Bagas Dharma Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap, hipnoterapi dan suka sepakbola.

Cara Menghubungkan Flashdisk dengan Perangkat Smartphone

1 min read

Cara Menghubungkan Flashdisk dengan Perangkat Smartphone

Cara Menghubungkan Flashdisk dengan Perangkat Smartphone

Flashdisk merupakan salah satu media penyimpanan eksternal paling praktis yang masih digunakan sampai saat ini. Kapasitas flashdisk juga sangat beragam, mulai dari 1 GB hingga 128 GB. Tapi saat ini flashdisk 1 GB sudah cukup jarang ditemukan, karena kebanyak produsen menghentikan produksi flashdisk berkapasitas 1 GB. Media yang biasa digunakan untuk membuka data-data yang ada pada flashdisk mungkin adalah komputer atau laptop. Meskipun saat ini DVD player pun sudah dilengkapi dengan port USB yang bisa membaca data dari flashdisk.

Akan tetapi saat ini Anda juga bisa membuka flashdisk dari smartphone Anda. Jadi selain bisa digunakan untuk membuka data-data yang ada di dalamnya, Anda juga bisa menjadikan flashdisk sebagai memori internal smartphone Anda. Mantap sekali, bukan? Ada memori internal, ada microSD dan sekarang bisa ditambah dengan flashdisk. Bagaimana caranya? Untuk sekadar membuka data atau melakukan transfer file secara langsung dari flashdisk ke smartphone, Anda bisa menggunakan kabel USB OTG (Universal Serial Bus On The Go).

Baca Juga  Memanfaatkan Gadget untuk Mengajarkan Agama Islam kepada Anak

Harga hardware yang satu ini cukup terjangkau, yakni berkisar antara Rp 15 ribu – Rp 25 ribu-an saja. Bahkan selain bisa digunakan untuk membaca flashdisck, USB OTG juga bisa Anda gunakan untuk menghubungkan keyboard dengan smartphone Anda. Wah, asyik sekali, bukan? Nah, sebagai contohnya, saya pernah melakukan percobaan dengan menghubungkan flash disk Toshiba ke smartphone Android saya. Hasilnya, saya bisa melakukan beberapa hal seperti berikut:

  1. Bisa menghapus dan memindah data dari flashdisk ke memori smartphone ataupun sebaliknya.
  2. Bisa memainkan game dengan ukuran data yang besar tanpa harus khawatir kehanbisan space memori internal ataupun memori microSD.
  3. Bisa menyimpan lagu ataupun film dalam jumlah yang lebih banyak.
  4. Untuk pengguna Android versi terbaru tidak perlu melakukan root. Tapi bagi pengguna Android yang dirilis sebelum tahun 2012, penggunaan kabel USB OTG ini harus melalui proses root terlebih dahulu.

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui apakah perangkat USB Anda sudah support untuk menggunakan kabel USB OTG atau belum, Anda bisa mengeceknya dengan aplikasi USB OTG Checker. Silahkan Anda unduh saja aplikasi tersebut di Google Play Store. Setelah itu buka dan jalankan aplikasinya, lalu cek apakah smartphone Anda mendukung fitur USB OTG atau tidak. Sejauh ini saya menggunakan flash disk Toshiba dan smartphone Android 4.3 JellyBean. Hasilnya tidak ada masalah. Jadi sekarang giliran Anda untuk mencoba.

Baca Juga  Lazypod, Untuk Yang Malas Memegang Gadget
Bagas Dharma Seorang penulis yang juga menekuni seni sulap, hipnoterapi dan suka sepakbola.

Google Cardboard, 3D Virtual Reality Canggih dengan Harga Ekonomis

Di tengah maraknya vendor teknologi yang memproduksi perangkat virtual reality, Google telah terlebih dahulu memperkenalkan Google Cardboard pada tahun 2014 lalu
Bagas Dharma
1 min read

Dengarkan Musik Lewat Smartphone Lebih Seru dengan Speaker JBL

Nyaris setiap ponsel yang diproduksi saat ini memiliki fitur pemutar musik. Hal ini membuktikan bahwa musik merupakan suatu hiburan yang universal.
Bagas Dharma
1 min read

Sulap TV Jadi Smartphone dengan Google Chromecast

Bosan dengan smartphone atau phablet yang layarnya kecil? Mungkin Anda perlu menjajal kecanggihan alat Google Chromecast yang bisa menyulap TV menjadi smartphone.
Bagas Dharma
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *