Beberapa Cara Meningkatkan Page View

Cara Meningkatkan Page View

Cara meningkatkan page view ada banyak sekali cara yang bisa digunakan. Bagaimana cara meningkatnya? Gue akan kasih tahu beberapa disini. Mengapa akhirnya gue buat artikel ini? Semua dikarenakan jumlah page views terlalu sedikit dan mencoba meningkatkan jumlahnya. Daripada gue simpan sendiri, lebih baik gue berikan untuk kalian juga.

Mengapa page view harus ditingkatkan? Itu dikarenakan agar para pembaca blog mengetahui ada apa saja yang terdapat dalam blog yang kalian kelola, tidak hanya sebatas membaca 1 atau 2 artikel saja. Padahal kalian ada puluhan, mungkin ratusan artikel yang bisa bermanfaat untuk orang lain. Sayang juga kalau tidak terbaca bukan?

Beberapa Cara Meningkatkan Page View Blog

Cara Meningkatkan Page View

Faktor Iksternal

Search Engine Optimization (SEO). Search engine optimization (SEO) merupakan upaya menoptimasi blog untuk mejaring pengunjung dari mesin pencari. Semakin bagus posisi blog atau postingan di mesin pencari,maka semakin besar pula peluang mendapatkan pengunjung. Jika Anda tertarik dengan SEO, silakan baca postingan saya sebelumnya yaitu yang lain bagaimana meningkatkan Kualitas SEO.

Blogwalking. Blogwalking adalah mengunjungi blog orang lain dan meninggalkan komentar di blog tersebut. Semakin rajin blogwalking, semakin besar pula dikunjungi oleh pemilik blog atau pengunjung blog bersangkutan yang tertarik terhadap komentar. Agar efektif, berikan komentar yang berkualitas saat Anda blogwalking sehingga memancing ketertarikan blogger lain untuk mengunjungi blog Anda.

Aktif di forum. Forum merupakan salah satu sarana yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan postingan. Biasanya Anda membuat thread atau link ke postingan Anda. Bila postingan Anda menjadi ngetop, jumlah pengunjung yang didapatkan tidak jauh beda dengan jumlah pengunjung dari situs sosial bookmarking.

Direferensikan oleh blogger lain. Pengunjung akan meningkat bila ada blogger lain yang mereferensikan postingan atau blog Anda. Terlebih bila yang mempromosikannya adalah blogger terkenal. Tentunya ini bergantung kepada kualitas konten yang Anda miliki.

Faktor Internal

Desain tampilan blog. Apapun hosting dan theme/template yang Anda gunakan, desainlah blog Anda agar loading time-nya cepat. Dengan demikian, pengunjung tidak terganggu dalam membuka postingan Anda. Trik-trik di bawah ini bisa digunakan untuk memperoleh loading time yang relatif cepat:

  • Sedikit mungkin memasang banner yang terbuat dari java script.
  • Seoptimal mungkin mengguanakan widget.
  • Gunakan plugin seperlunya.

Buat Judul yang menarik. Bila Anda mengunjungi suatu blog, mungkin saja Anda mengklik beberapa postingan yang ada di blog tersebut. Mengapa ?? Hal ini karena Anda tertarik ingin mengetahui lebih jauh isi postingan tersebut. Oleh karena itu, buatlah judul yang menarik.

Buat internal link. Buat intenal link ke postingan Anda sebelumnya jika postingan yang Anda buat ada hubungannya. Jumlah link internal pun harus proporsional agar tidak mengganggu kenyamanan pembaca. Jangan lupa, berilah warna link sejelas mungkin agar mudah diidentifikasi oleh pengunjung.

Buat sesi postingan terkait. Tidak semua postingan harus disisipi link internal. Agar pengunjung mengetahui postingan relevan dengan postingan yang tidak ada link internalnya, maka buatlah sesi postingan terkait. Bila Anda menggunakan wordpress.org, postingan terkait dibuat dengan menggunakan plugin.

Buat sesi postingan terpopuler dan terbaru. Postingan terpopuler akan bermanfaat bagi pengunjung baru, sehingga ia bisa mengenali postingan mana yang paling banyak dibaca di blog Anda. Adapun postingan terbaru akan memberikan informasi terkini, baik kepada pengunjung baru ataupun pengunjung lama.

Kuantitas postingan. Selain kualitas, kuantitas postingan juga berpengaruh terhadap page views. Semakin banyak jumlah postingan, semakin banyak pula postingan yang bisa dibaca pengunjung.

Mungkin sekian dulu artikel sederhana saya ini. Semoga pengunjung blog yang kalian kelola dapat bertambah dan selalu meningkat. Bersyukur, jika meningkat karena membaca dan mempraktikan bagaimana cara meningkatkan page view disini.

8 Replies to “Beberapa Cara Meningkatkan Page View”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *