Berbagai Jenis Produk Simpanan di Bank Sebelum Membuka Rekening!

Berbagai Jenis Produk Simpanan di Bank

Bagi sebagian orang tentu sudah mengenal mengenai berbagai macam jenis produk simpanan yang berada di bank. Mulai dari giro, deposito sampai dengan yang termudah diingat yaitu tabungan. Dengan demikian kita bisa memanfaatkan produk-produk tersebut semaksimal mungkin sesuai dengan kebutuhan kita.

Bisnis yang utama dari sebuah bank adalah sebagai lembaga penyimpanan uang dan peminjaman uang. Oleh karena itu, produk simpanan di bank atau perbankan sampai saat ini kita bisa membedakannya menjadi dua bagian, yaitu produk simpanan dan produk pinjaman.

Jeni Produk Simpanan di Bank

Berbagai Jenis Produk Simpanan di Bank

Berikut ini beberapa jenis produk simpanan yang ada dibank untuk kalian ketahui sebelum membukanya:

Giro

Rekening Giro adalah rekening yang uangnya bisa kita ambil setiap hari, di mana rekening ini dilengkapi fasilitas pembayaran dengan cek dan giro bilyet. Bila Anda bertransaksi dengan pihak lain, maka Anda bisa membayarnya dengan menggunakan cek atau giro bilyet.

Cek adalah surat berharga di mana orang yang Anda beri cek ini bisa langsung mencairkannya di bank. Sedangkan giro bilyet adalah surat berharga di mana orang yang Anda beri giro tersebut tidak bisa menguangkan giro itu di bank, tapi harus disetorkan lebih dulu ke rekeningnya.

Tabungan

Tabungan merupakan produk simpanan di bank yang penyetoran dan penarikannya dapat dilakukan kapan saja. Hampir setiap orang saat ini merasa wajib memiliki tabungan di Bank. Bukan hanya di satu bank, tetapi dua atau tiga bank sekaligus.

Kenapa bisa begitu? Karena saat ini tabungan tidak hanya digunakan sebagai sarana menyimpan uang saja, tapi juga ditambah dengan fasilitas lain yang sebetulnya sudah diluar dari maksud menabung itu sendiri. Misalnya seperti fasilitas debet, fasilitas ATM, transfer, dan lain sebagainya.

Bisa kita lihat, Tujuan seseorang dalam menabung di bank bisa dibagi menjadi dua. Pertama, karena ingin menabung untuk mengumpulkan sejumlah dana tertentu pada masa yang akan datang. Contohnya seperti menabung yang pada akhirnya untuk bisa membeli kebutuhan tertentu.

Kedua, hanya ingin menjadikan tabungan sebagai rekening penampungan, dan bukan untuk benar-benar menabung. Contohnya seperti rekening yang uangnya digunakan untuk membayar belanja bulanan. Disini fasilitas seperti kartu ATM dan kartu debet baru benar-benar dipakai.

Untuk teman-teman semua yang ada membaca artikel sederhana saya disini, tentu tabungan akan sangat bermanfaat bagi kalian semua yang ingin menabung entah demi keperluan apapun. Ada yang hanya sebatas untuk keperluan mendesak, atau keperluan untuk masa depan. Tetapi, ada juga lho yang menabung untuk mendapatkan sebuah keuntungan lain, yaitu mendapatkan sebuah bonus tambahan dari hasil tabungan kita.

Deposito

Deposito merupakan produk simpanan di bank yang penyetoran dan penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu saja. Misalnya, kalau Anda menaruh uang Rp 1 juta pada deposito yang berjangka waktu 3 bulan, maka uang Rp 1 juta tersebut baru bisa Anda ambil setelah 3 bulan berlalu.

Tentunya, Anda juga dijanjikan pemberian bunga tertentu yang bisa Anda nikmati pada saat deposito itu jatuh tempo. Bunga dalam deposito biasanya lebih tinggi dibanding bunga tabungan. Ini dikarenakan uang Anda akan “dikunci” selama jangka waktu tertentu sehingga bank merasa perlu untuk menjanjikan suku bunga yang lebih tinggi. Inilah biasanya yang menjadi daya tarik utama deposito.

Kalau kalian mau membuat atau membuka tabungan deposito, silahkan lihat beberapa artikel dibawah ini terlebih dahulu:

Bagaimana? Semoga teman-teman sekarang semakin bertambah pengetahuannya dalam dunia banking bukan? Terima kasih sudah membaca artikel sederhana saya ini, semoga kalian semua dapat memahami lebih jauh mengenai beragam jenis produk simpanan di bank.

4 Replies to “Berbagai Jenis Produk Simpanan di Bank Sebelum Membuka Rekening!”

  1. saya tipe yang kedua, hanya memanfaatkan sebagai rekening penampungan yang begitu urgen. Hehehe namun tidak menutup kemungkinan jika ada program menarik untuk SAVING pasti ikutan :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *