10 Penyebab Komputer Menjadi Blue Screen Yang Perlu Kalian Ketahui!

Blue Screen

Untuk pengguna komputer yang yg mengalami komputernya menjadi blue screen dapat membuat panik sementara jika tidak mengetahui penyebabnya. Banyak yang tidak mengetahui mengapa komputernya menjadi blue screen. Untuk orang yang kurang mengerti mengenai blue screen ini dapat mencari pengertian dari blue screen pada situs-situs seperti wikipedia.

10 Penyebab Blue Screen Pada Komputer

Blue Screen

IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)

Ini merupakan biangnya biang kerok pada BsOD. Kenapa? Karena umumnya pada BsOD, pesan ini yang paling sering muncul. Pesan kesalahan ini disebabkan umumnya kerena ada ketidakcocokan driver yang terinstall di komputer. Dibawah ini sebab terjadinya hal ini:

  • Masalah driver yang bentrok atau tidak cocok.
  • Masalah Video Card, hal ini mencakup video card yang di overclock melebihi batas atau Anda baru berganti Video card dan Anda belum menguninstall driver Video card lama dari chipset berbeda.
  • Masalah Audio Card, meliputi kesalahan konfigurasi atau bug dalam driver sound card.

NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)

Pesan ini setidaknya sudah sedikit “nyambung” memberikan gambaran di mana kerusakan berada, yaitu ada di partisi atau filesystemnya tetapi bukan di harddisknya. Kita bisa melakukan pengecekan dengan memeriksa kabel SATA atau PATA atau bisa mengecek partisi dengan tool chkdsk.

UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)

Hal ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya

  • Overclock Hardware yang berlebihan. Untuk lebih jelas, kalian bisa baca pengertian overclock terlebih dahulu.
  • Overheating atau beberapa komponen komputer yang terlalu pasan.
  • File BIOS corrupt.
  • Kerusakan pada memori atau CPU yang kalian gunakan.

DATA_BUS_ERROR

Pesan ini disebabkan karena adanya kemungkinan bahwa memory atau slot memory di motherboard rusak.

PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA

Disebabkan karena adanya kerusakan hardware, termasuk memory utama, memory video card, atau memory di processor (L2 Cache).

INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE

Disebabkan karena adanya kesalahan dalam konfigurasi jumper harddisk yang salah, virus boot sector, driver IDE controller yang salah, atau kesalahan driver chipset.

VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE

Kesalahan terjadi pada instalasi driver video card yang kurang sempurna, restart pada saat instalasi atau juga dapat terjadi karena kesalahan dalam instalasi driver.

BAD_POOL_CALLER

Kesalahan ini dapat terjadi karena kesalahan atau driver yang tidak kompatibel. Sering terjadi saat melakukan instalasi XP dari upgrade, atau bukan dari instalasi baru.

PEN_LIST_CORRUPT

Pesan ini disebabkan karena adanya kerusakan RAM.

MACHINE_CHECK_EXCEPTION

Disebabkan oleh cacatnya CPU, atau yang di overclock secara agresif, serta power supply yang kekurangan daya atau rusak. Itulah sepuluh pesan yang umumnya muncul di BsOD, semoga tulisan ini dapat membantu.

Mungkin dengan adanya artikel 10 Penyebab Komputer Menjadi Blue Screen ini dapat mengurangi sedikit kepanikan teman – teman ketika menghadapi komputer yang blue screen.

5 Replies to “10 Penyebab Komputer Menjadi Blue Screen Yang Perlu Kalian…”

  1. thx info nya tp d laptopQ gak ada di sepuluh itu…
    mohon di bantu…

    saya minta alamat email biar saya kirim foto blue screen ny thx

  2. Msk di tempat yg pas ni ky’y. Tp mas gmn kita bs tau y, soal pas bluescreen langsung me-restart jd g sempet lihat tulisannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *