Pengertian Object Oriented Programming Yang Wajib Kalian Tahu!

Pengertian Dasar Object Oriented Programming

Pengertian object oriented programming sebenarnya diajarkan disemua universitas. Buat yang belum tahu, ini pengertian singkatnya. Untuk para programmer sepertinya sudah wajib harus tahu benar mengenai object oriented programming ini. Karena hal ini adalah dasar untuk seorang programmer ketika membuat sebuah aplikasi.

Mari kita bahas lebih lanjut mengenai hal ini, agar para pembuat program pemula tahu betul artinya dan tidak asal membuat sebuah aplikasi yang berbasis OOP.

Pengertian Dasar Object Oriented Programming

Object Oriented Programming

Sejarah Object Oriented Programming

Tahun 1960, ditemukan suatu pembuatan program yang terstuktur (structured programming). Metode ini dikembangkan dari bahasa C dan Pascal. Dengan program yang terstruktur inilah untuk pertama kalinya kita mampu menulis program yang begitu sulit dengan lebih mudah. Jadi sekarang kita ketahui dengan seksama kapan mulainya OOP ini, yaitu pada tahun 1960. Lantas, apa sih OOP itu?

Apa Itu Object Oriented Programming?

Adalah suatu metode dalam pembuatan program, dengan tujuan untuk  menyelesaikan kompleksnya berbagai masalah program yang terus meningkat. Sebagai contoh anggap kita memiliki sebuah departemen yang memiliki manager, sekretaris, petugas administrasi data dan lainnya. Misal manager tersebut ingin memperoleh data dari bagian administrasi maka manager tersebut tidak harus mengambilnya langsung tetapi dapat menyuruh petugas bag administrasi untuk mengambilnya.

Pada kasus tersebut seorang manager tidak harus mengetahui bagaimana cara mengambil data tersebut tetapi manager bisa mendapatkan data tersebut melalui objek petugas administrasi. Jadi, sampai disini paham ya masalah OOP itu sendiri? 

Bagaiman Konsep Object Oriented Programming

Abstrak Class
  1. Kelas merupakan deskripsi abstrak informasi dan tingkah laku dari sekumpulan data.
  2. Kelas dapat diilustrasikan sebagai suatu cetak biru (blueprint) atau prototipe yang digunakan untuk menciptakan objek.
  3. Kelas merupakan tipe data bagi objek yang mengenkapsulasi data dan operasi pada data dalam suatu unit tunggal.
  4. Kelas mendefinisikan suatu struktur yang terdiri atas data kelas (data field), prosedur atau fungsi (method), dan sifat kelas (property).
  5. Encapsulation.
  6. Inheritance.
  7. Polymorphism.

Oke, sampai sini semoga kalian gak bingung ya? Sekian dulu bahasan gue mengenai OOP atau object oriented programming ini. Untuk beberapa contohnya, kalian bisa melihat artikel gue tentang programming yang ada disini. Semoga dengan adanya informasi sederhana ini, kalian semuanya mendapatkan apa yang dicari mengenai pengertian object oriented programming.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *