Membuat Foto Bokeh Dengan Photoshop

Membuat foto bokeh bisa kalian gunakan tanpa harus memiliki lensa kamera yang bagus. Bagaimana caranya? Kalian bisa baca disini ya. Buat kalian yang belum tahu teknik foto bokeh kalian bisa baca dulu artikel sebelum ini, ya. Biar kalian bisa ngikutin dan tahu bagaimana sebenarnya foto bokeh itu, barulah belajar membuat foto bokeh.

Seperti yang gue bilang diawal, membuat bokeh tidak harus melulu kalian memiliki lensa kamera yang bagus. Bahkan, kalian juga bisa dilakukan dengan kamera yang ada di smartphone android ataupun iOs kalian. Sekarang, gimana caranya kalau pakai aplikasi editing seperti photoshop? Bisa gak sih?

Cara Membuat Foto Bokeh Dengan Mudah

Membuat Foto Bokeh Dengan Photoshop

Langkah membuat foto bokeh:

  1. Buka foto yang akan kita buat bokeh, tentukan Fore Ground dan Back Groundnya.
  2. Duplikat foto tersebut sehingga menghasilkan layer baru di atas layer background.
  3. Pilih menu Filter > Blur > Gaussian Blur.
  4. Atur radius blur sesuai keinginan kita, semakin besar nilai radius maka foto akan semakin kabur.
  5. Setelah tahap keempat ini kita akan melihat foto kita menjadi kabur karena pengaruh dari efek filter Gaussian blur tadi.
  6. Sekarang mulailah menghapus foto yang kabur tersebut pada bagian-bagian foto yang ingin ditajamkan atau yang ingin dijadikan objek utamanya.
  7. Teman – teman akan melihat tempat dimana teman – teman menyapukan penghapus,maka foto anda akan menjadi tajam.
  8. Merge layer dengan menekan Ctrl + E kemudian simpan foto tersebut.

Agak rumit ya? Ini berguna untuk kalian yang memang punya stok foto yang bagus, namun ingin dipertajam dengan sedikit efek foto bokeh ini. Kalau kalian rasa tidak perlu dan memang sudah bagus, jangan mengedit secara berlebihan demi menggunakan teknik foto ini. Sekarang, kalian udah bisa dong harusnya?

Kalau udah dibaca dan bisa membuatnya, waktunya kalian mempelajari teknik dasar fotografi lainnya dan kayanya sekian dulu informasi atau ilmu yang bisa gue kasih buat kalian. Semoga bisa terpakai dan ada manfaatnya ya buat kalian. Kalau ada yang punya cara lainnya, boleh dibantu dikolom komentar yuk cara kalian gimana untuk membuat foto bokeh.

2 Replies to “Membuat Foto Bokeh Dengan Photoshop”

  1. wah baru tau nih caranya sekarang,, walaupu kamera sederhana bisa diedit jadi kayak SLR.. keren gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

// Taruh disini