Program Kalkulator Sederhana Menggunakan Pascal

Membuat Bilangan Fibonacci Dengan Pascal

Program kalkulator sederhana sudah banyak yang membuat dengan bahasa lain. Kali ini contoh program menggunakan pascal membuat kalkulator. Selain ini, kalian bisa melihat bagaimana contoh program sederhana pascal yang lainnya. Tentunya, dengan beberapa penjelasan yang mudah dan gampang kalian ikuti cara membuatnya.

Program pascal sederhana ini memang sebuah program yang masih dibilang sangat sederhana. Baik dalam bahasa program pascal ataupun yang lainnya. Baiklah, berikut adalah contoh dalam pembuatan kalkulator sederhana menggunakan bahasa pascal yang bisa kalian gunakan. Boleh kalian pakai untuk tugas kalian, ataupun hal lainnya.

Program Kalkulator Sederhana Menggunakan Pascal

Contoh Program Kalkulator Sederhana

Awal gue belajar, gue cukup kesulitan ketika membuat program ini. Daripada kalian nasibnya sama kaya gue, mendingan kalian tinggal lihat aja contohnya dibawah ini ya. Kenapa contohnya program kalkulator? Karena, kalkulator merupakan alat bantu yang digunakan manusia untuk memudahkan kita dalam menghitung operasi bilangan seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian ataupun pemangkatan. Dengan adanya kalkulator kita bisa dengan cepat dan mudah mendapatkan hasil dari proses pengolahan angka. 

Sekarang, kalian tinggal lihat beberapa barus kode dibawah ini untuk kalian ambil. Silahkan gunakan dengan bijak untuk keperluan apapun yang kalian butuhkan.

Coding Program Sederhana Pascal Membuat Kalkulator

uses wincrt;
var x,y,hasil:real;
jawab:char;
begin
write (‘masukan angka ke-1:’);readln (x);
write (‘pilih operator: (+)/(-)/(*)/(/)’);readln (jawab);
write (‘masukan angka ke-2:’);readln (y);
if ( jawab= ‘+’) then
begin
hasil:= x+y
end;
if ( jawab = ‘-‘) then
begin
hasil:= x-y
end;
if ( jawab = ‘*’) then
begin
hasil:= x*y
end;
if (jawab=’/’) then
begin
hasil:= x/y
end;
write (‘hasilnya: ‘,(hasil):5:2);
end.

Gimana? Lebih mudah menggunakan bahasa pemrograman lain atau menggunakan pascal? Untuk kalian yang baru belajar dunia programming, tentu pascal yang akan diajarkan karena kalian akan dilatih bagaimana logika berpikir kalian. Kok gitu? Karena semua yang ada didalamnya berupa teks dan kalian dilatih untuk berimajinasi.

Diatas tadi adalah sedikit contoh yang saya buat dan bisa kalian gunakan menggunakan bahasa pascal. Mungkin, sekian dulu informasi sederhana saya ini buat kalian. semoga kalian bisa mengikut dan menggunakannya dengan baik. Ada masukan, contoh apa yang bisa gue bagikan selain program kalkulator sederhana?


ARTIKEL MENARIK LAINNYA

One Reply to “Source Code Anti Virus Dengan VB6”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *