Mengenal Teknik Foto Bulb Dalam Fotografi

Definisi Dan Pengertian Street Photography

Ada banyak teknik fotografi selain teknik foto bulb ini. Diantaranya teknik freezing, teknik foto bokeh dan masih ada lagi yang lainnya. Untuk teknik yang satu ini, ada cukup banyak perlengkapan yang harus kalian gunakan, tapi gue kali ini akan bahas sedikit saja dulu. Untuk bagian perlengkapan, akan gue bahas diartikel lainnya ya.

Beberapa saat yang lalu, gue sudah membahas teknik dasar yang harus kalian pelajari lebih dahulu sebelum masuk dunia fotografi lebih dalam lagi, yaitu mengenai Depth Of Field. Awal belajar dulu, gue dikasih tahu hal dasar, bahkan setelah tahu hal tersebut belum langsung masuk kedalam teknik yang gue sebutkan diatas. Jadi, kita kenalan dulu yuk sama teknik bulb ini.

Mengenal Teknik Foto Bulb Dalam Fotografi

Apa Itu Teknik Foto Bulb?

Teknik Bulb merupakan salah satu teknik yang ada didalam dunia fotografi. Teknik ini memperlihatkan hasil foto dari cahaya yang dihasilkan atau kita gunakan. Nantinya, hasil dari teknik foto bulb ini akan membuat sebuah garis atau gambar dari cahaya yang kita gunakan.

Pada umumnya foto bulb dilakukan pada malam hari. Mengapa? Karena pada malam hari cahaya yang ada sangatlah minim, jadi amat sangat memungkinkan untuk melakukan pengambilan foto dengan speed yang sangat rendah. Dengan melakukan penyesuaian pada diafragma dengan bukaan kecil, sangat memungkinkan lagi untuk mendapatkan speed yg rendah.

Tapi tahu gak sih, kalai teknik ini gak hanya bisa kalian lakukan pada malam hari saja? Kalian juga bisa kok membuat foto menggunakan teknik fotografi ini disiang hari, tapi pemilihan tempatnya tetap yang agak sedikit kurang pencahayannya. Contohnya, didalam gedung ataupun didalam rumah yang sinar mataharinya tidak terlalu masuk kedalam rumah.

Gimana Sih Cara Menggunakan Teknik Foto Bulb?

  • Biasanya Foto bulb dilakukan pada malam hari atau ditempat yang intensitas cahayanya kurang.
  • Gunakan speed rendah atau bulb, biasanya waktu yang digunakan lebih dari 3 detik.
  • Gunakan bukaan atau nilai f besar, f11 sampai f30, gunanya agar gambar bisa terlihat detail keseluruhan tanpa deph of field. Selain itu, untuk mengurangi cahaya yang masuk kedalam lensa.
  • Gnakan alat bantu tripod. Kalau tidak ada tripod, alternatif lain adalah seting kamera dengan timer, dan letakan kamera di landasan yang datar dan jauh dari goncangan.

Kebalikan dari teknik bulb ini adalah teknik panning. Teknik panning adalah sebuah teknik fotografi yang mengharuskan kita menggunakan cukup banyak cahaya, waktu yang singkat dan dilakukan pada objek yang bergerak. Kalau kalian bingung bagaimana mengenai pencahayaan, kalian bisa baca beberapa teknik pencahayaan yang sudah gue tuliskan disana.

Untuk teknik fotografi lainnya, kalian bisa baca artikel dibawah ini:

Beberapa dasar dari teknik bulb ini sudah gue jelaskan, semoga kalian bisa mengikuti beberapa tips dan trik fotografi yang gue berikan diatas ya. Kalau masih ada yang kesulitan, kebingungan, ataupun tidak mendapatkan hasil yang baik, saran gue silahkan mencoba terus dan berkreasi menggunakan teknik foto bulb yang kalian bisa.


ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *