Pengertian Internet Protocol Atau IP

Pengertian Internet Protocol Atau IP

Internet protocol atau IP erat hubungannya dengan penyebutan IP Address. Apa sih sebenarya IP itu? Bagaimana kita tahu sebuah alamat IP? Tenang, gue bahas untuk kalian semuanya yang baru paham mengenai dunia internet dan jaringan. Jadi, kalian tidak akan tersasar lagi ketika mencari pengertiannya dan fungsinya.

Pengertian Internet Protocol Atau IP

Pengertian Internet Protocol

Pengertian internet protocol adalah standar protocol sehingga jaringan internet dapat terhubung antara satu dengan yang lainnya. Sedangkan protokol adalah standar sehingga terjadinya hubungan, komunikasi, serta data yang dapat berpindah antara dua atau lebih pada jaringan komputer. 

Jenis Protocol

  • HTTP Atau Hypertext Transfer Protocol. HTTP Atau Hypertext Transfer Protocol merupakan protocol ringan untuk mentransfer dokumen ke dalam WWW (World Wide Web). Protokol ini bisa digunakan bermacam-macam tipe dokumen.
  • Gopher. Gopher merupakan aplikasi pencari di internet yang sudah tua dan hanya berdasarkan teks. Sekarang sudah jarang orang yang menggunakan gopher.
  • FTP Atau File Transfer Protocol. FTP Atau File Transfer Protocol merupakan standar untuk mentransfer file computer dalam mesin-mesin antar internetwork. Paling awal dikembangkan dalam sejarah internet yaitu protocol FTP. Dengan adanya FTP, kita bisa mendownload lagu-lagu, pdf, dokumen-dokumen dan sebagainya dari internet.
  • Mailto. Protokol internet mailto digunakan untuk menggunaan jasa email; mengirim surat, bertegur sapa, membalas surat, dan lain-lain.
  • TCP/IP Atau Transmission Control Protocol/Internet Protocol. TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) merupakan standar komunikasi data internet. Dengan menggunakan protocol internet bernama TCP/IP, maka dapat dilakukan tukar-menukar data dari satu computer ke computerlainnya. Begitulah pengertian internet protocol dalam TCP/IP, sebuah hal yang paling sering digunakan dalam protocol internet adalah TCP/IP.

Fungsi Dari Alamat IP

  1. IP Address digunakan sebagai alat identifikasi host atau antarmuka pada jaringan. Fungsi ini diilustrasikan seperti nama orang sebagai suatu metode untuk mengenali siapa orang tersebut. Dalam jaringan komputer pun berlaku hal yang sama yaitu alamat IP Address yang unik tersebut akan digunakan untuk mengenali sebuah komputer atau device pada jaringan.
  2. IP Address digunakan sebagai alamat lokasi jaringan. Fungsi ini diilustrasikan seperti alamat rumah kita yang menunjukkan lokasi kita berada. Untuk memudahkan pengiriman paket data, maka IP Address memuat informasi keberadaannya. Ada rute yang harus dilalui agar data dapat sampai ke komputer yang dituju.

Sampai disini, apakah kalian sudah paham betul? Lantas, bagaimana melakukan pengecekan untuk mengetahui alamat ip? Gue sudah buatkan caranya di artikel sebelumny, kalian tinggal baca saja. Terpenting, kalian sudah paham mengenai internet protocol atau IP ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *