Contoh Program IF Sederhana Pada QBasic

Contoh Program Sederhana Menggunakan Pascal

Contoh program IF sederhana sudah seharusnya kalian paham. IF sederhana adalah dasar logika untuk kalian pelajari. Ini versi mudahnya, ya. Sebenarnya tidak jauh berbedan dengan penggunaan fungsi IF pada beberapa bahasa program yang ada seperti yang lainnya. Apa yang membedakan QBasic dengan yang lainnya? Hanyalah bagaimana penulisan struktur IF dalam bahasa tersebut.

Contoh Program IF Sederhana Pada QBasic

Kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit contoh program IF sederhana menggunakan bahasa pemrograman QBasic. Silahkan dilihat contoh dibawah, ya.

Program IF Sederhana Menggunakan QBasic

Contoh program IF berikut ini sangat mudah, tergantung bagaimana teman-teman semuanya mengeksplorasi bagaimana menemukan kondisi yang diinginkan dan hasilnya ingin seperti apa. Berikut ini beberapa contoh program IF sederhana yang saya buatkan untuk kalian semuanya:

  • Ada sebuah pertanyaan yang hasilnya ditentukan dari sebuah kondisi, misal seperti ini Kita masukan nilai A. Jika kita masukan nilai A < 10 maka Nilai B tersebut adalah Nilai A + 10, namun Jika nilai A > 10 maka hasil nilai B adalah nilai A itu sendiri. Berikut ini contohnya scriptnya:

CLS

INPUT “Masukan Angka A : “; a

IF A < 10 Then b = a + 10

ELSE b = a

END IF

PRINT b

  • Kita masukan nilai A. Jika kita masukan nilai A < 10 maka Nilai B tersebut adalah Nilai A + 10. Jika kita masukan nilai A = 10 maka Nilai B tersebut adalah Nilai A + 1 Namun Jika nilai A > 10 maka hasil nilai B adalah nilai A itu sendiri. Berikut ini contohnya scriptnya:

CLS

INPUT “Masukan Angka A : “; a

IF a < 10 Then

b = a + 10

ELSE

IF a = 10

then b = a + 1

ELSE

b = a

END IF

END IF

PRINT b

Mungkin sekian dulu informasi sederhana saya mengenai ilmu programming QBasic ini. Semoga dengan adanya contoh diatas ini, teman-teman semuanya dapat mengerti mengenai bahasa program QBasic. Kalian bisa mempelajari beberapa bahasa pemrogramman lainnya diartikel lainnya. Jika ada yang ingin ditnyakan silahkan berkomentar pada kolom komentar setelah artikel contoh program IF sederhana menggunakan bahasa program QBasic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

// Taruh disini