Pengertian Street Photography

Pengertian Street Photography

Pengertian Street Photography atau street fotografi atau sebuah teknik dalam dunia fotografi. Ternyata, ini definisi dan pengertiannya. Apa itu street fotografi? Street photography adalah jenis fotografi dokumenter yang menghadirkan subjek dalam situasi jujur di tempat-tempat umum seperti jalan, taman, pantai, mall, konvensi politik dan lainnya.

Pengertian Street Photography

Street photography menggunakan teknik fotografi langsung dan jujur dalam menunjukkan visi murni dari sesuatu, seperti menghadapkan cermin kepada masyarakat. Street photograpy sering cenderung menjadi ironis, dan sering berkonsentrasi pada manusia secara tunggal atau social, yang menceritakan hal tertentu seperti kepedihan.

Di sisi lain, banyak street fotografi mengambil pendekatan yang berlawanan dan memberikan rendering yang sangat harfiah dan sangat pribadi, memberikan penonton sebuah pengalaman yang lebih mendalam dari jalan hidup.

Pengertian Street Photography dan Definisinya!

Pada abad ke-20, fotografer jalanan telah memberikan catatan teladan dan terperinci tentang budaya jalanan di Eropa dan Amerika Utara, dan di tempat lain pada tingkat agak rendah. Banyak karya-karya klasik fotografi jalanan diciptakan pada periode antara sekitar 1890 dan 1975 dan bertepatan dengan pengenalan kamera portabel, 35mm yang digunakan oleh Henri Cartier-Bresson dan lain-lainya.

Street photography jauh berkembang di kota-kota besar yang kehidupan masyarakatnya sangat beragam dan kosmopolit. Tapi bukan berarti kehidupan di daerah pedesaan tidak bisa didokumentasikan lewat pendekatan street photography. Secara sederhana, street photography itu adalah tentang foto apa saja yang berkaitan dengan kehidupan di jalanan.

Namun melalui jalanan ini, seseorang bisa memperlihatkan realitas kehidupan, budaya, trend, politik, agama, perkembangan perkotaan dan lain-lain melalui media foto dengan perspektif jalanan. Artinya fotografer menghadirkan semua ini ke audiens melalui sudut pandang jalanan dengan objek yang mereka ingin tonjolkan.

Sekian informasi sederhana saya mengenai pengertian street photography dan juga definisinya ini. Semoga teman-teman semua mendapatkan informasi yang sesuai dengan apa yang sedang kalian cari. Kalau ada perbedaan pendapat, atau yang kurang dari artikel ini silahkan berkomentar, ya. Apa sih sebenarnya pengertian street photography menurut kalian?

One Reply to “Pengertian Street Photography”

  1. pengen belajar fotografi tapi belum punya kamera yang agak canggih, masih pakai kamera ponsel aja dulu :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *