Melacak Jejak Pengunjung Dengan Google Analytics

Google Analytics

Bagi sebagian pemilik blog tentu sudah memasang google analytics ini. Hal ini memungkinkan kalian para pemilik blog untuk mengetahui data-data dari para pengunjung blognya. Hal tersebut ditunjukan dengan adanya bermacam-macam widget seperti hit counter, site track meter, alat pendeteksi jumlah pengunjung, dll.

Buat kalian yang termasuk ke dalam golongan umat ini, ada sebuah layanan masyarakat dari Google, namanya Google Analytics. Bagi yang sering bergentayangan di dunia maya mungkin tahu apa itu, tapi bagi yang masih baru dalam dunia blogging pasti belum tahu bagaimana cara memasangnya.

Berbeda dengan hit counter. Hit Counter biasanya hanya menghitung jumlah pengunjung yang datang untuk mengunjungi blog kalian. Sedangkan apabila kalian memasang google analytics sendiri tidak hanya menghitung jumlah para pengunjung tapi juga data-data yang lainnya, misalnya:

  1. Berapa pengunjung yang datang tiap harinya
  2. Berapa lama mereka nognkrong di blog kamu
  3. Browser apa yang mereka gunakan
  4. Dengan cara apa mereka datang, misalnya naik angkot ato jalan kaki (maksudnya lewat search engine, lewat situs orang lain atao langsung datang mak pedunduk).
  5. Dari negara mana mereka datang
  6. Dari kota mana
  7. umurnya berapa
  8. Anaknya siapa
  9. Udah punya pacar apa belum
  10. Ortunya galak ga, dll

Google Analytics

Cara Memasang Google Analytics di Blog

Pengen gak tuh? kalo pengen daftar disini http://google.com/analytics, tapi syarat daftarnya sangat berat, yaitu kamu harus punya account di google. Berat banget kan Kalo udah daftar nanti kamu tinggal ngisi form yang disodorkan, tapi santai aja cara ngisinya gampang kok gak kayak di SPMB, diantaranya yaitu:

  • Isi alamat website atau blog kalian.
  • Setting “Time Zone” tapi harus beli coin dulu (emangnya time zone yang ada di mall2).
  • Trus setelah itu kamu nanti akan dikasih kode/script untuk dipasangkan di blog kalian masing-masing.
  • Copy kode/script tersebut.
  • Login ke blogger Klik Templat –>> Edit HTML. Paste kode/script yang udah dikopi kedalam tag HTML yaitu sebelum tag </body> jangan lupa disimpan.
  • Kembali lagi ke google.com/analytics,
  • Klik check status dulu (Dicek apakah kamu masih single atau doble).
  • Kalo sudah berhasil maka akan ada tandanya, kalo belum ya dicoba lagi.

Datanya baru akan muncul satu hari kemudian, jadi ini bukan seperti hit conter yang datanya akan langsung berubah tiap detik tapi data-data google.com/analytics ini akan muncul tiap berganti hari.

Bukan cuma itu, selain membaca pengunjung dan kebiasaan pengunjung di blog kalian, ternyata bisa juga untuk melakukan setup goals. Fungsinya apa sih? Silahkan dibaca artikel gue tentang itu ya. Karena yang ini hanya membahas google analytics biar kalian paham bagaimana cara memasangnya.


ARTIKEL MENARIK LAINNYA