Pilih Meningkatkan Akselerasi atau Top Speed

Pilih Meningkatkan Akselerasi atau Top Speed

Akselerasi atau top speed nih pilihan teman-teman semuanya? Tenang, karena sudah lama tidak menuliskan artikel ringan, kali ini gue kasih sedikit bahasanay yang bisa membantu pilihan untuk motor kesayangan kalian. Sebelum lebih jauh kalian memutuskan, kita mulai dari paling awal dulu.

Pilih Meningkatkan Akselerasi atau Top Speed

Perbedaan Akselerasi dan Top Speed

“Lebih baik pilih akselerasi motor meningkat atau top speed yang meningkat ya?” itu adalah sebuah pertanyaan mendasar bagi seseorang yang sudah mengerti, namun bagi seseorang yang baru mengenal dunia motor ini menjadi sangat besar pengaruhnya dalam melakukan sedikit ubahan pada kendaraan yang digunakan.

Pengertian Akselerasi Pada Motor

Biar kalian tidak merasa bingung, gue jelasin dulu pengertian akselerasi pada motor ini ya. Akselerasi pada motor adalah sebuah gerak percepatan atau perubahan kecepatan dalam satuan waktu tertentu.

Bahasa mudahnya adalah seberapa cepat motor kalian untuk mendapatkan kecepatan dalam waktu tertentu setelah kalian membuka gas pada motor kalian.

Pengertian Top Speed Pada Motor

Top speed adalah merupakan jarak yang ditempuh dalam waktu tertentu, dan satuan kecepatan menggunakan km/jam. Memang terkesan hampir mirip, tetap kedua hal ini berbeda.

Contoh Akselerasi dan Top Speed Pada Motor

Contoh akselerasi. Motor gue bisa menempuh jarak 100m dalam waktu 10 detik. Dengan kata lain, akselerasi motor tersebut untuk menempuh jarak dari 0 sampai 100m adalah 10 detik. Sedangkan nilai percepatannya adalah 1 m/s2.

Contoh top speed. Motor revo bebek gue bergerak dengan kecepatan yang berubah, terkadang 50km/jam, kadang naik atau turun. Pada suatu saat, motor tersebut bisa mencapai angka 100km/jam saat jalanan lurus. Nah, 100km/jam inilah yang dicatat sebagai top speed.

Cara Menaikan Akselerasi Pada Motor

Sebenarnya, banyak cara yang bisa dilakukan dalam meningkatkan keduanya. Namun, cara yang saya gunakan adalah cara sederhana yang memang saya belum mau mengubah bagian mesin. Alhasil, cukup melakukan ubahan sederhana pada gear set kendaraan revo absolute yang saya gunakan.

Berbicara mengenai gear set, saya sendiri bingung ingin diubah menjadi seperti apa? Ukurannya bagaimana? Merk apa yang ingin digunakan? Sampai akhirnya saya mendapatkan informasi yang cukup untuk melakukan ubahan sederhana dari perbandingan final gear yang ingin digunakan, seperti pada tabel dibawah ini.

Akselerasi dan Top Speed

Bingung? Sama, awalnya saya juga bingung mengenai hal ini. Tapi, tenang saya tidak akan membuat kalian semua kebingungan. Untuk yang saya beri tanda warna kuning, itu adalah rasio standard pabrikan untuk revo absolute yaitu menggunakan gear set 14-37 420 yang menghasilkan rasio 2,64.

Akselerasi atau Top Speed

Mudahnya seperti ini, hasil rasio semakin besar akan memperbesar akselerasi dan semakin kecil hasilnya akan memperbesar top speed. Setelah mencari informasi lebih jauh, saya akhirnya memutuskan untuk menggantinya dengan ukuran 14-39 420, tetapi gear set yang berukuran tersebut sangat susah didapatkan.

Alhasil, saya hanya mengganti dengan ukuran 14-38 428HSBT pabrikan SSS yang dibandrol dengan harga Rp. 300.000. Hasilnya? Apa ada perubahan dengan kendaraan yang saya gunakan saat ini? Bisa dibilang cukup. Tarikan bawah pada gigi awal (1-3) cukup enteng, dan nyaman digunakan untuk menerabas macetnya kota Jakarta.

Kekurangan Ketika Menaikan Akselerasi

Top speed menjadi lemah, gigi 4 hanya mencapai 95km/j saja. Memang, akselerasi dan top speed bertolak belakang. Apabila kita memilih akselerasi, kita harus mengorbankan top speed dan begitu sebaliknya. Untuk lebih jelas, kalian bisa baca sedikit tips meningkatkan akselerasi ya.

Beberapa pertimbangan yang saya lakukan dalam memilih gear set ukuran ini adalah:

  • Jalur yang saya lewati bertipe stop & go,
  • Kurangnya jalur tanjakan yang saya lewati, dan
  • Sedikit sekali jalur lurus untuk mendapatkan top speed yang tinggi.

Buat kalian yang ingin mengganti gear set kendaraannya silahkan pikirkan terlebih dahulu baik jangka panjang atau jangka pendek. Mulai dari jalur yang kalian lewati, sampai dengan bobot yang akan menaiki kendaraan tersebut. Jangan sampai, kalian memilih menaikan top speed tetapi jalur yang kalian gunakan adalah jalur yang tidak ada lurusnya alias berkelok-kelok.

Kekurangan Menaikan Top Speed

Kebalikan dari akselerasi, ketika kalian ingin menaikan top speed ada beberapa yang akan kalian alami pada motor kalian. Apa saja? Pertama, motor kalian akan terasa kencang ketika motor berada dijalan yang lurus cukup panjang, dan terkesan lambat ketika kalian ingin menyusul kendaraan yang berada didepan kalian.

Beberapa pertimbangan ketika kalian hendak menaikan top speed adalah,

  • Jalur yang kalian lewati setiap hari adalah jalur panjang, 
  • Tidak ada tanjakan atau turunan,
  • Jarang melewati daerah yang membutuhkan kalian untuk mendahului kendaraan didepan dengan cepat.

So, buat yang ingin melakukan ubahan pada kendaraan pesan saya hanya satu. Silahkan lakukan ubahan sesuai keinginan kalian, namun tetap memikirkan keamanan kalian sebagai pengendara dan boncenger kalian ya, sahabat. Utamakan keselamatan berkendara daripada waktu tiba kita ditempat tujuan. Jadi, mana yang kalian pilih. Akselerasi atau top speed?

7 Replies to “Pilih Meningkatkan Akselerasi atau Top Speed”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

// Taruh disini