alamat IP, pastekan ke kotak Pola Filter. Ingat, Filter Khusus harus menggunakan Regular Expression. Untuk itu, anda harus merenovasi sedikit IP tersebut. Misal, IP nya adalah 23.123.321.43, maka expressionnya harus menjadi 23\.123\.321\.43

Jika filternya telah aktif, maka sewaktu kalian mengunjungi situs kalian, alamat IP tidak akan terdeteksi. Tetapi jika masih terdeteksi, artinya kalian harus menunggu sekitar 24 jam untuk aktivasi. Nah, mulai sekarang yuk kitafilter atau saring data pengunjung yang masuk kegoogle analytics yang kita punya.

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *