aLdyputRa Aldy Terren Putra, seorang pria yang dilahirkan dengan selamat di Jakarta beberapa tahun silam. Kadang nulis blog ini, kadang juga upload video di aldyputra.net/youtube

Cara Memilih Dan Merawat Tripod

1 min read

Cara Memilih Dan Merawat Tripod

Cara Memilih Dan Merawat TripodCara Memilih Dan Merawat Tripod – Kali ini saya akan memberikan informasi Cara Memilih Tripod dan Cara Merawat Tripod.Setelah beberapa saat yang lalu saya memberikan informasi mengenai Cara Mengganti Lensa SLR Secara Aman dan juga mengenai bagaimana Cara Aman Membawa SLR Di Pundak kali ini saya akan memberikan informasi mengenai Cara Memilih Dan Merawat Tripod.

Tripod merupakan salah satu alat pendukung kamera foto maupun video yang memiliki jenis dan model yang sangat beragam. Secara umum saya lihat ada 2 jenis tripod yang beredar di pasaran yaitu tripod dengan pan-tilt head dan ball head.Pan-tilt head memiliki 2 poros yang memungkinkan kamera digerakkan atas-bawah kiri-kanan atau kombinasi keduanya sedangkan ball head hanya memiliki 1 poros yang memungkinkan kamera digerakkan ke segala arah.

Berikut ini adalah Cara Memilih Dan Merawat Tripod yang akan saya berikan untuk teman – teman semua yang dapat saya berikan.

Baca Juga  Cara Memegang Kamera Menurut Saya Pribadi

Cara Memilih Tripod

Teman – teman mungkin bingung ketika masuk ke toko aksesoris kamera dan mendapati banyak beragam jenis dan ukuran tripod disana. Pertama, tentukan dulu tujuan anda menggunakan tripod. Jika untuk dokumentasi seperti wedding atau liputan lainnya, maka pilihlah tripod yang lebih besar dan berat.

Tripod yang demikian akan menghasilkan kestabilan yang lebih baik dibanding tripod jenis lightweight yang lebih kecil dan ringan. Kemudian pastikan panningnya smooth dan bisa menopang berat kamera dengan baik.

Lightweight tripod lebih cocok digunakan pada kamera digital atau handycam yang memiliki berat lebih ringan. Tripod ini sendiri memiliki berat sekitar 1,5 kg yang membuatnya pas untuk ditenteng jalan-jalan.Tersusun dari bahan aluminium atau karbon yang ringan, memiliki kait dibawahnya untuk diletakkan beban.

Beban ini berguna untuk menjaga agar tripod tidak jatuh ketika berada di daerah yang anginnya kuat, seperti pantai. Tripod jenis ini umumnya tidak terlalu smooth panningnya namun tidak masalah jika teman – teman gunakan untuk sekedar hobi mengenai fotografi itu sendiri.

Cara Merawat Tripod

Yang perlu diperhatikan dalam merawat tripod adalah pastikan head dan kaki-kaki tripod tidak terbentur. Head yang terbentur terlalu keras akan merusak poros headtripod sedangkan kaki tripod yang terbentur bisa membuatnya penyok sehingga kaki-kaki didalamnya tidak dapat dikeluarkan.

Kerusakan pada kaki tripod lebih cenderung terjadi pada lightweight tripod. Untuk mencegahnya, anda bisa melapisi kaki terluar tripod dengan selang busa, untuk meminimalisir dampak benturan seandainya tripod terjatuh.Sekian dulu informasi saya mengenai bagaimana Cara Memilih Dan Merawat Tripod.

Baca Juga  Kamera DSLR Full Frame Terbaru Nikon
aLdyputRa Aldy Terren Putra, seorang pria yang dilahirkan dengan selamat di Jakarta beberapa tahun silam. Kadang nulis blog ini, kadang juga upload video di aldyputra.net/youtube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *