Pengertian Proxy Dan Cara Menggunakannya

Pengertian Proxy Dan Cara Menggunakannya

Banyak yang belum tahu mengenai pengertian proxy itu apa. Mulai dari cara kerja proxy sampai kelebihan dan kekurangan proxy itu sendiri. Artikel sebelumnya, gue sudah sempat menjelaskan mengenai DNS, karena hal ini akan berhubungan erat dengan hal tersebut. Apa sih fungsi DNS itu? Salah satunya adalah untuk membuka situs yang diblokir. Lantas, apa itu proxy?

Pengertian Proxy Dan Cara Menggunakannya

Pengertian Proxy, Cara Kerja dan Fungsinya!

Proxy adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet. Proxy Server bertindak sebagai gateway terhadap dunia Internet untuk setiap komputer klien.

Web server yang menerima request dari proxy server akan menginterpretasikan request-request tersebut seolah-olah request itu datang secara langsung dari komputer klien, bukan dari proxy server. Proxy server juga dapat digunakan untuk mengamankan jaringan pribadi yang dihubungkan ke sebuah jaringan publik.

Proxy server memiliki lebih banyak fungsi daripada router yang memiliki fitur packet filtering karena memang proxy server beroperasi pada level yang lebih tinggi dan memiliki kontrol yang lebih menyeluruh terhadap akses jaringan.

Bagaimana Cara Kerja Proxy?

Proxy server bekerja dengan mendengarkan request dari client internal dan mengirim request tersebut ke jaringan eksternal seolah-olah proxy server itu sendiri yang menjadi client. Pada waktu proxy server menerima respon dan server publik, ia memberikan respon tersebut ke client yang asli seolah-olah ia public server.

Bagaimana Cara Menggunakan Proxy?

Sebenarnya untuk menggunakan proxy gampang saja, teman-teman tinggal membuka alamat penyedia dari proxy ini sendiri. Selain itu, kalian bisa menggunakan beberapa cara lainnya apabila kalian menggunakan sebuah browser. Lihat cara dibawah ini:

  • Pada Toolbar Mozilla,silahkan klik menu options.
  • Kemudian pilih tab advanced kemudian pilih network.
  • Pilih Bagian Setting.
  • Masukan IP pada Kolom IP dan Port pada bagian Port. (Contoh Proxy : 123.123.123.123:8080) Berarti IP yg dimasukan adalah 123.123.123.123 dan portnya adalah 8080
  • Klik OK

Selesai sudah untuk menggunakan proxy. Untuk melihat apakah proxy sudah berubah atau belum silahkan kunjungi situs penyedia layanan pengeceka IP. Jika sudah berubah IP yang teman-teman gunakan, itu tandanya proxy berjalan lancar. Sekian dulu informasi sederhana saya mengenai pengertian proxy, cara kerja dan apa fungsinya.

12 Replies to “Pengertian Proxy Dan Cara Menggunakannya”

  1. jadi kegubaan proxy sebagai penyimpan data yang di olah komputer klayen,, lalu di simpan bomputer proxy,, dl dalam koputer proxy itu sendiri ya dong,jadi’ sewaktu2 komputerklayen mengakses web yang tersimpan komputer proxy dari klayen, proxy akan memberikan nya.. ia dong..,,

    nah yang jadi pertanya an saya ni bapak bagai mana kalau dalam ,,,
    satu usaha warnet,, jadi apakah kita bisa ,, mempergunakan banwit telkom yang sedikit ,, namun menggunakan komputer proxy yang banyak apakah,, internet kita akan beroperasi dengan lancar bapakkkk terimakasihhhhh

  2. walaupun masih bingung,sedikit paham lah setelah baca penjelasanagan…lgi cari info supaya koneksi lebih lancar ni..lemot banget

  3. proxy kan hanya mengganti IP asli kita saja mas.. cara balikinnya ya di hapus saja..

    kerugiannya : Proxy ada juga yang lambat,karena kita mengugnakan IP negara lain.

  4. klu Shock Proxy itu apa ya? tolong buatain artikel tentang Shock Proxy?

    terus perbedaan menggunakan DNS sama proxy itu gmn e? bingung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *