Jenis Lensa Kamera DSLR

Cara Mengganti Lensa SLR Secara Aman

Ada berapa jenis lensa kamera DSLR ini? Sebelum belajar mengenai fungsi lensa kamera, ada baiknya kalian belajar lensa kamera dulu dari awal. Bagi para pengguna kamera DSLR ini sendiri harus mengetahui beberapa jenis Lensa kamera yang bisa digunakan pada body kamera yang mereka gunakan, kalau tidak kalian tiak akan pernah tahu apa fungsi dari masing-masing yang mereka miliki.

Lensa kamera DSLR merupakan alat terpenting dari kamera. Berfungsi untuk memfokuskan cahaya hingga mampu menerangkan gambar tangkapan ke medium penangkap (film atau sensor digital). Terdiri atas beberapa lensa atau optik yang berjauhan yang bisa diatur sehingga menghasilkan ukuran tangkapan gambar dan variasi fokus yang berbeda.

Jenis Lensa Kamera DSLR

Lensa DSLR bisa dikelola secara manual dengan tangan, tanpa lewat tombol. Hal ini memungkinkan teman – teman leluasa untuk melakukan pembesaran (zoom-in) atau pengecilan (zoom-out). Selain itu, apa sih jenis kamera lainnya?

Beberapa Jenis Lensa Kamera DSLR

Kamera DSLR menggunakan lensa berjenis 35 mm. ukuran dan jenis lensa ini beragam, mulai dari lensa tele (untuk memotret jauh), lensa macro (untuk memotret jarak dekat atau obyek kecil) dan lensa wide (untuk memotret sudut lebar). Setiap produsen kamera juga memproduksi lensa 35 mm, namun banyak pula vendor yang khusus membuat lensa untuk kamera DSLR.

  1. Sudut Super Lebar (Super Wide Angel). Kadang disebut lensa fish-eye. Jangkauan sangat luas, sehingga kadang membentuk distorsi bentuk. Contoh ukuran lensa : 10 mm, 15 mm. 
  2. Sudut Lebar (Wide Angle). Lensa berjangkauan lebar. Cocok untuk memotret penorama atau pemandangan. Contoh unkuran lensa : 18 mm, 24 mm, 28 mm.
  3. Standar. Lensa berjangkauan normal. Biasanya memiliki sudut pandang 50 derajat. Cocok dipakai untuk memotret portrait. Contoh ukuran lensa : 50 mm.
  4. Telefoto. Lensa berjangkauan panjang, biasa dipakai oleh fotografer di pinggir lapangan sepak bola atau paparazi. Contoh ukuran lensa : 85 mm, 100 mm, 135 mm, 200 mm, 300mm.
  5. Makro. Lensa berjangkauan sempit, biasa nya digunakan untuk membuat foto makro atau memotret detil-detil dari sebuah benda. Contoh ukuran lensa : 50 mm macro, 100 mm macro, 135 mm macro.

Dari ke-lima jenis lensa DSLR diatas, mana sih yang kalian punya? Jangan salah, untuk mengganti lensa DLSR ada caranya tersendiri, kalian bisa baca di artikel gue sebelumnya yang sudah gue tuliskan disana. Kalau ada yang ingin kalian tambahkan lagi, silahkan berkomentar dibawah ya. Apa sih jenis lensa kamera DSLR yang terlewat gue sebutkan?


ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *