aLdy PutRa

Blog informasi seputar Sulap, Magic & Magician, Games, Programming, Gadget, Smartphone, Tips dan Trik.


Asal Muasal Kopi Luwak


By on September 28th, 2011 in Info dan Berita

Asal Muasal Kopi Luwak – Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas mengenai sebuah minuman yang saya gemari.Kopi,ya saya sangat menyukai yang namanya minuman ini.Oleh karena itu,pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas mengenai  Asal Muasal Kopi Luwak.Teman – teman sudah mengetahui mengenai ?? Jika teman – teman belum mengetahuinya silahkan dibaca mengenai artikel saya berikut ini.

Asal Muasal ini  berkaitan erat dengan sejarah pembudidayaan tanaman kopi di Indonesia.Pada awal abad ke-18, Belanda membuka perkebunan Tanaman Komersial di koloninya di Hindia Belanda terutama di Pulau Jawa dan Sumatera.

Salah satunya adalah bibit kopi Arabika dan Robusta yang didatangkan dari Yaman.

Asal Mula

Pada era “Tanam Paksa” 1830—1870, Belanda melarang pekerja perkebunan pribumi memetik buah kopi untuk konsumsi pribadi, akan tetapi penduduk lokal ingin mencoba minuman kopi yang terkenal itu.

Kemudian pekerja perkebunan akhirnya menemukan bahwa ada sejenis musang yang gemar memakan buah kopi, tetapi hanya kelenjar manis daging buahnya saja yang tercerna, kulit email dan biji kopinya masih utuh dan tidak tercerna.

Biji kopi dalam kotoran luwak ini kemudian Dipunguti, Dicuci, Disangrai, Ditumbuk, Kemudian Diseduh dengan Air Panas, maka terciptalah Kopi Luwak.

Kabar mengenai kenikmatan Kopi Aromatik ini akhirnya tercium oleh Warga Belanda pemilik perkebunan, maka kemudian Kopi ini menjadi Kegemaran Orang Kaya Belanda, sebab kelangkaannya serta proses pembuatannya yang tidak lazim, Kopi Luwak pun menjadi kopi yang mahal sejak Zaman Kolonial.

Luwak, atau lengkapnya Musang Luwak, senang sekali mencari buah-buahan yang cukup baik dan masak termasuk buah kopi sebagai makanannya.

Baca Juga  Nomor Telepon Call Center Maskapai Penerbangan Indonesia

Luwak akan memilih buah kopi yang betul-betul masak sebagai makanannya, dan setelahnya, biji kopi yang dilindungi Kulit Keras Email dan tidak tercerna akan keluar bersama kotoran luwak.

Biji kopi seperti ini, pada masa lalu sering diburu para petani kopi, karena diyakini berasal dari biji kopi terbaik dan telah difermentasikan secara alami dalam perut luwak, rasa Kopi Luwak ini memang benar-benar berbeda dan spesial di kalangan para penggemar dan penikmat kopi.

Mungkin sekian dulu informasi sederhana saya ini mengenai Asal Muasal Kopi Luwak.Jika ada kesalahan dalam pemaparan saya ini,silahkan berkomentar pada artikel saya mengenai Asal Muasal Kopi Luwak.

One thought on “Asal Muasal Kopi Luwak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *