Untung Rugi Menggunakan Internet Banking Yang Perlu Kalian Ketahui!

Internet Banking

Seiring perkembangan zaman, siapa yang tidak mengenal internet banking. Sepertinya, hampir semua yang memiliki rekening pasti punya ini. Bahkan, hal yang pertama diaktifkan adalah fitur internet banking yang kemudian diikuti oleh m-Banking. Tidak terkecuali, sayapun melakukan hal tersebut karena beberapa kebutuhan.

Internet Banking

Sebagai salah seorang pengguna dunia internet, sepertinya kita semua mewajibkan kemudahan untuk melakukan pembayaran, transfer dana ataupun pembelian pulsa bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Oleh karena itu, fitur ini sepertinya menjadi salah satu kewajiban kita ketika membukan rekening bank.

Kali ini saya ingin sedikit berbagi cerita mengenai apa saja sih keuntungan dan kerugian menggunakan fitur internet banking dari bank yang kita miliki account rekeningnya. 

Keuntungan Menggunakan Internet Banking

Sebenarnya, bermacam-macam keuntungan ditawarkan oleh para provider bank untuk fitur yang satu ini. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, kita bisa melakukan transfer (antar bank/sesama bank), pembelian pulsa (apapun itu) bahkan sampai mengecek mutasi rekening kita. Dari deretan diatas, tentu kita dimudahkan dari segala sisi untuk melakukan sebuah transaksi online.

Bagi pemilik kartu kredit, kita dimudahkan dengan fitur pembayaran kartu kredit & pengecekan tagihan kartu kredit melalui internet banking itu sendiri. Mungkin, banyak diantara kalian semua yang sudah menggunakan fitur yang satu ini, termasuk saya tentuntya :)

Kerugian Menggunakan Internet Banking

Selain keuntungan, saya juga akan sedikit membahas mengenai kerugian internet banking itu sendiri. Bagi seorang pria, tentu sebenarnya tidak menjadi masalah untuk menggunakan fitur yang satu ini. Tetapi, bagaimana dengan seorang pria yang suka berbelanja online seperti saya?

Ternyata, bukan hanya seorang wanita saja yang sangat hobi berbelanja. Berdasarkan pengamatan saya pribadi, dari beberapa teman (termasuk saya) banyak juga yang lebih memilih berbelanja online dibandingkan harus berputar mengelilingi toko-toko di mall/pusat perbelanjaan.

Hal ini dapat merugikan kita sendiri, apabila kita tidak bisa mengatur keuangan. Bukan hanya kartu kredit yang dapat membuat kita pusing dengan segala tagihannya, tetapi hal ini pun bisa menjadi sebuah masalah apabila kita tidak bisa mengatur keunangan dan membuat kita “kalap” dalam berbelanja online.

Dari segi kemudahan yang saya sebutkan diatas, tentu membuat kita sangat nyaman dalam berbelanja. Bahkan, kita bisa melupakan ada berapa saldo yang terdapat didalam rekening tersebut. Sayapun sempat tidak berpikir sisa berapa, yang saya ingat didalam rekening saya masih ada saldo yang bisa digunakan untuk berbelanja.

Ada baiknya kita mengatur ego kita untuk tetap berpikir untuk menabung, mengatur keuangan dan jangan terlalu asik dengan berbelanja online. Karena akan merusak ritme keuangan kita diakhir bulan. So, selamat berbelanja dengan bijak menggunakan internet banking sahabat.


ARTIKEL MENARIK LAINNYA