Pesulap Bukanlah Penipu

Pesulap

Pesulap Bukanlah Penipu karena mereka hanya mencoba membuat penontonnya terhibur dan tertawa dengan aksinya. Kira-kira kata seperti itulah yang bisa saya berikan untuk teman-teman yang memang sering berpendapat bahwa pesulap itu penipu. Salah lagi, mereka hanya ingin mencoba menunjukan bagaimana cara menggunakan trik sulap yang mungkin kalian belum tahu.

Pesulap Bukanlah Penipu

Sebenarnya, beberapa bulan terakhir ini saya memang sedang gemar-gemarnya membaca dan mencari tahu mengenai dunia sulap di Indonesia dan akhirnya saya membuat sebuah video sendiri yg saat ini sedang saya hentikan tayangannya yaitu #WeekdaysMagic.

Saya memang bukan seorang magician atau pesulap. Namun, saya memang sangat memperhatikan dunia ini mulai dari zaman saya SMP ketika berada di Yogyakarta. Saya lebih banyak bergaul dengan teman kakak sepupu saya yang memang memiliki banyak teman dalam dunia sulap, mulai dari magician, pembuat alat sulap sampai penikmat sulap itu sendiri.

Beberapa waktu belakangan ini, saya justru mengamati bahwa dunia sulap di Indonesia amat sangat jarang di expose oleh media. Saat ini, saya lebih sering melihat beberapa tayangan televisi hanya sebatas lawakan biasa, pencarian bakat yang di dominasi oleh penyanyi, sampai pencarian talenta-talenta baru yang ujung-ujungnya dikuasai oleh para penyanyi.

Kemana para pesulap Indonesia? Saya menyadari bahwa pesulap di Indonesia lebih bersifat off air dibanding on air. Saya sempat menanyakan hal ini kepada teman pesulap yang saya kenal di twitter, mengapa bisa seperti ini? Ya memang karena sulap tidak ada penontonnya, karena televisi membutuhkan rating yang besar agar televisi tersebut terus digemari orang banyak.

Saya cukup senang ketika ada ajang pencarian bakat yang mengkhususkan untuk para pesulap di Indonesia. Mulai dari acara The Master sampai acara The Next Mentalist. Ada beberapa acara ketika kecil yang paling saya tunggu-tunggu yaitu Memang Sulap, Memang Sihir dimana acara tersebut dibawakan oleh @bowvernon & @ogearthemus serta 1 lagi saya lupa namanya.

Well, sampai suatu saat saya melihat kicauan di twitter dari seorang magician bernama Indra Frenos  yg berisi “Paling sebel tuh kalau habis main sulap dibilang penipu.. Kita pesulap keles bukan dukun!!” haha.. Sampai akhirnya terjadi percakapan didunia maya bersama beliau.

Pesulap

Well, gw juga ga setuju kalau pesulap itu disamakan dengan seorang penipu. Kenapa? Gw pernah denger (tapi lupa dari siapa) bahwa seni pertunjukan sulap panggung itu adalah sebuah seni pertunjukan yang sangat kompleks dan sulit. Mengapa? Bayangkan, seorang pesulap harus bisa berakting, harus menentukan backsound yg digunakan, sampai tata cahaya yang seperti apa.

Tidak sampai disana, pesulap pun harus membuat sebuah scripting permainan apa yang akan dimainkan, perkataan apa yang diucapkan sampai planning bagaimana ketika tidak berjalan sesuai dengan rencana. Sekarang saya kembali bertanya, apakah seorang penipu seperti itu? Tentu tidak akan pernah bisa melakukan hal tersebut.

Buat teman-teman yang berteman dengan pesulap, atau sering melihat pesulap bermain sulap dijalanan jangan pernah sekali-kali mengatakan bahwa “Aaahh.. dia mah pesulap, tukang tipu tuh..” jangan pernah, karena hanya akan membuat hati seorang pesulap menjadi sakit. Weell, semoga apa yang gw tuliskan kali ini bermanfaat dan pesan guw adalah jangan sekali-kali menyebut pesulap dengan penipu, karena Pesulap Bukanlah Penipu.


ARTIKEL MENARIK LAINNYA