Pengertian Overclocking Pada Komputer Atau Laptop

Pengertian Overclocking Pada Komputer Atau Laptop

Seberapa penting sih overclocking pada komputer yang kalian miliki? Banyak hal yang harus kalian tahu mengenai overclocking itu sendiri. Untuk yang belum tahu, tenang gue bakalan bahas mulai dari pengertian sampai dengan beberapa pertanyaan yang mungkin kalian pikirkan.

Pengertian Overclocking Pada Komputer

Pengertian Overclocking Pada Komputer Atau Laptop

Overclocking sesuai namanya adalah memaksa clock sebuah peripheral, biasanya clock dari prosessor, lebih tinggi dari standarnya. Dalam perkembangannya overclocking tidak selalu harus berhubungan dengan kenaikan clock, tetapi juga ketika kita memaksa sebuah peripheral bekerja lebih cepat dari standarnya.

Awalnya, orang melakukan overclocking hanya untuk mendapatkan sistem yang lebih cepat dari standarnya bahkan sampai mendekati sistem yang spesifikasi nya berada di atas sistem yang dia miliki. Tetapi dalam perkembangannya overclocking menjadi sebuah hobi, sebuah trend baru di dunia komputer.

Tujuan Melakukan Overclocking Pada Komputer

Overclocking tidak hanya bertujuan untuk mendapatkan sebuah sistem yang setara dengan sistem yang berada di atasnya tapi juga melampaui sistem tersebut. Bahkan sekarang ada trend di mana overclocking dipergunakan untuk mendapatkan sistem yang benar-benar di luar batas logika, atau bahkan jauh diatas kemampuan sistem tercepat yang telah ada.

Peripheral komputer yang biasa dan umum dioverclock adalah clock dari prosessor, FSB prosessor, FSB mainboard, timing memori, FSB memori, clock memori dan core VGA, timing memori VGA. Tidak berhenti sampai di situ, masih ada perubahan pada voltase/tegangan pada processor, memori, vga, & chipset agar dapat berjalan stabil pada sistem yang di overclock.

Pengaruh dari sebuah periferal ketika dioverclock adalah membuat kinerja periferal tersebut lebih cepat dari standarnya dengan efek samping suhu periferal lebih panas dari seharusnya, terjadi ketidakstabilan sistem, bahkan membuat peripheral tersebut tidak mau bekerja. Hal-hal inilah yang membuat seseorang yang ingin mendalami overclocking segan untuk memulainya, padahal dalam overclocking ada tingkatan-tingkatannya sendiri. Overclocking sendiri dibagi menjadi 3 : Safe-Overclocking, Real-Overclocking, & Extreme-Overclocking yang cara & tujuannya berbeda-beda.

Keuntungan dan Kerugian Overclocking Komputer

Keuntungan overclocking adalah:

  1. Performa Lebih dengan harga relatif sama.
  2. Memperpanjang siklus upgrade hardware tertentu.
  3. Mempelajari overclocking umumnya membuat seorang pengguna dapat sedikitnya memahami sebuah sistem PC.

Kerugian overclokcing adalah:

  1. Mempelajari overclocking butuh waktu, tidak semua pengguna siap untuk meluangkan waktu mempelajarinya.
  2. Konsumsi Daya komponen yang di-overclock meningkat, Suhu Operasi Naik.
  3. Resiko ketidakstabilan, bahkan kerusakan jika dilakukan dengan sembarangan.

Hardware Pendukung Overclocking Komputer

Untuk melakukan overcloking komputer, ada beberapa hardware yang harus kalian gunakan sebagai pendukung, yaitu:

  • Pendingin (cooling). Saat kita menjalankan prosesor maupun GPU di atas spesifikasi pabrikan, pastinya suhu operasi akan meningkat. Menjaga suhu prosesor tetap dingin adalah satu cara paling mudah untuk menjaga kestabilan sistem yang di-overclock, dan juga berpotensi menjaga umur pakainya.
  • Power Supply Unit (PSU). Mengingat kebanyakan periferal yang dibuat di masa ini sudah cukup hemat daya, Anda jelas tidak harus membeli PSU 1200W hanya untuk melakukan overclocking sebuah Core i5-6600K + VGA GTX 960 2GB, namun pastikan bahwa power supply yang Anda pakai sesuai dengan beban yang akan ditangani-nya.
  • Motherboard. Salah satu perbedaan mencolok antara motherboard yang disiapkan untuk melakukan overclocking dengan motherboard kelas menengah ke bawah adalah desain bagian regulator daya (VRM)-nya. VRM merupakan bagian motherboard yang bertugas untuk mensuplai daya ke prosesor.

Mungkin sekian dulu informasi sederhana saya mengenai overclocking pada komputer yang kalalin punya. Semoga dengan adanya informasi mengenai ini, kalian paham pengertian dari overclocking sampai dengan beberapa alat yang dibutuhkan untuk melakukannya. Kalau ada yang kurang dari cara melakukan overclocking pada komputer, silahkan ditambahkan ya.

2 Replies to “Pengertian Overclocking Pada Komputer Atau Laptop”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *